Rudi,A.Ma.Pd

Minggu, 16 Agustus 2020

Kelas IV Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2

Rangkuman Tema 1 Subtema 1 Kelas 4 SD

Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Parade atau dikenal pula dengan pawai merupakan iring-iringan sekelompok orang yang biasanya dilakukan di jalan raya, umumnya dilakukan dengan menggunakan kostum dalam suatu prosesi upacara ataupun acara tertentu. Parade umumnya dilakukan atas sejumlah alasan, namun umumnya dilakukan terkait dalam suatu perayaan tertentu.

Parade ini dipakai untuk kegiatan penyambutan hari-hari besar, seperti malam tahun baru islam yang menggunakan alat musik perkusi bahkan dengan drumband. Yang bertujuan untuk meramaikan suasana agar berjalan dengan lebih meriah. Menyaksikan pawai budaya membuat Edo semakin kagum akan keberagaman budaya di Indonesia. Inginkah kamu tahu keberagaman budaya Indonesia lainnya? Ayo kita cari tahu bersama.

Ayo Mengamati
Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya


Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar di atas.

Segi banyak adalah bangun tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis. Jumlah sudut yang ada sama banyak dengan jumlah sisi yang dimilikinya. Segibanyak adalah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis. Berikut ini adalah contoh segibanyak dan bukan segibanyak.


Segi banyak adalah suatu kurva sederhana tertutup yang dibentuk oleh (terdiri atas) segmen garis-segmen garis. Segmen garis-segmen garis yang telah membentuk segi banyak dinamakan sisi. Segi banyak paling sedikit memiliki tiga sisi dinamakan segitiga. Segi banyak dengan empat sisi dinamakan segi empat. Segi banyak dengan lima sisi dinamakan segi lima, dan begitu seterusnya. Apabila sisi dan sudut segi banyak berukuran sama, segi banyak tersebut dinamakan segi banyak beraturan.
Berdasarkan bangun datar yang kamu temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang termasuk segibanyak dan bukan segibanyak. Jelaskan alasanmu.Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segibanyak apa saja yang kamu temukan? Bentuk bukan segibanyak apa saja yang kamu temukan? Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 3)

  1. Tulislah contoh penggunaan segibanyak yang ada di sekitarmu! Handphone, lemari, buku, dan masih banyak yang lainnya
  2. Apa manfaat segibanyak dalam kehidupan sehari-hari? Manfaat segi banyak adalah untuk melengkapi bentuk-bentuk lainnya agar menjadi bangun yang sesuai dengan keinginan.
  3. Apa yang akan terjadi jika segibanyak tidak ada dalam kehidupan seharihari? Kita akan kesulitan dalam memperoleh bangun kompleks yang kita inginkan. contoh: ketika akan membuat sebuah atap berbentuk llingkaran, begitu pula dengan dinding rumahnya.

Tahukah kamu bahwa sarang lebah juga terdiri atas segibanyak? Sungguh menakjubkan bahwa Tuhan menciptakan sarang lebah yang tersusun dari sekumpulan bentuk segienam. Ahli matematika meneliti bahwa bentuk segienam adalah bentuk geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bagian secara maksimum. Seandainya sarang lebah dibangun dengan bentuk lain akan banyak bagian yang tidak terpakai. Akan lebih sedikit madu yang dapat disimpan dan lebih sedikit lebah yang mendapat manfaatnya. Setelah kamu belajar tentang segibanyak, kini saatnya kamu mengisi diagram berikut.


Diagram frayer merupakan salah satu keterampilan belajar yang terfokus pada salah satu konsep. Diagram ini membantu untuk memahami konsep secara utuh. Langkah-langkah mengisi diagram ini adalah:

  1. Menuliskan konsep yang ingin difokuskan di bagian tengah.
  2. Menuliskan contoh dari konsep. (Bisa berupa gambar dan atau tulisan)
  3. Menuliskan bukan contoh dari konsep. (Bisa berupa gambar dan atau tulisan).
  4. Menuliskan ciri-ciri dari konsep yang sedang dibahas.
  5. Menuliskan definisi dengan kalimat sendiri setelah melihat contoh, bukan contoh, serta ciri-ciri.

Keberagaman budaya Indonesia sangat Indah. Diantaranya tarian, rumah adat, makanan, dan lain-lain. Keberagaman tersebut memperkaya budaya Indonesia. Tahukah kamu, bahwa kita bisa mendesain keberagaman budaya Indonesia dari tangram? Perhatikan bentuk keberagaman budaya Indonesia!


Bentuk di atas disusun dari tangram.
Apakah tangram itu? Tangram adalah kombinasi bentuk dari beberapa bangun datar. Tangram terdiri dari 7 buah bangun datar. Tangram terdiri dari 5 buah segitiga, 1 persegi, dan 1 jajar genjang.

Sekarang saatnya kamu membuat tangram
1. Ambil kertas berbentuk persegi panjang. Lipat diagonal kemudian potong sisanya. Kamu akan memperoleh bentuk persegi. Kamu juga bisa menggunakan kertas berbentuk persegi.


2. Potong persegi menjadi dua buah segitiga.



3. Ambil satu segitiga lalu libat menjadi dua bagian. Potong pada lipatan agar menjadi dua segitiga yang lebih kecil



4. Ambil segitiga lainnya lalu lipat sedikit di bagian tengahnya. Lipat sudut segitiga yang berlawanan, lalu.



5. Lipat trapesium menjadi dua bagian, lalu potong. Lipat kembali satu bagian trapesium sehingga kamu memperoleh bentuk persegi dan segitiga.



6. Lipat trapesium kecil yang tersisa lalu potong menjadi dua. Kamu akan memperoleh bentuk jajaran genjang dan segitiga.


Ayo Berkreasi
Buatlah satu bentuk (rumah, tarian, keunikan keberagaram Indonesia lainnya) dari tangram. Mintalah pendapat temanmu. Keberagaman budaya Indonesia juga terlihat dari tarian daerah.Tari Bungong Jeumpa dari Aceh. Bungong Jeumpa berarti bunga cempaka.

Sekarang saatnya kamu berlatih menarikan tarian Bungong Jeumpa. Tarian ini dibagi ke dalam dua gerakan, yaitu gerakan saat berdiri dan gerakan saat duduk. Kali ini kita akan mempelajari gerakan berdiri. Lakukan gerakan ini dengan aba-aba hitungan dari gurumu.

Gerakan A

  1. Kedua tangan di atas, kaki jinjit hentakkan dua kali. Ke kanan 2 kali.
  2. Kedua tangan di atas. Kaki jinjit hentakkan dua kali. Ke kiri 2 kali.
  3. Hitungan 4 x 8.

 

Gerakan B

  1. Menghadap serong ke kanan. Kedua jari rapat di tarik ke atas. Kaki kanan ke depan.
  2. Tangan ditarik ke bawah, kaki kanan mundur.
  3. Menghadap serong ke kiri. Kedua jari rapat di tarik ke atas. Kaki kiri ke depan.
  4. Bergantian kanan kiri sebanyak dua kali dua kali .
  5. Hitungan 2x8

Gerakan C

  1. Menghadap serong ke kanan. Kedua jari rapat di tarik ke atas. kaki kanan ke depan.
  2. Tangan ditarik ke bawah kanan mundur.
  3. Menghadap serong ke kiri. Kedua jari rapat di tarik ke atas. Kaki kiri ke depan.
  4. Bergantian kanan kiri sebanyak dua kali dua kali .
  5. Hitungan 2x8

Gerakan D

  1. Kedua telapak tangan beradu.
  2. Dibalik kanan dan kaki bergantian. Kaki jalan di tempat sambil diayun.
  3. Hitungan 4x8

Gerakan E

  1. Kedua tangan memegang bahu, ditarik ke depan. Tangan lurus jari tangan berdiri.
  2. Kaki maju ke depan bergantian kanan dan kiri. Hitungan 2x8

Ayo Berdiskusi
Pak Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah masing-masing. Mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari meskipun masih sangat terpengaruh dengan logat bahasa daerah mereka.


Identifikasi Keberagaman berikut.

Identifikasi

Pak Sammy

Pak Encep

Pak Made

Pak Udin

Pak Nur

Asal

Maluku

Jawa Barat

Bali

DKI Jakrta

Jawa Tengah

Bahasa

Maluku

Sunda

Bali

Betawi

Jawa

Makanan

Gohu Ikan

Oncom

Ayam Betutu

Kerak Telor

Gethuk

Alat Musik

Fu atau Tahuri

Angklung

Pereret

Tehyan

Gamelan

Pakaian daerah

Baju Cele

Sukapura

Payas Agung

Abang dan None

Kebaya

Tarian

Lenso dan Cakalelel

Tari Jaipomg

Legong dan Kecak

Tari Ronggeng

Bambangan Cakil

Kebiasaan

Kalwedo

Seren taon

Ngaben

Palang Pintu

Mitoni


Bacalah teks berikut ini

Siap Menghadapi Musim Hujan
Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kambung Babakan berdiskusi untuk melakukan kerja bakti. Meraka berencana membersihkan selokan. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran. Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di
gerobak sampah.

Setelah kerja bakti selesai, warga berkumpul untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng. Makanan tersebut dimasak oleh ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. Kini, mereka siap jika musim hujan tiba.

Diskusikan pertanyaan berikut.

  1. Apa yang dilakukan warga desa Kampung Babakan? Bekerja Bhakti
  2. Mengapa mereka melakukan kerja bakti? Mempersiapkan lingkungan menghadapi musim hujan.
  3. Apakah warga desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jelaskan.Ya , jika mereka mempunyai rasa persatuan mereka akan selalu bergotong royong
  4. Apa manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga kampung babakan? Kampung babakan menjadi kampung yang bersih karena masyarakatnya bekerja bhakti membersihkan lingkungan.
  5. Apa yang akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jika masyarakat tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan maka kampung menjadi kurang terjaga kebersihannya.

Indonesia memiliki keberagaman suku, bangsa, sosial dan budaya. Keberagaman di Indonesia terikat oleh rasa persatuan dan kesatuan.

Sekarang amatilah dirimu dan temanmu. Pada saat kamu melakukan diskusi tadi, apakah ada keberagaman yang terlihat antara kamu dan temanmu.

  1. Apakah keberagaman yang kelompok kamu miliki? Jelaskan.
  2. Apakah fisik (warna kulit, rambut, tinggi dll) kelompok kamu sama?
  3. Mengapa, meskipun kalian berbeda secara fisik, tapi tetap bekerjasama?
  4. Apakah jenis ide kalian sama? Jelaskan!
  5. Apakah cara kalian menyampaikan pendapat sama?
  6. Apakah keberagaman tersebut membawa manfaat bagi kelompok?

Setiap orang pasti berbeda dengan orang lain. Baik itu warna kulit, cara pandang, dan ide. Keberagaman yang ada adalah ciptaan Tuhan. Kita semua harus menghargai keberagaman yang ada. Keberagaman tesebut akan memperkaya kita. Bayangkan jika ide kita sama, apa yang akan terjadi

0 komentar:

Posting Komentar