RANGKUMAN
MATERI TEMA 1
KELAS 4 SD
SUBTEMA 3
PEMBELAJARAN 5
Pembelajaran 5 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas
Keberagamaan
Kamu telah belajar dan berlatih melakukan tari Bungong
Jeumpa dari Aceh Sekarang kamu akan menampilkan tari tersebut secara berkelompok.
Ayo Berkreasi
Menari adalah kegiatan seseorang yang sedang melakukan tari. Orang yang sedang
menari disebut penari. Menari berbeda dengan bermain, berpantomim atau
bersenam. Seorang anak dapat dikatakan menari apabila anak menyadari bahwa ia sedang
menari, bukan sedang bermain, bukan sedang bersenam.
Anak menyadari bahwa ia sedang mengungkapkan sesuatu melalui tarian yang sedang
ditarikan. Sesuatu itu dapat berupa gagasan, perasaan, pengalaman atau pikiran.
Anak tidak bergerak spontanitas. Ia bergerak berdasarkan gerak yang telah
disusun dan ditata.
Sebelum kamu melakukan penampilan tari Bungong Jeumpa, diskusikan secara
berkelompok keterampilan yang harus dilakukan ketika menari. Tuliskan hasil
diskusi pada kolom berikut.
- Gerakan. Seluruh gerakan yang ditunjukkan saat
menari sesuai dengan ketentuan tarian.
- Teknik menari : Menarikan sebuah tarian dengan
menunjukkan : sikap tubuh yang sesuai dengan tarian yang dibawakan,
gerakan yang dibawakan sesuai dengan irama, gerakan yang dibawakan sesuai dengan
tempo sehingga tarian yang ditunjukkan terlihat harmonis
- Penjiwaan. Memberikan penjiwaan saat menari yang
memperhatikan jenis tarian sehingga pesan dari tarian bisa dimengerti oleh
penonton.
Apresiasi Penampilan Tari
Bungong Jeumpa
Apresiasi seni adalah merupakan suatu penilaian terhadap suatu karya seni,
mulai dari mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang
terkandung dalam karya seni tersebut.
Kelompok |
Hal yang
sudah dilakukan dengan |
Hal yang
belum dilakukan dengan |
Saran |
1. |
Gerakan |
- |
- |
2. |
Teknik Menari |
- |
- |
3. |
Ekspresi |
- |
- |
Pilih salah satu kelompok berdasarkan tabel di atas.
Tulis apresiasimu atas penampilan tari dari kelompok tersebut dengan menjawab
pertanyaan berikut.
- Apa yang kamu ketahui tentang penampilan tari
dari kelompok tersebut?
- Bagaimana pendapatmu tentang penampilan mereka?
- Menurutmu, bagian mana yang menarik dari
penampilan kelompok tersebut? Mengapa?
- Apa saran yang akan kamu sampaikan kepada
kelompok tersebut agar mereka tampil lebih baik lagi?
Ayo
Menulis
Kamu telah mengenal tentang keragaman sosial dan budaya pada pelajaran
sebelumnya. Sekarang kamu akan menulis tentang keragaman sosial dan budaya yang
ada di provinsimu.
Sebelum menulis, kamu dapat melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar (teman,
guru, dan orang tua). Selain itu, kamu juga dapat melengkapi hasil wawancara
kamu dari berbagai sumber bacaan, seperti buku perpustakaan, surat kabar, atau
berbagai sumber dari internet. Tulis informasi yang kamu peroleh pada kolom
berikut.
Keragaman Sosial Budaya Jawa tengah
Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah
Pulau Jawa. Luas wilayahnya 34.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau
Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan
(dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut
Jawa.
Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah Daerah
Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai "jantung" budaya
Jawa. Meskipun demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki
budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan
dengan Jawa Barat. Selain ada pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan
India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini. Berikut ini keragaman
sosial budaya Provinsi Jawa tengah.
- Bahasa Daerah : Jawa, Tionghoa, dan Sunda
- Lagu Daerah : Suwe Ora Jamu, Gek
Kepiye,Lir-Ilir,Gambang Suling
- Rumah Adat : Joglo
- Tari : Tari Gatotkaca, Gandrung
- Suku : Jawa, Samin, Kangean, Karimun
- Makanan khas : Lumpia, Soto Sokaraja, Dawet Ayu
Banjarnegara, Sega pecel dan lain-lain.
- Senjata Adat : Keris
- Agama : Islam (96%), Kristen (2,6%), Hindu
(0,19%), Budha (0,41%)
- Alat musik : Gamelan Jawa
- Seni Pertunjukan : Wayang kulit, Kethoprak, Ebeg,
dan lain-lain
- Kerajinan : Ukir Jepara, Keramik Banjarnegara,
Genteng Sokka Kebumen dan lain-lain
- Obyek Wisata : Candi Borobudur, Masjid Demak,
Dieng, Baturaden
Apakah kamu masih ingat bangun apa saja yang terdapat
pada tangram yang telah kamu buat? Apakah terdapat bangun segiempat?
Ayo Berlatih
Perhatikan kembali tangram yang telah kamu buat. Cermati bangun segiempat yang
ada. Apakah kamu dapat memperkirakan besar sudut pada segiempat tersebut?
Diskusikan dengan teman satu kelompok. Perhatikan gambar segiempat berikut.
- Apakah kamu dapat menemukan besar sudut yang
belum diketahui dari segiempat di atas tanpa mengukur menggunakan busur? Jelaskan. Sudut segiempat dapat
ditemukan dengan pengurangan 360° dikurangi jumlah sudut yang sudah ada.
- Bagaimana caramu menentukan besar sudut tersebut?
Berikan contoh.
Cara Menentukan Besar Susut |
||
No. |
Bangun |
Besar Sudut |
1. |
a |
360° - (115°+70°+70°) = 360° - 255° = 105° |
2. |
b |
360° - (90°+90°+125°) = 360° - 305° = 55° |
3. |
c |
360° - (72°+108°+72°) = 360° - 252° = 108° |
4. |
d |
360° - (46°+90°+102°) = 360° - 238 = 122° |
5 |
e |
360° - (55°+55°+125°) = 360° - 235°= 125° |
6 |
f |
360° - (120°+86°+120°) = 360° - 326° = 34° |
- Apa yang dapat kamu simpulkan tentang hubungan
antarsudut pada bangun segiempat? Jumlah
sudut segiempat adalah 360°
0 komentar:
Posting Komentar