Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 4 SD
Subtema 3 Ayo Cinta Lingkungan
Pembelajaran 5
Ayo Mengamati
Pada
pertemuan sebelumnya kamu dan teman-temanmu telah membuat montase dengan tema
mencintai lingkungan. Pamerkan montase tersebut di meja masing-masing. Presentasikan
hasil karyamu kepada teman satu kelompok secara bergiliran.
Amati
hasil karya teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk
apresiasimu. Tuliskan pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap
meja.
Pilih
salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut
dengan menjawab pertanyaan berikut.
1.Apa
yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban
:Hasil karya
montase mereka sangat baik menggambarkan cinta lingkungan.
2.Apa
makna yang terkandung dalam karya seni montase tersebut?
Jawaban
:Dengan
mencintai lingkungan kita dapat hidup dengan nyaman.
3.Bagaimana
pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban
:Hasil karya
mereka baik dan sangat mendukung gerakan cinta lingkungan.
4.Menurutmu,
bagian mana yang menarik dari karya tersebut? Mengapa?
Jawaban
:Bagian
perpaduan antara berbagai warna.
5.Apa
saran yang ingin kamu sampaikan agar karya seni tersebut lebih baik lagi?
Jawaban
:Agar lebih
baik potongan harus ditempel dengan rajin.
6.Apakah yang telah kamu lakukan sebagai wujud cinta terhadap lingkungan?
Jawaban :
- Membuang sampah pada tempatnya
- Menyiram tanaman
- Menggunakan barang ramah lingkungan
- Ikut serta dalam kerja bakti
- Menaati peraturan
Tukarkan jawabanmu dengan teman dan diskusikan
perbedaan yang ada.
Menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam
merupakan tugas kita bersama. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, dimulai
dari hal yang kecil hingga yang besar.
Tuhan menciptakan sumber daya alam untuk dapat dimanfaatkan
oleh manusia. Pemanfaatan sumber daya alam secara bijak adalah hal yan sangat
penting untuk keseimbangan dan kelestarian alam. Sikap bijak tersebut merupakan
wujud kecintaan terhadap lingkungan.
Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga keseimbangan
dan kelestarian lingkungan?
Sikap apa yang mencerminkan tidak mencintai
lingkungan?
Apa ciri-ciri warga yang mencintai lingkungan?
Tuliskan cara pandangmu tentang pertanyaan-pertanyaan
tersebut pada diagram berikut.
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari cara melakukan penaksiran untuk perkalian dan pembagian
desimal. Tentu kamu masih ingat caranya. Tulis hal yang kamu ketahui tentang
penaksiran perkalian dan pembagian desimal pada kolom berikut.
Dibulatkan ke
satuan terdekat |
Dibulatkan ke
bilangan kelipatan 10 |
19,45 x 2,4 |
19,45 x 2,4 |
Bagaimana dengan taksiran operasi pembagian.
Hasil penaksiran 3,4 : 0,6 adalah
Perhatikan bilangan pada operasi 3,4 : 0,6. Ingatlah bahwa 36 habis dibagi 6.
Jadi penaksirannya 3,6 : 0,6 hasilnya 6.
Komunikasikan hal yang kamu tulis kepada teman satu meja. Kamu dapat saling
menanyakan untuk hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.
Ayo Berlatih
Sering berlatih menyelesaikan soal-soal tentang penakisiran perkalian dan
penjumlahan desimal akan membuat kamu semakin terampil. Ayo, selesaikan
soal-soal berikut dengan teliti.
1. Hitunglah hasil penaksiran untuk soal berikut.
a. 24,6 x 2,9 = 25 x 3 = 75
b. 19,4 x 4,8 = 19 x 5 = 95
c. 21,6 x 9,6 = 22 x 10 = 220
d. 150,2 : 5 = 120 : 5 = 24
e. 81,7 : 4 = 80 : 4 = 20
f. 60,1 : 6 = 60 : 6 = 10
2. Siti mempunyai pita dengan panjang 50 cm. Ia akan memotong pita tersebut
sepanjang 4,9 cm. Taksirlah banyaknya potongan pita yang bisa dihasilkan. 50 :
5 = 10.
3. Seorang tukang kayu mempunyai sebilah kayu dengan panjangnya 220,6 cm.
Tukang kayu tersebut akan membagi kayu tersebut menjadi 10 potong sama panjang.
Taksirlah panjang setiap potongan. 220 : 10 = 22
4. Berat 8 buah apel dengan ukuran yang sama besar adalah 1,7 kg. Taksirlah
berat 1 buah apel. 2 : 8 = 0,25.
5. Buatlah soal cerita tentang penaksiran hasil perkalian dan pembagian
desimal. Sebuah karung berisi beras beratnya 40,2 kg. Beras tersebut akan
dimasukan dalam kantong plastik ukuran 1,9 kg. Berapakah kantong plastik yang
dibutuhkan.
Thank you
BalasHapus