Rudi,A.Ma.Pd

Senin, 28 September 2020

Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 5

Rangkuman Materi Tema 3  Kelas 4 SD

Subtema  3 Ayo Cinta Lingkungan

Pembelajaran 5

 

Ayo Mengamati

Pada pertemuan sebelumnya kamu dan teman-temanmu telah membuat montase dengan tema mencintai lingkungan. Pamerkan montase tersebut di meja masing-masing. Presentasikan hasil karyamu kepada teman satu kelompok secara bergiliran.

Amati hasil karya teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk apresiasimu. Tuliskan pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap meja.

Pilih salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.

1.Apa yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut?

Jawaban :Hasil karya montase mereka sangat baik menggambarkan cinta lingkungan.

 

2.Apa makna yang terkandung dalam karya seni montase tersebut?

Jawaban :Dengan mencintai lingkungan kita dapat hidup dengan nyaman.

 

3.Bagaimana pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut?

Jawaban :Hasil karya mereka baik dan sangat mendukung gerakan cinta lingkungan.

 

4.Menurutmu, bagian mana yang menarik dari karya tersebut? Mengapa?

Jawaban :Bagian perpaduan antara berbagai warna.

 

5.Apa saran yang ingin kamu sampaikan agar karya seni tersebut lebih baik lagi?

Jawaban :Agar lebih baik potongan harus ditempel dengan rajin.

 

6.Apakah yang telah kamu lakukan sebagai wujud cinta terhadap lingkungan?

Jawaban :

  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Menyiram tanaman
  • Menggunakan barang ramah lingkungan
  • Ikut serta dalam kerja bakti
  • Menaati peraturan

Tukarkan jawabanmu dengan teman dan diskusikan perbedaan yang ada.

 

Menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam merupakan tugas kita bersama. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, dimulai dari hal yang kecil hingga yang besar.

 

Tuhan menciptakan sumber daya alam untuk dapat dimanfaatkan oleh manusia. Pemanfaatan sumber daya alam secara bijak adalah hal yan sangat penting untuk keseimbangan dan kelestarian alam. Sikap bijak tersebut merupakan wujud kecintaan terhadap lingkungan.

 

Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan?

Sikap apa yang mencerminkan tidak mencintai lingkungan?

Apa ciri-ciri warga yang mencintai lingkungan?

 

Tuliskan cara pandangmu tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut pada diagram berikut.

 





Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari cara melakukan penaksiran untuk perkalian dan pembagian desimal. Tentu kamu masih ingat caranya. Tulis hal yang kamu ketahui tentang penaksiran perkalian dan pembagian desimal pada kolom berikut.


Dibulatkan ke satuan terdekat

Dibulatkan ke bilangan kelipatan 10

19,45 x 2,4
Hasil pembulatan 19,45 adalah 19,5
Hasil pembulatan 2,4 adalah 2
Hasil taksirannya 19,5 × 2 = 39

19,45 x 2,4
19,45 nilainya mendekati 20
Hasil pembulatan 2,4 adalah 2
Jadi hasil penaksiran perkalianya
20 × 2 = 40

Bagaimana dengan taksiran operasi pembagian.
Hasil penaksiran 3,4 : 0,6 adalah
Perhatikan bilangan pada operasi 3,4 : 0,6. Ingatlah bahwa 36 habis dibagi 6.
Jadi penaksirannya 3,6 : 0,6 hasilnya 6.
Komunikasikan hal yang kamu tulis kepada teman satu meja. Kamu dapat saling menanyakan untuk hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.


Ayo Berlatih
Sering berlatih menyelesaikan soal-soal tentang penakisiran perkalian dan penjumlahan desimal akan membuat kamu semakin terampil. Ayo, selesaikan soal-soal berikut dengan teliti.

1. Hitunglah hasil penaksiran untuk soal berikut.
a. 24,6 x 2,9 = 25 x 3 = 75
b. 19,4 x 4,8 = 19 x 5 = 95
c. 21,6 x 9,6 = 22 x 10 = 220
d. 150,2 : 5 = 120 : 5 = 24
e. 81,7 : 4 = 80 : 4 = 20
f. 60,1 : 6 = 60 : 6 = 10

2. Siti mempunyai pita dengan panjang 50 cm. Ia akan memotong pita tersebut sepanjang 4,9 cm. Taksirlah banyaknya potongan pita yang bisa dihasilkan. 50 : 5 = 10.

3. Seorang tukang kayu mempunyai sebilah kayu dengan panjangnya 220,6 cm. Tukang kayu tersebut akan membagi kayu tersebut menjadi 10 potong sama panjang. Taksirlah panjang setiap potongan. 220 : 10 = 22

4. Berat 8 buah apel dengan ukuran yang sama besar adalah 1,7 kg. Taksirlah berat 1 buah apel. 2 : 8 = 0,25.

5. Buatlah soal cerita tentang penaksiran hasil perkalian dan pembagian desimal. Sebuah karung berisi beras beratnya 40,2 kg. Beras tersebut akan dimasukan dalam kantong plastik ukuran 1,9 kg. Berapakah kantong plastik yang dibutuhkan.

1 komentar: