Rudi,A.Ma.Pd

Minggu, 16 Agustus 2020

8 Macam Lomba 17 Agustus, Cara dan Maknanya

 8 Macam Lomba 

17 Agustus dan Arti makna di balik perlombaan

17 Agustus selalu diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Selain upacara bendera, ada beragam lomba yang selalu diadakan demi memeriahkan hari kemerdekaan Masyarakat di seluruh Indonesia seakan nggak mau ketinggalan turut serta dalam setiap perlombaan yang diadakan. Tak mengenal usia, laki-laki atau perempuan semua berkumpul untuk merayakannya

Beberapa lomba yang biasa diadakan adalah balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, panjat pinang, lomba memasukkan paku ke dalam botol, balap bakiak, balap kelereng hingga egrang. Nah sekarang apa  sih makna di balik setiap lomba itu?

1.   Balap Karung

Caranya bermainnya :

para peserta yang mengikuti lomba balap karung harus memasukkan tubuh mereka ke sebuah karung goni. Mereka berlomba untuk lebih dulu sampai di garis finis.

lomba balap karung maknanya :

betapa perihnya penjajahan kala itu. Masyarakat Indonesia yang miskin tak bisa memenuhi kebutuhan sandang mereka. Akhirnya karung goni lah yang digunakan sebagai gantinya.

2.   Tarik Tambang

Caranya bermainnya : 

Dilakukan secara berkelompok, lomba tarik tambang jadi salah satu perlombaan yang sangat meriah. Dua kelompok harus beradu kekuatan untuk bisa menang.Tapi bukan sekedar beradu kekuatan, dalam perlombaan ini sebuah tim dituntut untuk mempunyai kekompakan demi bisa menang. 

 lomba Tarik Tambang maknanya : 

Makna dari tarik tambang pun beragam, mulai dari gotong royong, kebersamaan dan solidaritas.

3.   Makan Kerupuk

Caranya bermainnya :

makan kerupuk dengan kondisi tangan ,makan kerupuk yang digantung .

Lomba Makan Kerupuk maknanya : 

menggambarkan betapa sulitnya masa penjajahan kala itu. Selain kesulitan memenuhi kebutuhan sandang, masyarakat Indonesia juga kesusahan untuk mendapatkan pangan.

4.   Lomba Memasukkan Paku ke Botol

Caranya bermainnya :

Para peserta harus memasukkan sebuah paku yang diikat layaknya sebuah ekor ke dalam botol.

Lomba Memasukan Paku kedalam botol maknanya :

menggambarkan masa di mana para pejuang harus memiliki kesabaran dan ketepatan kala berjuang melawan penjajah dengan bambu runcing

5.   Balap Bakiak

Caranya bermainnya :

Sama seperti tarik tambang yang dilakukan secara berkelompok, lomba bakiak juga memerlukan kerja sama tim agar bisa menang. Biasanya lomba bakiak diikuti oleh tiga sampai empat orang dalam setiap timnya.

Lomba Bakiak maknanya :

adalah kerja sama yang bakal menghasilkan kekompakan demi mencapai tujuan. Sama seperti perjuangan para penjajah dulu yang bersama-sama menyerang penjajah demi merebut kemerdekaan Indonesia.

6.   Balap Kelereng

Caranya bermainnya :

para peserta harus pintar-pintar menjaga kelereng agar tidak jatuh dari sendok.

 Lomba Kelereng maknanya : 

mengajarkan kita agar tetap fokus dalam meraih tujuan.

7.   Egrang

Caranya bermainnya :

kita harus pintar menjaga keseimbangan agar bisa berdiri di pijakan sebuah bambu

Lomba Engrang maknanya :

Lomba egrang mengajarkan kita agar selalu memiliki kepercayaan diri. Karena jika kita ragu dalam melangkah, kita justru akan jatuh.

8.   Panjat Pinang

Caranya bermainnya :

Hadiah digantung di atas pohon, setiap peserta yang ada dalam satu tim harus bekerja sama. Untuk mendapatkan hadiah tersebut.

Lomba Panjat pinang maknanya :

adalah kerja sama yang bakal menghasilkan kekompakan demi mencapai tujuan

0 komentar:

Posting Komentar