RANGKUMAN TEMA PEMBELAJARAN 4
Kelas IV Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi
Mengapa kita harus menghemat energi? Apa saja yang
bisa kita lakukan untuk menghemat energi? Penghematan energi atau konservasi
energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi
dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien di mana manfaat yang sama
diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi
konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.
Banyak hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan seharihari
untuk menghemat energi. Misalkan menghemat air, hemat listrik, hemat kertas,
hemat menggunakan bahan bakar. Hemat energi artinya kita hemat biaya dan
menjadikan bumi kita lebih ramah lingkungan. Hemat energi adalah kewajiban kita
semua.
Amatilah poster hemat air di bawah ini.
Tulislah informasi yang kamu dapatkan
Untuk menghemat air dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
- Manfaatkan air secara optimal! Jangan biarkan air
kran terus menerus terbuka
- Mandi berendam paling boros air. Mandi dengan
gayung lebih boros 3x. Usahakan mandi dengan pancuran dan tidak berendam
- Lebih hemat air. menggunakan mesin cuci dan
pakaian jika yang dicuci sangat banyak.
- Saat gosok gigi, cuci muka atau mencukur. Kran
wastafel jangan dibiarkan bebas mengucur. 1 menit air mengalir 9 liter air
terbuang.
- Jika cucian banyak, pakai saja 3 ember. 1. untuk
merendam dan menyabun 2. untuk membersihkan 3. untuk membilas
- Lebih baik mencuci mobil dengan lap dan ember.
Mengguyur mobil 1/4 jam berarti beratusratus liter terbuang.
Pesan apa yang ingin disampaikan dalam poster di tadi?
Kita harus menghemat air
Apa yang perlu kita perhatikan ketika membuat poster?
Poster |
Penyajian |
Kalimat |
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti |
Gambar |
Gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak
disampaikan |
Penyajian |
Poster dipasang di tempat yang strategis. |
Pada poster kamu bisa menggunakan teks petunjuk untuk
menunjukkan langkah-langkah melakukan sesuatu hal. Gambar dalam poster kamu
harus mendukung isi. Penyajiannyapun harus menarik dan mudah dipahami.
Buatlah poster tentang hemat energi.
- Pilih satu hal yang menurutmu paling menarik.
- Kamu bisa mengisi grafik ini terlebih dahulu
supaya poster yang kamu buat lebih fokus.
Ini adalah contoh lain yang bisa menjadi contoh.
Sekarang buatlah poster tentang hemat listrik . Poster harus berisi hak untuk mendapatkan energi listrik dan kewajiban untuk hemat energi listrik. Kamu bisa menggunakan bahan dari kalender bekas.
Ayo Berdiskusi
Siti ingin sekali mengetahui bagaimana teman-temannya menghemat energi. Kali ini Siti mendata cara teman-temannya berangkat ke sekolah.
Cara
Berangkat Sekolah |
Banyaknya |
Sepeda |
5 |
Jalan Kaki |
9 |
Angkutan Umum |
6 |
Jumlah |
20 |
Cara berangkat sekolah dan banyaknya
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut.
- Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna
sepeda? 5/20
- Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna
angkutan umum? 6/20
- Tulislah pecahan yang menunjukkan pejalan
kaki?9/20
- Mana yang lebih besar? Pecahan untuk pejalan kaki
atau sepeda. Jelaskan. Pejalan kaki
- Mana yang lebih kecil? Pecahan untuk pengguna
sepeda atau angkutan umum. Jelaskan.Pengguna sepeda
Ketika pecahan berpenyebut sama, untuk
membandingkannya kita hanya perlu
membandingkan pembilangnya. Jika jarak rumah kamu dengan sekolah cukup dekat,
sebaiknya kamu berjalan kaki atau menggunkan sepeda, ya. Hal itu juga akan bisa
menghemat energi.
Bagaimana cara membandingkan pecahan?
Perhatikan gambar berikut.
Tulislah pecahan yang sesuai untuk gambar di atas. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan. 8/10 lebih besar dari 1/3
Coba letakkan pecahan yang kamu temukan pada garis bilangan berikut.
Pecahan mana yang lebih besar.8/10
Coba kamu samakan penyebut ke dua pecahan. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan.
1/3 = 10/30 , 8/10 = 24/30
Membandingkan pecahan.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membandingkan dua pecahan yang penyebutnya tidak sama.
1. Kamu bisa meletakkannya pada garis bilangan. Jika letaknya semakin ke kanan maka nilai pecahan tersebut lebih besar.
2. Kamu juga bisa menyamakan penyebut
Bandingkan martabak mana yang lebih besar? Siti ingin mengambil 1/2 dari martabak kecil.
Edo ingin mengambil 1/4 dari martabak besar. Martabak mana yang lebih besar? Ketika bentuk dan besar pecahan tidak sama kita tidak bisa membandingkan pecahannya.
Ayo Berlatih
Kerjakan latihan berikut.
Bandingkan pecahan berikut. (berilah tanda <, >, =)
Hal sederhana misalkan berjalan kaki ke sekolah adalah hal sederhana untuk menghemat energi.
Terimakasih Abi bisa belajar mandiri
BalasHapus