Rudi,A.Ma.Pd

Minggu, 16 Agustus 2020

Kelas IV Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Rangkuman Tema 1 Subtema 1 Kelas 4 SD

Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Apakah kamu masih ingat tentang cerita pawai budaya? Suku apa saja yang kamu ingat dalam pawai tersebut? Sekarang, kita akan mengenal salah satu suku yang ada di Indonesia, yaitu Suku Minang.

Suku Minang
Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang.

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.


Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang?
Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

  1. Di mana asal suku Minang ?
  2. Apa saja kebudayaan masyarakat suku Minang?
  3. Apa saja nama alat musik suku Minang?

Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut.

  1. Provinsi Jawa Tengah beribukota di Semarang.
  2. Rumah adat Jawa Tengah adalah Rumah Joglo.
  3. Alat musik tradisional Jawa tengah adalah Gamelan.
  4. Tarian dari Jawa Tengah adalah Tari Bambangan Cakil.
  5. Makanan khas Jawa Tengah antara lain Lumpia, Gethuk Goreng, dan Mendoan

Ayo Mengamati
Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri. Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tersebut?

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerakan dasar tersebut. Sekarang kamu akan mempelari gerakan dasar berikutnya, yaitu gerakan pada saat posisi duduk. Amati dan baca keterangan pada gambar berikut.

  1. Gerakan F : Tangan kanan di bahu dan tangan kiri di paha. Ditepuk dua kali secara bersamaan. Lakukan secara bergantian kanan dan kiri. Hitungan 4 x 8
  2. Gerakan G : Tangan kanan berdiri dan tangan kiri memegang siku. Tangan kiri berdiri dan tangan kanan memegang siku.Kemudian tepuk 2x. Dilakukan bergantian Hitungan 2 x 8
  3. Gerakan H : Kedua tangan tepuk lurus ke depan. Tepuk ke tengah. Tepuk ke atas. Tepuk ke tengah. Ketika tepuk atas badan diangkat. Hitungan 4 x 8
  4. Gerakan I : Kedua tangan memegang lantai lantai. serong ke kanan dan ke kiri. Ditarik ke atas tangan lurus serong ke kanan dan ke kiri. Bergantian. Hitungan 2x 8

Praktikkan gerakan dasar duduk tari Bungong Jeumpa di atas. Perhatikan instruksi dan peragaan dari gurumu.

Ayo Berdiskusi
Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut. Apakah dalam tangram tersebut terdapat segibanyak tidak beraturan? Jelaskan.


Bagaimana caramu membedakan antara segibanyak beraturan dengan yang tidak beraturan? Tuliskan pada diagram frayer berikut.

 

0 komentar:

Posting Komentar