Rudi,A.Ma.Pd

Senin, 31 Agustus 2020

Kelas IV Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4

 

RANGKUMAN MATERI TEMA 1

KELAS 4 SD SUBTEMA 3

 PEMBELAJARAN 4

Pembelajaran 4 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan

Siti dan teman-temannya selalu mengajarkan kita untuk tetap bekerjasama dalam keberagaman. Ayo kita cari tahu cerita mereka.

Ayo Berdiskusi
Meskipun Siti dan teman-temannya berasal dari daerah yang berbeda, mereka tetap bekerja sama membantu sesama. Akhirakhir ini, Bu Mimin, penjual makanan di kantin SDN 01 Nusantara, sering kali tampak sedih. Siti memberanikan diri bertanya kepada Bu Mimin tentang apa yang sedang terjadi padanya. Bu Mimin bercerita bahwa anaknya sedang sakit di rumah. Permasalahannya, Bu Mimin tidak dapat meninggalkan kantin sekolah. Ia membutuhkan biaya untuk membayar pengobatan anaknya dengan berjualan makanan.



Siti pun menemui teman-temannya dan mengajak mereka berdiskusi untuk membantu memecahkan masalah Bu Mimin. Mereka memutuskan akan bekerja sama membantu Bu Mimin dengan menjaga kantin sekolah pada jam itu.

Jika kamu menjadi Siti, apa yang akan kamu lakukan bersama teman-temanmu? Diskusikan dalam kelompokmu! Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dapat membantumu.

  1. Jenis bantuan apa yang dapat kamu dan teman-temanmu berikan? Membantu Bu Mimin berjualan di kantin.
  2. Apa yang akan kamu lakukan saat berhadapan dengan para pembeli? Aku akan melayani para pembeli sebaik-baiknya.
  3. Apa yang akan kamu lakukan terhadap makanan di kantin Bu Mimin agar disukai pembeli? Menjaga makanan tetap bersih dan sehat.
  4. Apa yang akan kamu lakukan terhadap uang hasil penjualannya? Hasil penjualan akan diberikan kepada Bu Mimin
  5. Sikap apa saja yang dapat kamu praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya? Jujur, Kerjasama, kerja keras dan saling menghargai.

Tuliskan hasil diskusimu!

Sekarang ceritakan kerjasamamu tadi.

  1. Apakah kamu sudah bisa bekerjasama dengan baik dengan Temanmu. Kami bisa bekerjasama dengan baik.
  2. Perbedaan pada kamu dan temanmu yang kamu lihat saat bekerjasama tadi? Ada yang bekerja cekatan dan ada yang kerjanya lambat.
  3. Hal-hal baik yang kamu dapat dari kerjasama. Saling membantu sehingga meringankan pekerjaan.
  4. Hal yang sudah baik dari kamu. Kerjasama dan saling menghargai.
  5. Hal yang masih perlu diperbaiki dari dirimu. Kemampuan memahami perbedaan yang dimiliki teman.
  6. Rencana perbaikan diri. Saya akan berusaha lebih memahami kemampuan orang lain.

Ayo Mencoba
Kamu sudah belajar sudut pada segibanyak beraturan. Sekarang, bagaimana sudut pada segitiga dan segi empat. Pada saat pembuktian di pertemuan sebelumnya, kamu mengukur segitiga sama sisi. Berapakah besar sudutnya? Berapakah jumlah besar semua sudutnya? Apakah itu berlaku juga untuk segitiga yang lainnya? Ayo kita buktikan. Ukurlah semua sudut dalam pada segitiga berikut.



Mengukur Sudut

No.

Segitiga

Besar jumlah sudut dalam pada segitiga

1.

A

180°

2.

B

180°

3.

C

180°

4

D

180°

Apa yang bisa kamu simpulkan? Apakah jumlah besar sudut dalam segitiga sama?

Jumlah sudut segitiga adalah 180°

Coba buktikan dengan cara berbeda. Apakah kamu punya cara berbeda? Potong ujung segitiga lalu susun seperti gambar berikut



Semua segitiga mempunyai jumlah sudut 180°. Besar sudut pada segitiga juga mempengaruhi namanya.



Jumlah sudut dalam segitiga adalah 180º. Ketika sudut yang diketahui adalah 30 dan 60 maka sudut yang lain adalah 180º- (30º+60º) = 90º.

Jawablah pertanyaan berikut. Hitunglah sudut yang belum diketahui.



Ayo Berlatih
Sekarang bekerjasamalah dengan gurumu. Gurumu akan membacakan cerita. Tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.

Sigap Membantu Sesama
Malam itu beberapa warga Kampung Babakan berkumpul di pos jaga. Tiba-tiba terlihat seorang bapak tua yang berjalan pelan. Ia memanggul kardus besar di pundaknya. Oh, rupanya Pak Sammy.
Pak Sammy baru pulang dari kampungnya di Maluku. Sudah dua minggu Pak Sammy pulang ke Maluku. Ia harus menghadiri acara adat di sana. Ia menggunakan kapal laut. Perjalanannya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari. Tentu Pak Sammy sangat lelah. Apalagi usianya sudah cukup tua.
Pak Encep menawarkan bantuan untuk membawa kardusnya. Sampai di rumah, Pak Sammy mengeluh kepalanya pusing. Pak Encep memanggil warga yang lain untuk membantu. Datanglah Pak Made, Pak Udin dan Pak Nur. Mereka dengan cepat membantu Pak Sammy. Pak Made dan Pak Encep membersihkan tempat tidur. Pak Udin mengambilkan menghangatkan air untuk membuat teh. Pak Nur membeli makanan.
Setelah makan dan meminum teh hangat Pak Sammy beristirahat. Ia senang warga desa membantunya. Di Kampung ini Pak Sammy merasa memiliki keluarga. Manfaat yang dapat kita ambil dari permainan ini adalah kebersamaan dan kerja sama.

 

0 komentar:

Posting Komentar