RANGKUMAN MATERI KELAS 4 SD
TEMA
1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4
Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan Dalam
Keberagaman
Sebelumnya kita sudah banyak belajar
tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia. Bagaimana cara menjalin
kebersamaan dalam keberagaman tersebut? Mari kita gali lebih jauh!
Bacalah
teks berikut.
Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua
siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin
akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan,
tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman
sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah
dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas
merupakan tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha
yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya
untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk
melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke
sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk
mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan.
Edo dan Martha. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan
waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Kristen Protestan. Perbedaan
waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak
dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan
Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo
dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman
berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk
menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas
merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta
teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu
serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan
pekerjaan menghias kelas.
Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak
menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Dari
teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada
tabel berikut.
Pargraf |
Gagasan Utama |
Gagasan Pendukung |
Paragraf 1 |
Menghias kelas tanggungjawab bersama |
Hari Minggu sekolah ramai. Siswa menghias kelas.
Lomba menyambut kemerdekaan. Pembagian tugas membuat hiasan |
Paragraf 2 |
Siswa semua hadir |
Edo dan Marta terlambat. Mengambil bahan hiasan di
rumah Marta |
Paragraf 3 |
Perbedaan waktu ibadah |
Hari minggu merupakan waktu ibadah umat Kristen |
Paragraf 4 |
Sekolah ramai |
Kelas terlihat indah. Mereka berbagi tugas.
Menjalankan ibadah. |
Paragraf 5 |
Perbedaan bukan penghalang kerjasama |
Pekerjaan selesai. Kelas terlihat semarak |
Menjelang
sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun
berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi
penghalang untuk bekerja sama.
Masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan kebiasaanya bekerjasama. Berikut
adalah contoh-contoh kerjasama yang biasa di lakukan dalam masyarakat.
Ayo Berdiskusi
Duduklah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Carilah informasi tentang salah satu kerjasama di lingkunganmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.
Ayo Mencoba
Tahukah kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya. Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut. Ukurlah besarnya sudut dengan menggukan busur.
Mengukur
Susut Pada Rumah Gadang |
||
Bagian rumah Gadang |
Prediksiku |
Besar Sudut Sebenarnya |
Bagian atap |
50° |
40° |
Bagian pondasi |
160° |
140° |
Bagian pondasi sebelah kanan |
90° |
90° |
Hitunglah
dengan menggunakan busur besar sudut berikut.
0 komentar:
Posting Komentar