Rudi,A.Ma.Pd

Minggu, 30 Agustus 2020

Kelas IV Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4

                                RANGKUMAN MATERI KELAS 4 SD

TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman

Sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia. Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagaman tersebut? Mari kita gali lebih jauh!

Bacalah teks berikut.
Perbedaan Bukanlah Penghalang

Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan.

Edo dan Martha. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Kristen Protestan. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas.

Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada tabel berikut.

Pargraf

Gagasan Utama

Gagasan Pendukung

Paragraf 1

Menghias kelas tanggungjawab bersama

Hari Minggu sekolah ramai. Siswa menghias kelas. Lomba menyambut kemerdekaan. Pembagian tugas membuat hiasan

Paragraf 2

Siswa semua hadir

Edo dan Marta terlambat. Mengambil bahan hiasan di rumah Marta

Paragraf 3

Perbedaan waktu ibadah

Hari minggu merupakan waktu ibadah umat Kristen

Paragraf 4

Sekolah ramai

Kelas terlihat indah. Mereka berbagi tugas. Menjalankan ibadah.

Paragraf 5

Perbedaan bukan penghalang kerjasama

Pekerjaan selesai. Kelas terlihat semarak

Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan kebiasaanya bekerjasama. Berikut adalah contoh-contoh kerjasama yang biasa di lakukan dalam masyarakat.


Ayo Berdiskusi
Duduklah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Carilah informasi tentang salah satu kerjasama di lingkunganmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.



Ayo Mencoba
Tahukah kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya. Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut. Ukurlah besarnya sudut dengan menggukan busur.

Mengukur Susut Pada Rumah Gadang

Bagian rumah Gadang

Prediksiku

Besar Sudut Sebenarnya

Bagian atap

50°

40°

Bagian pondasi

160°

140°

Bagian pondasi sebelah kanan

90°

90°

Hitunglah dengan menggunakan busur besar sudut berikut.


 

0 komentar:

Posting Komentar