Rudi,A.Ma.Pd

Senin, 31 Agustus 2020

Kelas IV Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

 

RANGKUMAN MATERI TEMA 1

KELAS 4 SD SUBTEMA 3

 PEMBELAJARAN 2

Pembelajaran 2 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan

Indonesia memiliki rumah Adat yang beragam. Rumah Adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas khusus, digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu.Rumah adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku/masyarakat.

Rumah adat merupakan rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi kegenerasi dan tanpa atau dikit sekali mengalami perubahan. Rumah adat dapat juga dikatakan sebagai rumah yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan, serta fungsi sosial dan arti budaya dibalik corak atau gaya bangunan. Rumah adat merupakan ungkapan bentuk rumah karya manusia yang merupakan salah satu unsur kebudayaan yang tumbuh atau berkembang bersamaan dengan tumbuh kembangnya kebudayaan dalam masyarakat.

Keberagaman Indonesia tercermin pada rumah adat. Kita harus mensyukuri keberagaman dan keindahan rumah adat tersebut. Berikut adalah beberapa rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia.



Ayo Mengamati
Salah satu keunikah dari rumah adat Indonesia adalah bentuk sudut atapnya. Sudut-sudut pada segibanyak juga menjadi satu keunikan. Coba amati segibanyak berikut. Bisakah kamu mengelompokkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan berdasarkan sudutnya. Ya, segibanyak beraturan memiliki sudut dan sisi yang sama. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang keunikan sudut pada segibanyak beraturan.

Amatilah segibanyak beraturan berikut.



Ukurlah besar setiap sudut pada segibanyak. Hitung pula jumlah besar seluruh sudutnya. Apa yang dapat kamu simpulkan?

No.

Nama

Banyak Sisi

Besar sudut pada segibanyak

Jumlah besar sudut pada segibanyak

1.

Segitiga samasisi

3

60°

90°

2.

Persegi

4

90°

360°

3.

Segilima beraturan

5

108°

540°

4.

Segitujuh beraturan

7

128,6°

900,2°(pembulatan 900)

5.

Segienam beraturan

6

120°

720°

Kesimpulan :
Segibanyak beraturan memiliki besar sudut dan jumlah sisi yang sama.

Ayo Berdiskusi
Mozaik Kreasi Bersama
Lani duduk termenung di meja ruang tengah rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak Burhan memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat mozaik kreasi sendiri. Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo. Sejak kemarin Lani sudah mencari ide untuk tugas tersebut, tetapi ia belum menemukan yang sesuai.

“Ah, tunggu Edo saja,” pikir Lani.

Tugas bersama akan lebih baik hasilnya jika dikerjakan bersama. Beberapa saat kemudian Edo datang. Benar saja dugaan Lani, Edo sudah mempunyai ide untuk mozaik mereka. Usul Edo adalah membuat mozaik rumah adat. Edo berasal dari Maluku, ia sudah punya contoh gambar rumah adat Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi usul untuk membuat juga mozaik rumah adat dari daerah lain. Rumah Gadang dari Padang, Rumah Kebaya dari Betawi, Rumoh Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau Rumah Limas dari Sumatera Selatan. Rumah adat daerah-daerah di Indonesia memang beragam dan unik.



Mozaik rumah adat akan menjadi kreasi yang menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka akan belajar juga tentang keragaman rumah adat Indonesia.

Pak Burhan memang sengaja memberikan tugas membuat mozaik secara berpasangan. Bukan hanya untuk mengasah kreativitas, tetapi juga memunculkan diskusi, mengasah kerja sama, serta memecahkan masalah bersama-sama. Sama seperti mozaik. Ketika keping-kepingnya digabungkan menjelma menjadi gambar yang indah.

Berdasarkan teks di atas. Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompokmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.

  1. Apa ide yang dimiliki Lani? Membuat rumah adat daerah lain.
  2. Apa ide yang dimiliki oleh Edo? Rumah adat Maluku
  3. Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda? Dengan cara menghormati ide yang disampaikan oleh seseorang. jika ide itu disasa kurang tepat bisa dusempurnakan dengan ide yang lainnya tanpa adanya perpecahan
  4. Apakah ide mereka yang berbeda memberikan manfaat? Jelaskan. Ide yang berbeda dapat memberikan manfaat yaitu memperkaya ide yang sudah ada.
  5. Kerjasama apa yang terlihat pada cerita di atas? Kerjasama membuat mozaik.
  6. Apa manfaat kerjasama dalam keberagaman? Agar tercipta kerukunan antar umat beragama. dan saling mendukung.
  7. Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerjasama dalam keberagaman? Saling memahami dan menghargai bahwa setiap orang itu berbeda, berbeda bukan berarti tidak dapat bersatu
  8. Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh dari cerita Lani di atas? Kerjasma

Bagaimana dengan kamu, Pernahkah kamu bekerjasama dalam perbedaan. Coba ceritakan pengalamanmu
1. Jenis kerjasama
2. Perbedaan yang ada
3. Manfaat dari kerjasama dalam perbedaan
4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil.

Ayo Berkreasi
Berlatihlah kembali Tari Bungong Jeumpa dengan formasi berdiri dan duduk. Jangan lupa gunakan iringan musik. Kamu akan tampil di depan kelas pada pertemuan ke 6. Pastikan bahwa kamu dan teman-teman kelompokmu hafal gerakannya.

0 komentar:

Posting Komentar