Rangkuman Tema 1 Subtema 1 Kelas 4 SD
Pembelajaran
1 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku
Tahukah kamu
bahwa Indonesia terdiri atas banyak pulau, suku bangsa, tarian, rumah adat,
serta agama? Ayo, kita cari tahu lebih jauh tentang keberagaman
Ayo Membaca
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam
satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut
merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya. Berikut
adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia.
Bacalah teks berikut dalam hati!
Pawai Budaya
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga
Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin
dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini
mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun
terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai
semakin dekat.
Di barisan pawai terdepan terlihat
rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah,
dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju
Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar
merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku.
Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya
Maluku sangat unik dan menarik.
Budaya Bali terkenal karena bunyi
musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya,
Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat
dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Rombongan dari Bali diikuti oleh
rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju
Pokko. Rombongan lakilaki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung
Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya.
Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya,
unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.
Udin dan teman-teman senang melihat
pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian
adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar
kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan
mengagumkan.
Gagasan Utama dan Gagasan Pendukung
Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki
gagasan pokok yang diperkuat oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, bisa
berupa kalimat inti atau pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau
tambahan informasi untuk gagasan pokok. Berikut beberapa langkah yang dapat
dilakukan untuk menentukan gagasan pokok setiap paragraf.
- Bacalah
paragraf dengan cermat!
- Cermati
kalimat pertama hingga terakhir! Apakah kalimat pertama merupakan gagasan
pokok atau gagasan penjelas? Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan
pokok? Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga gagasan pokok paragraf
ditemukan. Ingat, gagasan pokok sebagai isi atau inti paragraf dapat
terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.
Tulislah
nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5.
Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!
No. |
Paraggraf |
Gagasan Utama |
Gagasan Pendukung |
1. |
Paragraf 1 |
Pawai budaya menarik perhatian warga Kampung Babakan |
Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya
Indonesia |
2. |
Paragraf 2 |
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari
Maluku |
Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas
merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. |
3. |
Paragraf 3 |
Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang
berbeda |
Rombongan dari Bali membunyikan alat musik
daerahnya, Ceng-Ceng namanya |
4 |
Paragraf 4 |
Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari
Toraja |
Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju
Pokko |
4 |
Paragraf 5 |
Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya |
Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap
tahun. |
Ayo Berlatih
Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku
bangsa di kelasmu!
No. |
Nama Siswa |
Daerah Asal |
Ciri Khas Daerah |
1. |
Siti |
Padang (Sumatera Barat) |
Rendang, rumah Gadang |
2. |
Endi Ruskendi |
Bandung (Jawa Barat) |
Tari Jaipong, Bahasa Sunda |
3. |
Novalia Metiaman |
Jayapura (Papua) |
Tari Yospan, Rumah Honai |
4. |
Edison Manurung |
Medan (Sumatera Utara) |
Bika Ambon, Rumah Bolon |
5. |
Ni Putu Erni Andiani |
Denpasar (Bali) |
Tari Kecak, Tari Legong, Gapura Candi Bentar |
6. |
Bagus Hermono |
Semarang (Jawa Tengah) |
Lumpia, Rumah Joglo, Kethoprak |
Setelah
mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.
- Apakah kalian semua berasal
dari daerah asal yang sama? Jelaskan! Kami berasal dari beberapa daerah yang berbeda
- Apakah kalian mempunyai ciri
khas daerah yang sama? Jelaskan! Tidak
- Bagaimana sikap yang seharusnya
kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada? Saling menghormati dan
menghargai. Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia
merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri.
Nah
sekarang, tuliskan apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang
ada pada kolom berikut!
No. |
Sikap Menghargai Keberagaman |
1. |
Sikap toleransi berarti menahan diri, bersikap sabar,
membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang
yang memiliki pendapat berbeda. |
2, |
Mempelajari dan menikmati kebudayaan daerah lain |
3. |
Menjadikan keberagaman sebagai kekayaan bukan
kekurangan |
4. |
Belajar dan bermain bersama teman yang beda suku
bangsa |
5 |
Mengadakan pentas seni untuk menunjukkan seni budaya
setiap suku. |
Kamu juga
bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai keberagaman yang kamu
ketahui.
No. |
Sikap Tidak Menghargai Keberagaman |
1. |
Hanya mau bekerjasama dengan teman yang sesuku dan
daerah asal. |
2, |
Hanya mau mempelajari dan menikmati kebudayaan
sensiri |
3. |
Menganggap budaya daerah lain kurang bermutu |
4. |
Menganggap suku sendiri yang terbaik dan suku lain
bukan yang terbaik |
5 |
Bermain hanya dengan teman yang satu suku bangsa. |
Ayo Mengamati
Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya
akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh
berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda.
Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik. Angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan. Saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Kendang yang berasal dari Jawa barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.
Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui! Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!
No. |
Nama Alat Musik |
Asal Daerah |
Cara memainkan dan cara terjadinya bunyi
|
1. |
Suling |
Jawa Barat |
Alat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga |
2. |
Tifa |
Maluku dan Papua |
Alat ini dimainkan dengan cara dipukul. Bagian yang dipukul
berbentukm membran yang terbuat dari kulit. Getaran dari membran akan
menggetarkan udara yang ada dalam tabung. |
3. |
Kendang |
Jawa Tengah |
Kendang pada prinsipnya sama dengan tifa yaitu alat
musik pukul dengan membran yang terbuat dari kulit. Ketika membran dipukul
maka udara dalam kendang akan ikut bergetar |
4. |
Angklung |
Jawa Barat |
Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan batang
bambu. Angklung dapat berbunyi karena benturan tabung resonator besar
dan tabung resonator terkecil dengan tabung dasar. Getaran yang dihasilkan
diperkuat oleh resonator sehingga bisa menghasilkan bunyi. |
5. |
Kecapi |
Jawa Barat |
Bentuk kecapi adalah sebuah kotak kayu yang
diatasnya berjajar dawai/senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai
resonatornya. |
6. |
Gong |
Jawa tengah |
Gong dimainkan dengan cara dipukul. Bentuk
gong adalah bulat, lingkaran, dan mempunyai titik di tengahnya sebagai pusat
resonansi dengan bentuk yang lebih menonjol. |
Amati
benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara
membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).
No. |
Nama Benda |
Cara Menghasilkan Bunyi |
1. |
Peluit |
Peluit ditiup sehingga terjadi getaran pada bagian
tertentu pada peluit dan getaran |
2. |
Piano |
Piano dimainkan dengan cara ditekan pad tuts-tutnya.
Dalam kotak piano terdapat dawai-dawai yang bergetar jika dipukul. |
3. |
Drum |
Drum dimainkan dengan cara dipukul. Getaran pada
membran akan menggetarkan udara yang ada dalam tabung drum. |
4. |
Gitar |
Gitar dimainkan dengan cara memetik dawai atau
senarnya. Senar yang dipetik akan menghasilkan getaran yang dapat
menggetarkan udara dalam kotak gitar. |
5. |
Bel Listrik |
Bel Listrik yang dapat menghasilkan suara secara
terus menerus ketika diberikan arus listrik. Arus listrik akan mengalir ke
Kumparan Elektromagnet melalui Interuptor sehingga terjadi medan magnet untuk
menarik pemukul. Pemukul yang ditarik tersebut kemudian memukul Lonceng
sehingga Bel Listrik berbunyi. |
Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh
benda-benda tadi?
Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu
benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut
menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda
yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi
tidak dapat merambat pada ruang hampa.
Ayo Mencoba
Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok,
ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.
Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak di dengar?
Mengapa?
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulai dari
perbedaan
agama, suku,
ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri
atas berbagai alat musik, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat
berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai
keberagaman.
0 komentar:
Posting Komentar