Rudi,A.Ma.Pd

Jumat, 02 Oktober 2020

Ringkasan Tema 3 Peduli Terhadap Mahluk Hidup Kelas IV SD

Ringkasan Tema 3 Kelas 4 SD

Subtema 1 ,2 ,3 Pembelajaran 1 S/d 6



 

Subtema 1 Pembelajaran 1 s/d  6

Muatan Bahasa Indonesia KD 3.3

 

Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang untuk dimintai pendapat mengenai suatu topik

atau objek.

Orang yang mewawancarai disebut pewawancara dan orang yang diwawancarai disebut narasumber.

Langkah langkah dalam melakukan wawancara.

a.      Menentukan narasumber

b.      Menghubungi narasumber secara langsung atau tidak langsung untuk memastikan

         kesediaan melakukan wawancara.

c.      Mempersiapkan daftar pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok masalah yang akan ditanyakan

         dalam wawancara. Kita dapat menggunakan kata tanya  (apa, dinama, kapan,

         siapa,  mengapa dan bagaimana) saat membuat pertanyaan.

d.      Mempersiapkan keperluan wawancara, misalnya alat tulis dan alat perekam.

e.      Membuat janji dengan narasumber sebelum melakukan wawancara.

 

Sebelum menyusun pertanyaan kamu harus menggali informasi yang berkaitan dengan tema

       wawancara  agar kamu dapat menyusun kalimat pertanyaan sebanyak-banyaknya.

Gunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam menyusun daftar pertanyaan.

Kalimat tanya adalah suatu jenis kalimat yang mengandung pertanyaan yang dimaksudkan

      untuk mendapatkan tanggapan atau jawaban dari orang lain.

 

Ciri pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut.

a.      Kalimat tanya harus sesuai topik yang dibahas

b.      Kalimat tanya diawali dengan kata tanya (Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana)

c.      Kalimat tanya selalu diakhiri tanda baca tanya (?)

d.      Kalimat tanya bersifat menggali lebih banyak informasi

e.       Pertanyaan fokus atau tepat sasaran

f.       Terdapat hubungan berkesinambungan antar pertanyaan

g.      Pertanyaan menggunakan bahasa yang benar.

 

Wawancara dapat dilakukan dengan siapapun , seperti teman, saudara, guru, petani, atau orang yang ahli dalam bidangnya.

Aturan-aturan penting yang perlu diperhatikan saat sebelum melakukan wawacara, ketika

   melakukan  wawancara, maupun setelah melakukan wawancara.

a.    Sebelum Melakukan Wawancara

1.      Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.

2.      Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.

3.      Berpakaian dengan sopan.

4.      Berbicara dan bersikap sopan.

5.      Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.

6.      Pertanyaan yang baik mengandungunsur kata tanya

7.      Berlatih agar tidak sselalu membaca pertanyaan yang telah disusun.

 

b.   Ketika Sedang Melakukan Wawancara

1.    Perkenalkan diri sebelum melakukan wawancara.

2.    Sampaikan tujuan wawancara.

3.    Mulai wawancara dengan pertanyaan ringan.

4.    Cairkan suasana dengan menanyakan kegemaran narasumber

5.    Sebutkan nama narasumber secara lengkap.

6.    Bawa catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.

7.    Dengarkan pendapat dan informasi narasumber secara seksama.

8.    Hindari menyela agar keterangan tidak terputus.

9.    Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber.

10.  Hindari pertanyaan berbelit-belit.

11.  Hormati petunjuk narasumber.

12.  Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.

13.  Mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.

 

c.    Setelah Melakukan Wawancara

1.      Mohon diri

2.      Mengucapkan terimakasih

3.      Menyampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.

 

 Kata baku merupakan sebuah kata yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman atau kaidah

bahasa yang sudah di tentukan, Atau kata baku adalah kata yang sudah benar dengan aturan

maupun ejaan kaidah bahasa Indonesia dan sumber utama dari bahasa baku yakni Kamus

Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Contoh kata baku adalah objek, pasif, praktik, efektif, karena, foto, biosfer, bus, aktif, november,

apotek, negeri, teknik, daftar, nasihat dan lain-sebagainya.

 

Kata tidak baku merupakan kata yang dipakai tidak sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa

       yang  sudah ditentukan. Biasanya kata tidak baku sering dipakai pada saat percakapan sehari-hari

atau dalam bahasa tutur.

Contoh kata tidak baku adalah praktek, pasip, apotik, efektip, karna, poto, biosfir, bis,

obyek,   nasehat, aktip, negri, tekhnik, nopember dan llain sebagainya.

 

Paragraf deskriptif berisi gambaran mengenai suatu hal/ keadaan sehingga pembaca seolah-olah

melihat, mendengar. Atau merasakan hal tersebut.

 

Karangan deskriptif memiliki ciri sebagai berikut:

Menggambarkan atau melukiskan sesuatu

Penggambaran dilakukakan sejelas-jelasnya dengan melibatkan indera

Membuat pembaca atau pendengar seolah olah merasakan sendiri atau memgalami sendiri

 

Pola pengembangan paragraf deskriptif

Paragraf Deskriptif Spasial, paragraf ini menggambarkan objek khusus ruangan, benda atau tempat.

Paragraf deskriptif subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis

Paragraf deskriptif objek, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.

 

Muatan IPA KD 3.8

Lingkungan adalah segala sesuatu yang memengaruhi pertumbuhan mahluk hidup. Lingkungan terdiri atas dua unsur yaitu lingkungan hidup dan lingkungan mati yang ada disekitarnya.

Tanah subur menyediakan semua kebutuhan makanan bagi tumbuhan. Makanan tumbuhan berupa unsur hara.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup tanaman dapat dilakukan dengan pemupukan.

Banyak cara untuk mempertahankan lahan pertanian agar tetap dapat dinikmati masyarakat :

a.     Menjaga bibit agar dapat ditanam kembali.

b.     Menjaga lahan pertanian. Jangan sampai lahan digunakan untuk kebutuhan lainnya, misalnya

        dijadikan untuk mendirikan bangunan.

c.     Menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan menyebabkan banjir.  Apabila terjadi

        banjir, maka tanaman padi tidak akan tumbuh.

d.     Saluran air dijaga agar tetap mengalir.

e.     Penggunaan beras yang tidak berlebihan. Jumlah penduduk yang meningkat akan

        meningkatkan kebutuhan yang besar terhadap padi. Penggunaan beras sesuai kebutuhan akan

        sangat membantu.

 

Kegiatan atau penyemprotan dengan obat-obatan harus dilakukan sesuai dengan dosisnya. Dosis yang berlebih dapat menimbulkan pencemaran.

Penyebab keseimbangan lingkungan terganggu ada dua, yaitu faktor alam dan faktor manusia.

Faktor alam berupa bencana alam, seperti gunung meletus, tanah longsor, banjir, tsunami, dan angin topan.

Faktor manusia berupa kegiatan-kegiatan manusia yang tidak bijak dalam mengelola sumber daya alam, seperti membuang sampah sembarangan yang menyebabkan banjir.

Udara yang bersih mengandung oksigen yang diperlukan tubuh.

Oksigen dihasilkan oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis .

 

Berikut ini bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya.

a. Akar, akar merupakan bagian tanaman paling bawah, dan biasanya terdapat di dalam tanah. Akar berfungsi untuk mengukuhkan tanaman, menyerap air dan mineral (unsur hara), serta menyimpan cadangan makanan. Akar umumnya tumbuh kebawah searah dengan gravitasi bumi.

 

Bagian bagian akar

Secara umum akar terdiri atas akar utama, cabang akar, dan rambut akar. Akar utama adalah bagian akar yang cukup besar, berbebtuk mengerucut dan tumbuh lurus menembus tanah. Pada akar utama, tumbuha cabang akar dan rambut akar.

 

Jenis-jenis akar

jenisnya akan dibagi menjadi dua, yaitu akar tunggang dan akar serabut. Akar serabut berbentuk serabut berbentuk kecil-kecil seperti rambut. Akar serabut tidak memiliki akar utama sehingga ukuran akar satu sama lain relatif sama. Tanaman yang memiliki akar serabut umumnya merupakan golongan monokotil (biji berkeping satu), contoh tanaman yang berakar serabut adalah padi, pohon kelapa, dan rumpu-rumput.

Yang berikutnya adalah akar tunggang tersiri dari suatu akar induk berukuran cukup besar. Pada bagian akar induk, tumbuhan akar-akar cabang dengan ukuran yang lebih kecil. Tanaman yang memiliki akar tunggang umumnya merupakan golongan dikotil (biji berkeping dua). Contoh tanaman yang berakar tunggang adalah pohon mangga, jambu, dan jeruk.

 

Fungsi akar

Akar merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting. Keberadaan akar pada tumbuhan sangat menentukan kelangsungan hidup tumbuhan. Fungsi akar bagian tumbuhan antara lain, menunjang berdirinya tumbuhan, menyerap air mineral dan mineral-mineral dari dalam tanah, dan tempat menyimpan cadangan makanan (untuk beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya singkong)

 

b. Batang, batang merupakan bagian tumbuhan yang berada diatas tanah batang membantu tumbuhan agar dapat berdiri tegak. Batang berfungsi sebagai tempat tumbuhnya daun, bunga,dan buah, mengangkut air dan mineral yang diserap akar ke daun untuk fotosintesis, jalan untuk mengedarkan sari-sari makanan hasil fotosintesis dari daun keseluruh tubuh tanaman.

 

Bagian-bagian batang

Batang tanaman berkayu, memilih bagian yang disebut pembuluh tapis yang bertugas mengangkut makanan hasil fotosintesis dari daum ke semua bagian tumbuhan. Dibagian dalam pembuluh tapis, pada tanaman diatas terdapat lapisan kambium. Dibagian dalam lapisan kambium, terdapat pembuluh kayu yang berguna untuk mengangkut air dan mineral yang diserap oleh kakar menuju daun. Batang yang berkambium pada umumnya akan membentuk lingkaran tahun.

 

Jenis-jenis batang

Berdasarkan kambiumnya, terdapat batang yang berkambium dan batang yang tidak berkambium, contohnya tanaman yang memiliki batang berkambium adalah mangga. Sementara itu tanaman yang tidak berkambium adalah kelapa.

 

Fungsi Bantang

Fungsi batang bagi tumbuhan, antara lain seperti berikut ini. Sebagai penyokong tubuh tumbuhan; sebagai tempat tumbuhnya daun, bunga dan buah; mengangkut air dan mineral yang diserap oleh akar ke daun; menyebarkan makanan dari daun ke semua bagian tumbuhan; sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

 

c. Daun, daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh di batang, daun terdiri atas tangkaian daun dan helai daun. Daun memiliki warna hijau karena mengandung zat hijau daun yang disebut khlorofil. Daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis, hasil dari fotosintesis berupa zat makanan dan oksigen. Daun dibedakan menjadi dua berdasarkan bentuk tulang daun yaitu menyirip, menjari, melengkung dan sejajar. Selain itu daun juga dibedakan berdasarkan jumlah helai tiap tangkainya yaitu daun tunggal dan majemuk.

 

d. Bunga, bunga biasnya terletak di ujung atau di ketiak daun. Bagian-bagian bunga meliputi tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari. Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan.

e. Biji, proses penyerbukan antara putik dan benang sari akan menghasilkan biji. Biji merupakan hasil penyerbukan pada bunga. Jika biji ditanam akan tumbuh menjadi tumbuhan baru sehingga tanaman dapat berkembang biak.

 

f.  Buah, buah merupakan bagian yang melindungi biji, selain itu berfungsi sebagai makanan cadangan. Buah dapat dimakan, yaitu bagian daging buahnya.

Dari beberapa bagian tumbuhan diatas biji berperan penting dalam menjaga kelestarian tumbuhan . biji menjadi cikal bakal lahirnya tumbuhan baru.

Tidak semua tumbuhan dapat hidup diwilayah tertentu, kondisi dan karakteristik yang dimaksud meliputi iklim, jenis tanah, dan bentuk lahan.

 

Berikut ini beberapa tumbuhan dan persebarannya.

Padi, sebagaian besar tanaman padi banyak dibudidayakan di dataran rendah yang berhawa panas. Tanaman padi membutuhkan banyak air,membutuhkan sinar matahari yang cukup. Banyak dibudidayakan didataran rendah.

Jagung, jagung termasuk tanaman palawija. Sama dengan padi , jagung banyak dibudayakan di dataran rendah. Bedanya jagung tidak memerlukan banyak air.

 

Kelapa, tanaman kelapa dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah atau daerah berpasir.  Pada dataran tinggi, tanaman kelapa bisa saja tumbuh namun perkembangannya lambat, buahnya sedikit, dan kadar minyaknya rendah.

 

Teh, tanaman the berasal dari derah subtropis. Tanaman the hanya dapat berkembang dengan baik di daerah berhawa sejuk. Oleh karena itu the banyak di tanam di dataran tinggi dan pegunungan.

 

Kopi, kopi merupakan tanaman yang dapat berkembang dengan baik di daerah sejuk. Karena itulah, banyak perkebunan kopi ditemukan di daerah berudara sejuk seperti di pegunungan dan dataran tinggi.

 

 

Muatan IPS KD 3.3

Makanan pokok penduduk Indonesia ada bermacam macam, ada ubi, jagung, sagu, dan nasi. Dari keempat makan tersebut nasi merupakan makanan pokok yang paling bayak di konsumsi masyarakat Indonesia.

Di Indonesia terdapat wilayah yang berupa dataran tinggi, dataran rendah, pengunungan, dan pantai. Setiap

 

wilayah menyimpan sumber daya alam yang berbeda.

Pantai, pantai merupakan suatu wilayah yang langsung berbatasan dengan laut. Karena panoramanya yang indah pantai digunakan untuk kegiatan wisata selain itu juga digunakan sebagai tempat budidaya udang dan bandeng, setra kegiatan pembuatan garam.

Mata pencaharian penduduk yang tinggal di pantai adalah nelayan, petani garam, petani tambak, pengusaha ikan asin/ikan asap, pedagang ikan/hasil tangkapan laut, pemandu pariwisata pantai.

 

Dataran Rendah, dataran rendah merupakan daerah datar dengan ketinggian kurang dari 200 meter diatas permukaan laut. Dataran rendah dimanfaatkan benyak penduduk untuk kegiatan pertanian (singkong, padi jagung), peternakan dan perkebunan (tebu, kelapa dan karet). Selain itu juga cocok untuk perumahan, perdagangan dan industri.

Mata pencaharian penduduk yang tinggal di dataran rendah adalah petani sawah, pegawai kantor/pabrik, guru, peternak, pedagang, wirausaha.

 

Dataran Tinggi, dataran tinggi merupakan daerah dataran dengan ketinggian lebih dari 200 meter diatas permukaan laut. Dataran tinggi cocok untuk tempat peristirahatan atau kegiatan wisata, untuk usaha perkebunan (teh, kopi, dan tembakau), budidaya sayur-sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias.

Mata pencaharian penduduk yang tinggal di dataran tinggi adalah petani buah dan sayur, peternak sapi perah, pemandu wisata, pedagang, wirausaha.

 

 

Muatan PPKn KD 3.1

Memanfaatkan tanaman merupakan hak warga masyarakat Indonesia. Hak tersebut hendaknya disertai pelaksanaan kewajiban yaitu kewajiban memanfaatkan tanaman secara bijak.

 

Sikap bijak yang dapat di tunjukkan dalam memanfaatkan tanaman, seperti berikut.

Tidak menbuang-buang nasi yang berasal dari tanaman padi.

Tidak mengambil nasi melebihi porsi makan.

Merawat tanaman dengan baik.

Tidak merusak tanaman.

 

Bentuk tindakan tidak bijak dan tidak bertanggung jawab, seperti berikut.

Menebangi hutan secara liar.

Mencabut tanaman yang sedang tumbuh.

Menginjak rumput di taman.

Menendang tanaman.

 

Hak terhadap tanaman

Memanfaatkan hasil tanaman.

Menikmati keindahan tanaman.

Menikmati kesegaran udara yang dihasilkan tanaman.

 

Kewajiban terhadap tanaman.

Mengadakan penanaman pohon kembali agar tidak punah

Memanfaatkan tanaman secara bijak.

Bijak memanfaatkan tumbuhan berarti kita menghematnya, tidak membuang-buangnya, tidak mengambil secara berlebih dan tidak merusaknya. Ketika kita tidak memanfaatkan tumbuhan dengan baik berarti kita sudah mengambil hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang nyaman.

Merawat tanaman dengan baik.

 

Muatan SBdP

Kolase merupakan kegiatan menempel material seperti daun, kain, dan kertas untuk membuat desain tertentu.

Dalam seni kolase, bentuk asli material yang digunakan harus tetap terlihat.

 

Berikut adalah langkah-langkah membuat kolase.

Menyiapkan alat dan bahan.

Membuat desain yang diinginkan

Menempelkan material pada kertas membentuk sesuai desain yang di inginkan.

Menghias kolase yang sudah di tempel.

Hasil jadi.

 

 

Subtema 2 Pembelajaran 1 s/d  6

Muatan Bahasa Indonesia

Daftar pertanyaan yang disusun dapat menggunakan kata tanya  (Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana dan Berapa)

Daftar pertanyaan yang disusun harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

 

Format menulis laporan hasil wawancara

Latar Belakang

Melakukan alasan melakukan wawancara

Maksud dan Tujuan

Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara

Topik Wawancara

Menuliskan topik wawancara untuk membatasi pembicaraan agar tidak melebar.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Menuliskan waktu dan tempat wawancara

Laporan Hasil Wawancara

Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancar.

Kesimpulan

Menuliskan kesimpulan hasil wawancara.

Kosakata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah

Kalimat efektif adalah kalimat sesuai dengan kaidah, ejaan, atau tanda baca. Kalimat efektif akan mudah dipahami oleh pembaca dan pendengar.

 

 

 

Muatan IPA

Hewan tergolong sumberdaya alam hayati yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Hewan berfungsi sebagai sumber bahan pangan, membentu kegiatan manusia, sebagai sarana olahraga, dan sebagai sarana hiburan manusia.

Hewan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan alam. Setiap jenis hewan mempunyai peran sesuai dengan lingkungan hidupnya.

Contoh keseimbangan lingkungan sawah terdapat, ulat, tikus, burung gelatik, dan ular.

Kupu-kupu memiliki daur hidup yang unik. Kupu-kupu  telur  larva (ulat) kepompong kupu-kupu

Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman yang dibudidayakan manusia. Oleh karena itu keberadaan kupu-kupu di alam harus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah.

 

Beberapa jenis hewan yang dipilih sebagai fauna identitas provinsi di Indonesia.

Burung cendrawasih 12 kawat menjadi fauna identitas Papua.

Badak jawa menjadi fauna identitas Banten.

Burung jalak bali menjadi fauna identitas Bali.

Burung kepodang emas menjadi fauna identitas Jawa Tengah.

 

Fauna identitas adalah hewan yang dipilih sebagai lambang suatu daerah. Hewan  yang dipilih sebagai fauna identitas merupakan hewan endemik dan langka.

 

Endemik artinya hanya ditemukan didaerah tersebut.

Untuk melestarikan hewan dilakukan dengan membuat kawasan konservasi seperti taman nasional dan suaka margasatwa.

Hewan buas berkeliaran dipemukiman penduduk mencari makan, adalah sebab dari habitatnyang semakin sempit akibat ulah manusia menebangi hutan liar secara tidak bertanggung jawab.

 

Berikut beberapa contoh hewan dan habitatnya di Indonesia.

Badak bercula satu, habitat hewan ini adalah di hutan Sumatra dan Jawa. Untuk mencagah kepunahan hewan ini dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Harimau sumatra tinggal di hutan-hutan sumatra. Hewan ini sering menyerang ternak penduduk karena habitatnya mengalami kerusakan.

Orangutan merupakan jenis kera asli Indonesia. Habitatnya adalah hutan di Kalimantan dan Sumatra.

Anoa mirip dengan sapi tetapi berukuran kecil. Hewan ini hanya terdapat di Sulawesi. Untuk mencegah kepunahan hewan ini dilindungi di Taman Nasional Lore Lindu.

Komodo merupakan fauna khas Indonesia dan hanya terdapat di Pulau Komodo. Untuk menjaga kelestariannya, hewan ini dilindingi di Taman Nasional Pulau Komodo.

 

Tubuh hewan terdiri atas  kepala, perut, kaki, ekor, dan alat indra seperti mata, hidung, dan telinga.

Setiap hewan mempunyai bentuk luar tubuh (morfologi) yang berbeda.

Hewan berkembang biak dengan cara bertelur, beranak, serta bertelur dan beranak.

Contoh hewan beranak yaitu sapi, kambing, harimau, rusa, ikan hiu, dan paus. Hewan beranak disebut mamalia

Contoh hewan  yang bertelur yaitu ayam, itik, burung, katak, ikan, dan semut.

Contoh hewan yang bertelur dan beranak yaitu ular.

 

Kelestarian hewan terganggu oleh kegiatan manusia yang tidak bijaksana seperti pembalakan liar dan perburuan liar.

Untuk menjaga kelestarian hewan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menghentikan pembalakan dan perburuan liar, melakukan penghijauan (reboisasi), serta membuat kawasan konservasi untuk menjaga, melindungi dan melestarikan hewan.

 

Berikut ini beberapa contoh hewan dan karakteristik tempat hidupnya.

Sapi merupakan salahsatu hewan diternakkan untuk dimanfaatkan daging dan kulitnya serta susunya. Sapi dapat hidup di dataran rendah yang panas atau dataran tinggi yang sejuk

Kambing diternakkan untuk diambil daging dan kulitnya ada juga yang diambil susunya. Kambing yang dapat diambil susunya adalah jenis peranakan etawa (PE). Kambing dibudidayakan di dataran rendah dan tinggi.

Ayam merupakan hewan ternak jenis unggas. Karakteristik hidup ayam adalah didataran rendah yang kering. Ayam diternakkan untuk diambil daging dan terlurnya.

Itik juga termasuk hewan unggas. Hewan ini dibudidayakan sebagai hewan ternak untuk diambil telur dan dagingnya. Berbeda dengan ayam, itik menyukai tempat yang basah atau berlumpur.

Ikan merupakan hewan air. Ikan dibedakan menjadi ikan air tawar dan ikan laut. Ikan air tawar misalnya ikan nila, lele, belut, gurame, ikan mas, dan ikan gabus. Ikan laut misalnya ikan tuna, tongkol, kerapu, teri, dan tenggiri.

Cicak merupahan hewan yang merayap didinding karena memiliki perekat ditelapak kakinya, cicak memiliki lidah yang panjang dan lengket sehingga dapat menangpat serangga. Memiliki ukuran tubug 7 hingga 10cm. cicak dapat memutuskan ekornya untuk melindungi diri

Kelelawar hidup ditempat yang gelap, seperti atap  rumah dan gua. Kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi, selain itu kelelawar memiliki pendengaran yang baik dan eka terhadapmenerima bunyi pantulan. Kelelawar adalah hewan nokyurnal karena melakukan kegiatan dimalam hari.

 

Muatan PKn

Dampak yang akan terjadi jika masyarakat tidak melaksanakan hak dan kewajiban secara bijaksana secara bijak terhadap hewan yaitu hewan buas berkeliaran dipemukiman penduduk ingin mencari makan,hewan kecil mencari makan ditempat yang bukan habitatnya.

 

Tindakan sederhana yang dapat dilakukan terhadap hewan piaraan dirumah

Memberi tempat berlindung

Memberi makan yang cukup

Menjaga kesehatan

 

Manfaat bersikap bijak terhadap hewan antara lain sebagai berikut

Hewan-hewan langkah tidak punah

Lingkungan masyarakat menjadi aman dan tenang

Mandatangkan keuntungan.

 

Upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk melaksanakan kewajiban melindungi dan melestarikan hewan langka antara lain dengan cara berikut.

Melakukan penangkaran hewan langka

Mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.

 

Manfaat melindungi dan melestarikan hewan langkah.

Menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik.

Melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

 

Sebagai peserta didik dapat ikut serta melestarikan dan melindungi hewan langka dengan cara sebagai berikut.

Memahami pentingnya hewan langka bagi alam dan manusia

Berbagi informasi kepada teman dan keluarga tentang keindahan dan manfaat hewan langka.

Mengunjungi tenaga pelestarian satwa langka seperti taman nasional, suaka margasatwa, cagar alam, dan kebun binatang.

Menghindari pemakaian produk yang terbuat dari spesies atau hewan langka yang terancam punah.

Melaporkan kepada pihak yang berwajib jika mengetahui adanya perburuan liar.

 

Muatan SBdP

Mozaik merupakan gambar atau lukisan yang dibuat menggunakan material atau kepingan kepingan yang sengaja dibuat dan ditempel pada bidang datar.

Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mozaik antara lain kertas tebal, biji-bijian, daun, kepingan kaca, atau pecahan keramik.

Berikut langkah-langkah membuat mozaik

Menyiapkan alat dan bahan

Menempel biji-bijian pada pola yang sudah disiapkan

Penyempurnaan mozaik

Hasil jadi

 

Muatan Bahasa Indonesia

Ciri-ciri pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut

Kalimat tanya harus sesuai topik yang dibahas

Kalimat tanya diawali dengan kata tanya

Kalimat tanya selalu diakhiri tanda baca tanya (?)

Kalimat tanya bersifat menggali lebih banyak informasi

Pertanyaan fokus atau tepat sasaran

Terdapat hubungan berkesinambungan antarpertanyaan

Pertanyaan menggunakan bahasa yang benar

 

Berikut contoh format laporan wawancar

Latar Belakang

Melakukan alasan melakukan wawancara

Maksud dan Tujuan

Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara

Topik Wawancara

Menuliskan topik wawancara untuk membatasi pembicaraan agar tidak melebar.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Menuliskan waktu dan tempat wawancara

Laporan Hasil Wawancara

Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancara.

 

Muatan SBdP

Sebuah karya seni dikatakan baik jika memiliki kriteria sebagai berikut.

Ide atau gagasan, karya seni yang baik harus menampilkan suatu gagasan baru.

Kreativitas, kemampuan seseorang mengolah apa yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru dan memiliki seni tinggi.

Gaya perseorangan, karya seorang yang berbeda dengan orang lain.

Teknik dan representasi, seseorang mampu memilih dan mengolah bahan secara tepat sehingga menghasilkan karya seni yang bagus secara keseluruhan.

Proses mengapresiasi yaitu melihat karya, merasakan, berempati, lalu muncul pendapat pribadi untuk menyebutkan kelebihan dan kekurangan, selanjutnya menilai.

 

 

Subtema 3 Pembelajaran 1 s/d  6

Muatan Bahasa Indonesia

Format menulis laporan hasil wawancara

Latar Belakang

Melakukan alasan melakukan wawancara

Maksud dan Tujuan

Menuliskan maksud dan tujuan dilakukan wawancara

Topik Wawancara

Menuliskan topik wawancara untuk membatasi pembicaraan agar tidak melebar.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Menuliskan waktu dan tempat wawancara

Laporan Hasil Wawancara

Menuliskan narasumber, pewawancara, dan hasil wawancar.

Kesimpulan

Menuliskan kesimpulan hasil wawancara.

 

Penulisan Huruf Kapital

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan

Huruf kapital dipakai pada awal kalimat dalam petikan langsung

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap kata nama agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk sebutan dangan kata ganti untuk Tuhan.

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.

 

Tanda Baca Titik (.) dan Koma (,)

Tanda Titik

Tanda titik dipakai dibelakang angka atau huruf dalam suatu bagan, ikhtisar, atau daftar.

Tanda titik dipakai untuk memisahkan angka jang, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.

 

Tanda Koma

Tanda koma dipakai diantara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.

Tanda koma dipakai dibelakang kata atau ungkapan penghubung antar kalimat, seperti oleh katena itu, jadi, dengan demikian, sehubungan dengan itu, dan meskipun demikian

.

Pendapat merupakan opini atau gagasan yang dikemukakan oleh seseorang.

Berikut beberapa cara mengemukakan pendapat

Memahami masalah yang ada dengan seksama.

Menyampaikan pendapat, gagasan, atau opini terhadap masalah yang ada.

Menyampaikan pendapat tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Pendapat yang disampaikan dapat berupa solusi atau pemecahan masalah.

 

Laporan pengamatan merupakan laporan yang disusun berdasarkan pengamatan terhadap sebuah objek.

Objek pengamatan dapat berupa sekolah, sungai, hutan, atau tanaman.

Presentasi merupakan kegiatan penyampaian hasil wawancara, penelitian, atau pengamatan secara lisan dalam suatu forum seperti diskusi.

 

Berikut cara mempresentasikan hasil wawancara.

Memahami hasil wawancara dengan seksama.

Mencatat popok-pokok hasil wawancara.

Mempresentasikan hasil wawancara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Memberikan kesempatan kepada pendengar untuk memberi masukan terhadap hasil wawancaranya.

 

Pokok-pokok hasil wawancara yang dapat kamu presentasikan sebagai berikut.

Latar belakang melakukan wawancara.

Topik wawancara

Tujuan wawancara.

Orang yang diwawancarai (narasumber)

Waktu dan tempat kegiatan wawancara dilakukan.

Hasil wawancara.

Kesimpulan wawancara.

 

Muatan IPS

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, meliputi hewan dan tumbuhan.

Bentuk pemanfaatan sumberdaya alam hayati sebagai berikut.

Pertanian merupakan salah satu kegiatan pemanfaatan sumberdaya alam hayati berupa tumbuhan untuk menghasilkan bahan pangan.

Perkebunan merupakan kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu ditunjang dengan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan komoditas perdagangan.

Kehutanan merupakan kegiatan mengelola, memanfaatkan, dan melestarikan hutan untuk kepentingan manusia.

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan mafaat. Peternakan dibedakan menjadi tiga yaitu peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil, dan peternakan unggas.

Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati perairan. Berdasarkan kegiatannya, perikanan dibedakan menjadi dua, yaitu perikanan budi daya dan perikanan tangkap.

Sumber daya alam harus dimanfaatkan secara bijaksana. Artinya, dalam pemanfaatannya sumber daya alam tersebut harus diperhatikan juga upaya pelestariannya.

Sistem terasiring atau sengkedan dibuat di daerah dengan bentuk lahan miring. Tujuan sistem terasiring adalah untuk mencegah erosi.

Sistem terasiring merupakan salahsatu contoh pemanfaatan sumber daya alam dengan tetap memperhatikan kelestariannya.

Berikut ini beberapa kegiatan pemanfaatan sumberdaya alam yang disertai usaha pelestarian.

Sistem tebang pilih dalam pemanfaatan hutan.

Penanaman kembali hutan yang gundul.

Menangkap ikan dengan menjaga habitanyta.

Melakukan usaha penangkaran hewan dan tumbuhan.

Membuat varietas unggul untuk meningkatkan keragaman jenis hewan dan tumbuhan.

 

Muatan IPA

Kegiatan manusian yang menjadi penyebab kepunahan yaitu pembalakan liar, perburuan liar, dan ahli fungsi lahan.  Kegiatan alih fungsi lahan yaitu pembukaan hutan untuk lahan perkebunan, persawahan, permukiman, dan kawasan industri.

Berikut ini beberapa sikap peduli untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang dapat kita lakukan.

Tidak berburu hewan secara liar dan tidak menebang pohon sembarangan.

Merawat hewan piaraan dan tumbuhan yang ditanam dengan penuh kasih sayang.

Melakukan tebang pilih (menebang dengan memilih ukuran dan usia tunbuhan)

Melakukan peremajaan tanaman

Melakukan penghijauan kembali (reboisasi) di lahan gundul agar lahan kembali dipenuhi tumbuhan dan hewan.

Melaporkan kepala pihak berwenang jika mengetahui orang yang melakukan tindakan mengancam kelestarian tumbuhan dan hewan.

Membuang ampah pada tempatnya

 

Hewan piaraan dan hewan ternak perlu dirawat dengan baik agar tumbuh sehat. Cara merawat hewan sebagai berikut.

Menempatkan hewan di dalam kandang yang sesuai

Memberi makan dan minum secukupnya

Menempatkan kandang di tempat yang cukup sinar matahari.

Membersihkan kandang setiap hari.

Mengobati hewan sakit.

Hewan liar juga perlu dijaga dan dirawat  dengan cara tidak melakukan perburuan liar terhadap hewan-hewan liar, jika menemukan hewan yang menderita segera lakukan tindakan untuk merawat hewan.

Tumbuhan juga perlu dirawat dengan baik agar dapat tumbuh subur. Cara merawat tumbuhan sebagai berikut.

Menyirami dengan air secara teratur

Memberikan pupuk tanaman yang sesuai.

Menyiangi rumput yang tumbuh disekitarnya.

Memangkas tanaman yang sudah besar dan lebat

Melindungi dari serangan hama dan penyakit.

Penghijauan merupakan kegiatan menanami lahan kosong dengan aneka jenis tanaman. Penghijauan yang dilakukan di hutan gundul disebut reboisasi.

Manfaat dari kegiatan penghijauan yaitu

Mengurangi erosi tanah.

Mencegah banjir dan tanah longsor.

Menyerap polusi udara.

Menghasilkan oksigen.

Menjaga cadangan air tanah, serta mengurangi dampak efek rumah kaca.

 

Muatan SBdP

Karya seni montase adalah karya seni yang dibuat dengan cara menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi dengan gambar yang sudah jadi lainnya sehingga menjadi gambar baru.

Dalam membuat montase unsur-unsur yang harus diperhatikan yaitu kerapian, perpaduan warna, perpaduan gambar yang ditempel

Berikut langkah-langkah membuat montase dengan tema cinta lingkungan.

Menyiapkan kertas, gunting, lem, dan gambar jadi. Gambar jadi diambil dari majalah atau koran bekas.

Menempel gambar di kertas HVS.

Menyempurnakan karya montase.

Hasil jadi.


Muatan PKn

Dalam hutan banyak tumbuhan yang dapat menyerap karbon dioksida sekaligus menghasilkan oksigen.hutan berfungsi sebagai pengatur tata air dan tempat tumbuh beraneka ragam flora dan fauna sehingga terjadi

keseimbangan ekosistem dalam kehidupan.

Peduli lingkungan merupakan kewajiban masyarakat. Dengan peduli terhadap lingkungan berarti mereka tidak melanggar hak orang lain.

Kepedulian warga masyarakat dapat diwujudkan dalam bentuk tindakan seperti berikut.

Membuat sampah pada tempatnya.

Melaksanakan hak dan kewajiban terhadap lingkungan secara seimbang.

Melaporkan kepada pihak yang berwajib ketika melihat terjadi penebangan liar.

Melakukan penghijauan dengan menanam pohon yang mampu mengikat tanah.

Melestarikan lingkungan merupakan kewajiban setiap warga masyarakat.

 

Melestarikan lingkungan dapat kamu tunjukkan dalam berbagai tindakan seperti berikut.

Membuang sampah pada tempatnya.

Melakukan penghijauan atau reboisasi

Melakukan tebang pilih.

Melakukan konservasi alam.

Memakai energi ramah lingkungan

Membuat sumur-sumur resapan air.

Mendaur ulang barang yang sudah tidak bisa terpakai.

Mengurangi pamakaian energi secara berlebihan.

Memilah sampah organik dan nonorganik.

Membuat sanitasi air bersih.

Melestarikan lingkungan penting dalam menciptakan keseimbangan dalam kelestarian alam. Melestarikan lingkungan juga dapat menciptakan iklam seimbang.

 

3 komentar: