Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 4 SD
Subtema 2 Keberagaman Mahluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran 3
Ayo Mencoba
Ketika pulang sekolah bersama teman-temannya, Edo
melewati sebuah kolam kecil yang ditinggali beberapa ekor katak. Mereka
berhenti di kolam itu dan melihat katak-katak berlompatan. Edo memberitahu
teman-temannya bahwa katak adalah hewan pelompat yang ulung. Katak memiliki
kaki-kaki yang panjang dan kuat. Hewan ini dikenal sebagai pelompat yang ulung.
Jenis katak tertentu dapat melompat hingga sejauh 20 kali panjang tubuhnya.
Sebelum kamu berolahraga, bacalah petunjuk berikut.
Sebelum memulai kegiatan miswa melakukan pemanasan dengan mempraktikkan gerakan
non
lokomotor:
- Memutar pinggang
- Menekuk badan, tangan, dan kaki,
- Memiringkan badan
- Membentang tangan dan kaki
- Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke
belakang.
- Minta satu/beberapa siswa untuk memimpin
pemanasan di depan teman- teman yang lain.
Bahan yang dibutuhkan
- Bola kecil 2
- Kardus 2
Cara bermain
- Kelas dibagi menjadi dua kelompok.
- Setiap kelompok berbaris.
- Letakkan bola sekitar 3 meter di depan setiap
barisan.
- Letakkan kardus sekitar 3 meter dari bola.
- Setiap anggota kelompok harus melompat katak
menuju ke arah bola.
- Siswa mengambil bola dan melemparkan bola ke
dalam kardus yang berjarak 3 meter dari siswa.
- Anggota kelompok yang telah memasukkan bola
berjalan ke arah belakang barisan.
- Anggota berikutnya mendapat giliran.
- Kelompok yang bisa memasukkan bola lebih sering
adalah pemenangnya
Jawablah pertanyaan berikut
1.Apa
keterampilan yang diperlukan dalam permainan lompat katak? Gerak melompat
2.keterampilan
Mana yang sudah kamu lakukan dengan baik? Melempar bola
3.keterampilan
mana yang belum dapat kamu lakukan dengan baik?jelaskan . melompat
4.Apa rencanamu
untuk masa yang akan datang agar keterampilan keterampilan tersebut lebih baik
lagi? Berlatih lagi
Bagaimana perasaanmu setelah bermain lompat katak? Senang, Katak adalah hewan yang berada di sekitar
kita. Selain katak, hewan apa yang berada di lingkunganmu? Capung, ayam
,kelinci dll
Ayo Berdiskusi
Rumah Edo banyak ditumbuhi beraneka ragam pohon. Banyak serangga dan burung
yang berdatangan. Hari ini Edo menuju halaman untuk mengamati burung. Suatu
hari, ketika Edo sedang asyik melihat burung-burung tersebut, tiba-tiba Edo
dikagetkan oleh suara seekor burung yang terjatuh tidak jauh dari pohon. Edo
menghampirinya. Ternyata burung itu adalah burung merpati yang mengalami luka
pada sayapnya. Edo menduga burung merpati itu terkena tembakan pemburu. Edo
merawatnya dengan kasih sayang. Sambil merawat, Edo mengamati bagian-bagian
tubuh burung yang terluka. Bantulah Edo menuliskan bagian-bagian tubuh burung
merpati dan lengkapi tabel di bawahnya.
No |
Bagian Tubuh |
Fungsi |
1. |
Paruh |
Paruh, paruh burung berfungsi untuk mengambil
makanan. Paruh burung sesuai dengan jenis makanannya. |
2 |
Sayap |
Sayap, sayap burung berfungsi untuk bergerak
(terbang). Burung terbang dengan cara mengepakkan sayapnya. |
3 |
Ekor |
Ekor, ekor burung berfungsi menjaga keseimbangan
burung saat terbang. |
4 |
Cakar/Kaki |
Cakar, cakar burung berfungsi untuk mencengkeram
mangsanya (burung elang) dan untuk bertengger di dahan pohoh (burung pipit). |
5 |
Mata |
Mata, mata burung berfungsi untuk melihat
benda-benda di sekitarnya. |
Apa yang akan
kamu lakukan apabila menemukan hewan dalam keadaan seperti burung tersebut? Apabila saya menemukan burung dalam keadaan tertembak saya akan menolong
burung tersebut. Sebagai sesama makhluk Tuhan kita harus saling menyayangi.
Ayo Mengamati
Amatilah hewan laba-laba dan serangga. Jika sulit menemukannya, kamu dapat
menggunakan gambar atau video. Temukan perbedaan antara laba-laba dan kumbang
dengan melengkapi gambar dan tabel di bawah ini.
Bagian Tubuh |
Laba-laba |
Serangga
(Kumbang) |
Banyak Kaki |
8 |
6 |
Banyak Sayap |
Tidak ada |
Ada |
Banyak Mata |
2 |
2 |
Ciri-ciri lain |
|
|
Lengkapi diagram berikut untuk menampilkan persamaan dan perbedaan antara laba-laba dan kumbang.
Kamu sudah mengetahui bahwa kupu-kupu perlu dilestarikan
agar tercipta keseimbangan, begitu pula dengan serangga seperti laba-laba dan
kumbang. Tuhan menciptakan sumber daya alam tentunya mempunyai maksud dan
tujuan tertentu.
Ayo Menulis
Ambillah daftar pertanyaan yang kamu miliki. Lengkapilah daftar pertanyaan
tersebut. Kamu bisa membuat pertanyaan tentang bagian-bagian hewan serta
fungsinya. Perlihatkan daftar pertanyaanmu kepada gurumu.
Contoh : Pertanyaan
1. 1.Berapa jumlah kaki laba-laba..
2. 2.Apa fungsi sayap pada burung..
3. 3.Apa
fungsi mata pada hewan
4. 4.Apa
fungsi sayap pada burung...
5. 5.Apa
fungsi ekor pada hewan..
0 komentar:
Posting Komentar