Rudi,A.Ma.Pd

Selasa, 01 September 2020

Kelas IV Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6

Rangkuman Materi Tema 2  Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 6

Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi

Minyak bumi adalah merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi.


Minyak bumi adalah merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun. Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.

Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah menghimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak.

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan di atas.
1. Kita sebagai warga negara mempunyak hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Apa maksud dari pernyataan tersebut?

Berikan beberapa contoh. Kita memang memiliki hak tersebut. tapi kita sebagai manusia harus dapat mengolahnya dengan baik. karena jika minyak tersebut digunakan secara berlebihan maka lama kelamaan akan habis.

2. Apa yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya?
Ketimpangan akan hak dan kewajiban yang terjadi akan menimbulkan gejolak dalam kehidupan masyarakat. Gejolak tersebut merupakan bentuk ketidakpuasan atas tidak berjalannya hak dan kewajiban secara seimbang. Untuk menghindari adanya gejolak pada masyarakat mengenai ketimpangan akan hak dan kewajiban tersebut diperlukan kesadaran secara mendasar pada individu akan kewajiban yang harus dipenuhi guna mendapatkan hak yang pantas dan sesuai atas pelaksanaan kewajiban tersebut.

3. Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan contohnya.

Ketersediaan sumber daya alam minyak bumi sangat terbatas, kewajiban sebagai warga negara adalah menghemat penggunaan minyak bumi. Kita harus berhemat seperti gas , bensin dan sebagainya

4. Apa yang terjadi jika kita tidak menjalankan kewajiban kita dengan baik? Jelaskan.
Kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan, dan apabilah kita melakukan kewajiban kita akan menerima hak.  jadi ketika kita tidak melaksanakan kewajiban dengan baik kita maka tidak dapat menerima hak kita.

5. Berikan saranmu cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak!
Memanfaatkan minyak bumi dengan bijak adalah menggunakan semua poduk hasil turunannya dengan bijak, misalnya:

  • Menghemat penggunaan bbm dengan menggunakan transportasi umum
  • Mengurangi pemakaian kantong plastik karena plastik jg salah satu turunan minyak bumi
  • Menggunakan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti matahari, air, atau angin. Jika belum tersedia di tempat tinggal kita, bisa dimulai dengan hal sederhana seperti menghemat pemakaian listrik dan air.

Minyak Bumi adalah merupakan sumber energi yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Manusia dapat melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas karena dukungan dari minyak bumi.



Amati gambar di atas dan jawab pertanyaan berikut.
1. Apa yang diceritakan gambar di atas?
Minyak bumi (BBM) digunakan untuk berbagai macam kendaraan.

2. Sebutkan gambar-gambar yang mendukung alasanmu?
Bermacam-macam jenis kendaraan membutuhkan BBM, misalnya saja mobil pribadi, bus, truk, dan kendaraan lainnya.

3. Tulislah gambar-gambar lain yang mendukung pendapatmu?

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawaban di atas. Sekarang buatlah gambar yang menceritakan ajakan untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak.




Bacalah aturan permainan berikut.
Ayo, Tangkap Bola
Perlengkapan : Bola besar



Aturan bermain:

  1. Kelas dibagi atas dua kelompok, kelompok A dan B
  2. Setiap kelompok membentuk lingkaran.
  3. Siswa dalam setiap kelompok berdiri di dalam gambar lingkaran yang telah dibuat oleh guru.
  4. Kelompok A dan B bermain secara bersamaan.
  5. Setiap siswa berdiri menggunakan satu kaki (seperti terlihat pada gambar). Kaki kiri dan kanan dapat digunakan secara bergantian.
  6. Setiap kelompok mendapatkan satu bola besar.
  7. Setiap anggota kelompok akan mengoper bola kepada anggota kelompok lain yang berdiri berseberangan (tidak diperkenankan mengoper bola ke anggota kelompok yang berdiri di sebelah kanan atau kiri)
  8. Ketika bola ditangkap seluruh peserta berpindah ke lingkaran di sebelah kiri mereka searah jarum jam.
  9. Apabila bola jatuh ke tanah atau anggota kelompok tidak berdiri dengan satu kaki, maka dianggap sebagai pelanggaran.
  10. Kelompok yang melakukan pelanggaran paling sedikit akan menjadi pemenang.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar