Rudi,A.Ma.Pd

Selasa, 22 September 2020

Kelas IV Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2

RANGKUMAN TEMA PEMBELAJARAN 2

Kelas IV Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi

 

Energi di manfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Benda-benda di sekitar kita juga dibuat dengan memanfaatkan energi. Setiap hari, untuk menulis dan menggambar kamu menggunakan kertas. Tahukah kamu bagaimana kertas dibuat? Energi apa yang dimanfaatkan dalam proses pembuatannya?

Mengapa Harus menghemat Kertas?
Kertas diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan energi sangat besar. Bahan utama pembuatan kertas adalah pohon dan air. Untuk membuat 1 rim kertas berukuran A4 diperlukan 1 pohon yang usianya 5 tahun. Untuk menghasilkan satu lembar kertas dibutuhkan 2 gelas air.

Amati di sekitarmu. Tulislah manfaat kertas yang sehari-hari kamu temui. Kertas digunakan untuk menulis, untuk membuat buku, untuk surat menyurat, untuk fotocopy, untuk membuat kerajinan, untuk mencetak gambar dll.

Setujukah kamu dengan penggunaan kertas berikut. Mengapa? Saya tidak setuju karena boros kertas.

Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas? Setiap proses produksi kertas memerlukan bahan kimia, air dan energi dalam jumlah besar dan tentu saja bahan baku, yang pada umumnya berasal dari kayu. Untuk itu penggunaan kertas harus sehemat mungkin karena sumber daya untuk membuat kertas terbatas.

Tulislah cara untuk menghemat kertas?

  1. Tidak dengan mudah membuang kertas, pikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut digunakan untuk hal-hal lainnya.
  2. Memaksimalkan penggunaan kertas yaitu menggunakan semua bagian sisi kertas seperti saat mencetak, gunakan kedua sisi kertas.
  3. Mengumpulkan sisa-sisa kertas untuk dapat diolah atau didaur ulang lagi
  4. Koran, majalah, atau kalender bekas dapat digunakan untuk membungkus
  5. Ketika akan mencetak suatu dokumen, cobalah pertimbangkan prioritas dan kebutuhannya. Jika dokumen tersebut perlu dicetak, gunakan ke dua sisi kertas.
  6. Menggunakan kertas hanya saat-saat dibutuhkan saja,


Ketika kita menghemat kertas, kita ikut menghemat penggunaan energi. Kita juga menghemat pohon-pohon di hutan. Kita ikut menjaga bumi kita supaya setiap orang bisa hidup nyaman di bumi. Menggunakan kertas yang sisinya masih kosong, teliti saat menulis, menggunakan hanya benar-benar
ketika dibutuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghematnya. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menghemat kertas.

Tulis contoh-contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. Ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas.
Penggunaan kertas yang boros mengakibatkan pemborosan sumber daya alam, sebaiknya ketika kita menggunakan kertas kita gunakanlah dengan bijak. Misalnya saat menulis gunakanlah kedua sisi kertas sehingga dapat menghemat kertas. Dengan menggunakan kertas sesuai kebutuhan kewajiban kita untuk melestraikan sumber daya lam sudah dilaksanakan, selain itu kita juga memperoleh hak yaitu menggunakan kertas tersebut.

Sebagai bagian dari anggota masyakat kita harus melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang. Kita berhak menggunakan kertas, tapi orang lain juga berhak untuk hidup di lingkungan yang nyaman. Kewajiban kitalah untuk menghemat kertas.

Salah satu cara lain menghemat kertas adalah menggunakan kertas bekas untuk menjadi media belajar.

  1. Ambil kertas bekas.
  2. Potong memanjang menjadi 1/2 bagian sama besar.
  3. Ambil satu bagian lalu susun di meja.
  4. Ambil satu bagian yang lain, lalu lipat menjadi 2 bagian sama panjang. Potong dan warnailah. Tulis 3/6 Susun dibawahnya.
  5. Ambil lagi, lipat menjadi 4 bagian sama panjang. . Potong dan warnailah . Tulis 4/8 Susun dibawahnya.
  6. Begitu seterusnya sampai pecahan 1/12 Kamu akan menghasilkan seperti ini.




Perhatikan pecahan 1/2 . Pecahan apa yang sama panjang dengan 1/2



Pecahan yang panjangnya sama tadi juga bisa disebut pecahan senilai.
Pecahan senilai untuk 1/2 adalah 2/4, 3/6, 4/8, 5/10, dan 6/12.

Temukan pecahan yang senilai dengan 1/4 dan 1/3



Tulislah hasil temuanmu pada tabel berikut.

No.

Pecahan

Pecahan Senilai

1.

1/2

2/4, 3/6, 4/8, 5/10. 6/12, 7/14, 8/16, 9,18, 10/20, 11/22, 12/24

2.

1/3

2/6, 3/9, 4/12, 5/15/, 6/18, 7/21, 8/24, 9/36, 10/30, 11/33, 12/36

3.

1/4

2/8, 3/12, 4/15, 5/20, 6/24, 7/28, 8/32, 9/36, 10/40, 11/44, 12/48

Bagaimana hubungan antara pembilang dan penyebut pada pecahan senilai? Pembilang adalah penyebut x 2

Untuk menemukan pecahan senilai kamu bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Bilangan tersebut adalah bilangan bulat bukan 0.

Kerjakan Latihan berikut.
1. Carilah pecahan yang senilai dengan pecahan berikut



Ternyata kertas bekas juga bisa manfaatkan untuk belajar ya. Jangan lupa, hemat kertas setiap hari ya. Manfaatkan juga kertas bekas untuk berbagai hal yang bermanfaat. Hal yang kita lakukan itu adalah wujud cinta Indonesia. Jadikan Indonesia kita negri yang ramah lingkungan.

Sekarang, saatnya kamu berlatih dengan teman-temanmu untuk menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan tempo sedang. Tambahkan dengan tepuk tangan atau ketukan untuk mengiringi kamu bernyanyi.



Bernyanyilah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu. Apakah saat kamu bernyanyi sudah sesuai tinggi rendah nada? Apakah sudah sesuai tempo?

0 komentar:

Posting Komentar