Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 4 SD
Subtema 2 Keberagaman Mahluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran 5
Ayo Mengamati
Amati gambar hewan berikut. Apa yang kamu ketahui
tentang karakteristik tempat hidup hewan-hewan tersebut? Tulis jawabanmu pada
kolom yang telah disediakan.
Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat
dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
Jawab pertanyaan berikut.
1.Apa kesimpulanmu tentang karakteristik tempat
tinggal hewan di atas?
Jawaban: Tempat tinggal
hewan mempengaruhi kehidupan hewan.
2.Apa perbedaan antara tempat hidup kucing dan
ikan?
Jawaban: Kucing hidup di
darat sedangkan ikan hidup di air. Kucing bernapas menggunakan paru-paru,
sedangkan ikan bernapas dengan insang.
3.Menurutmu, apakah kedua hewan tersebut dapat hidup
di tempat yang sama? Mengapa?
Jawaban: Jelaskan
alasanmu. Kucing dan ikan tidak dapat hidup bersama-sama jika kucing hidup di
air dia tidak bisa bernapas, begitu pula sebaliknya ikan jika hidup di darat
akan kesulitan bernapas.
4.Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi)
berpengaruh terhadap kehidupan hewan? Jawaban: Jelaskan! Keadaan iklim dan bentuk muka bumi berpengaruh terhadap kehidupan
hewan. Misalnya hewan yang hidup di daerah dingin harus menyesuaikan bentuk dan
fungsi tubuhnya dengan udara yang dingin. Hewan yang hidup di daerah pegunungan
juga berbeda dengan hewan yang hidup di dataran rendah.
5.Sebelum memelihara hewan tertentu, apa saja yang
perlu diperhatikan agar hewan tersebut dapat hidup dengan baik?
- Memberi Makan dan Minum Hewan Peliharaan
- Membersihkan / Memandikan Binatang Peliharaan
- Memberikan Kandang yang Baik dan Membersihkan
Kandang
- Mengobati Ketika Sakit dan Memberi Vaksin
Penyakit
- Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang
Ayo Berdiskusi
Tahukah kamu, bahwa Tuhan menciptakan hewan dengan
bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Setiap jenis hewan memiliki tempat hidup
dengan karakteristik masing-masing. Tempat hidup tergantung kepada ciri-ciri
khusus yang dimiliki oleh hewan tersebut. Ciri-ciri khusus hewan mempunyai
hubungan yang erat dengan karakteristik tempat hidupnya.
Diskusikan kembali secara berkelompok ciri-ciri khusus ayam, itik, kucing, dan
ikan. Kaitkan ciri-ciri khusus tersebut dengan karakteristik tempat hidupnya.
Tuliskan hasil diskusi pada bagan berikut
No |
Hewan |
Ciri Khusus |
1. |
Ayam |
|
2 |
Bebek |
|
3 |
Kucing |
|
4 |
Ikan |
|
Ayo Membaca
Ayo, cari tahu lebih lanjut tentang hubungan
karakteristik tempat hidup hewan dengan ciri-ciri khususnya. Baca teks berikut.
No |
Hewan |
Karakteristik |
1. |
Cicak |
Cicak mempunyai perekat pada telapak kakinya,
sehingga dapat merayap di dinding atau langit-langit rumah. Cicak juga
memiliki lidah yang panjang dan lengket, sehingga dapat menangkap serangga. |
2 |
Kelelawar |
Kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi
tinggi. Selain itu, kelelawar juga memiliki pendengaran yang baik dan peka
menerima bunyi pantulan. Kelelawar mampu mendeteksi benda-benda di
sekitarnya. |
3 |
Bunglon |
Bunglon dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan
warna benda-benda yang ada di sekitarnya, misalnya ketika berada di atas daun
yang berwarna hijau, maka warnanya bisa berubah menjadi hijau. Ketika berada
di batang pohon yang berwarna coklat, maka warnanya bisa berubah menjadi
coklat. |
Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda
mempengaruhi jenis hewan yang hidup di sekitar wilayah tersebut. Ayo, cari tahu
tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan
tanah, dan bentuk muka bumi). Hewan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah
tersebut?
Kelompokkan hewan tersebut berdasarkan karakteristik tempat hidupnya. Kamu
dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet atau
narasumber).
Hewan di sekitar kita memberi banyak manfaat bagi manusia. Hewan juga dapat
menjadi inspirasi untuk karya seni, seperti karya seni mozaik yang telah kamu
buat sebelumnya.
Ayo Berkreasi
Pada
pertemuan sebelumnya kamu dan teman-temanmu telah membuat karya seni mozaik
tentang hewan. Pamerkan mozaik tersebut di meja masing-masing. Jelaskan hasil
karyamu kepada teman satu kelompok secara bergiliran. Amati hasil karya
teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk apresiasimu. Tuliskan
pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap meja. Pilih salah satu
hasil karya temanmu.
Jawaban bervariasi tergantung penialaian siswa . ini contoh jawaban siswa
1.Apa yang kamu ketahui tentang
hasil karya temanmu tersebut?
Saya tau seperti apa bentuk mozaik itu
2.Bagaimana pendapatmu tentang
hasil karya temanmu tersebut?
Lumayan Bagus
3.Menurutmu,bagian mana yang
menarik dari karya tersebut? Mengapa?
Bagian tempelannya karena bervariasi dan warna warni
4.apa saran yang ingin kamu sampaikan agar karya seni tersebut lebih baik lagi? Cara menempel bahan mozaik nya di rapihkan lagi dan harus teliti.
Ayo Berlatih
Siti
dan Ibunya berbelanja di pasar. Mereka membeli ikan, udang, dan daging ayam
dengan berat masing-masing seperti terlihat pada gambar.
Apakah kamu bisa
menaksir berat seluruh belanja Siti dan Ibunya?
Sebelum
kamu menjawab perhatikan cara melakukan penaksiran desimal berikut. Dalam
melakukan penaksiran desimal, kamu perlu memperhatikan desimal acuan. Desimal
acuan, yaitu 0; 0,25; 0,75; dan 1.
Angka-angka
desimal tersebut dapat dijadikan acuan untuk melakukan penaksiran penjumlahan
dan pengurangan. Berikut adalah desimal acuan pada garis bilangan
Contoh:
Taksirlah
hasil penjumlahan 0,22 + 0,80
Langkah
pertama
Perhatikan
lokasi 0,22 pada garis bilangan.
0,22
terletak antara 0 dan 0,25. Bilangan 0,22 lebih dekat kepada 0,25,
maka
0,22 dibulatkan ke 0,25.
Langkah
kedua
Perhatikan
lokasi 0,80 pada garis bilangan.
0,80
terletak antara 0,75 dan 1. Bilangan 0,80 lebih dekat kepada 0,75,
maka
0,80 dibulatkan ke 0,75.
Langkah
ketiga
Setelah
dilakukan pembulatan pada desimal acuan terdekat,
jumlahkanlah.
0,25
+ 0,75 = 1
Jadi
taksiran untuk 0,22 + 0,80 adalah 0,25 + 0,75 = 1
Amati
kembali soal di atas.
Taksirlah
berat ikan dan udang jika digabungkan.2,3 + 0,64 = 2,5 + 0,75 = 3,25 kg
Taksirlah
berat ikan dan ayam jika digabungkan. 2,3 + 1,7 = 2,5 + 1,75 = 4,25 kg
Taksirlah
berat ikan, udang, dan ayam jika digabungkan. 2,3 + 0,64 + 1,7 = 2,5 + 0,75 +
1,75 = 5 kg.
Taksirlah
selisih berat ikan dan udang. 2,3 - 0,64 = 2,5 - 0,75 = 1,75 kg
Taksirlah
selisih berat ikan dan ayam. 2,3 - 1,7 = 2,5 - 1,75 = 0,75
Buatlah
soal cerita sendiri tentang penaksiran penjumlahan dan pengurangan desimal.
Tukarkan cerita yang kamu buat dengan teman satu meja. Jawab soal-soal cerita
tersebut. Diskusikan hasilnya secara berpasangan.
Ayo Berlatih
Taksirlah
penjumlahan dan pengurangan desimal berikut
A.
2,8 + 1,2 = 2,75 + 1 = 3,75
B.
0,4 + 1,9 = 0,5 + 2 = 2,5
C.
2,2 – 1,7 = 2 - 1,72 = 0,25
D.
4,4 – 6,3 = 4,5 - 6,5 = -2
0 komentar:
Posting Komentar