Rudi,A.Ma.Pd

Rabu, 23 September 2020

Menabung Untuk Hemat Energi

 

MENABUNG 

UNTUK HEMAT ENERGI



        Sekolah bindi cukup jauh dari rumah. Setiap pagi bindi berangkat sebelum matahari  terbit.  Ia  harus  berjalan  sekitar  50  km.  Ia menempuh waktu satu jam berjalan kaki hingga sampai di sekolah. Oleh karena itu, bindi memilih untuk berangkat dini hari. Agar  ia bisa menikmati udara segar di pagi hari, dan juga agar terik matahari tidak membuatnya cepat lelah. Bindi hampir selalu menjadi siswa yang paling pagi tiba di sekolah.

        Rumah  teman-teman  bindi  banyak  yang  lebih  dekat  dari  sekolah.  Ada juga yang  lebih jauh,namun  biasanya  teman-temannya  diantar  oleh ayahnya naik motor. Saat ini, bindi rajin menyisihkan uang jajannya untuk ditabung. Ia ingin membeli sepeda. Jika naik sepeda,mungkin bindi dapat menempuh waktu 30 menit sampai di sekolah. Oleh karena itu, bindi lebih sering  membawa  bekal  dari rumah.  Hanya  kadang-kadang,  ketika  ai minumnya  habis, ia harus membeli lagi di warung dalam perjalanannya pulang ke rumah.

       Sebenarnya  ayah selalu  menawarkan untuk mengantarkan  bindi  ke sekolah  dengan  sepeda  motornya.  Ayah  bisa  saja  berangkat  ke  kantor lebih  pagi untuk  mengantarkan  bindi dahulu.  Bindi  menolak.  Ia  ingat, bahwa kendaraan bermesin, termasuk motor membutuhkan  bahan bakar. Bindi sudah  belajar  di  sekolah  mengenai  gerakan  hemat  energi.  Ada saatnya nanti bahan bakar akan semakin   langka,   karena   pemakaian manusia   yang   tidak   bijak.   Pemakaian bahan bakar yang berlebihan akan  mempercepat  kelangkaannya.  Bindi  ingin  dapat  berperan untuk menghemat energi.walaupun masih kelas 4 sd bindi yakin,   perannya juga    memiliki    pengaruh    bagi  lingkungannya.    

         Selain  menghemat energi, berjalan kaki atau  naik sepeda merupakan peran bindi untuk tidak menambah polusi udara dari asap kendaraan wah, mulia sekali  ya usaha  bindi.  Ia menabung bukan untuk membeli mainan,sepatu  baru, atau tas  baru.  Ia menabung untuk  bisa   berperan   dalam menghemat energi!

       Ayah dan Ibu bindi bangga dengan niat bindi. Mereka dengan senang hati mendukung bindi untuk mewujudkan keinginannya. Semoga bindi semakin sehat  dengan  perjalanannya  ke  sekolah,

Semoga   bindi   dapat  mewujudkan keinginannya berbuat hal kecil bagi bumi.

[santi hendriyeti]

0 komentar:

Posting Komentar