Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 4 SD
Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran 5
Ayo Mengamati
Kamu sebelumnya telah belajar tentang padi. Tahukah kamu bahwa jenis
tanaman yang berbeda mempunyai tempat yang berbeda untuk tumbuh? Ayo, kita cari
tahu!
Amati gambar dan baca teks
tentang tanaman padi dan teh berikut. Di manakah padi dan teh biasa tumbuh?
Lingkungan yang seperti apa yang baik untuk tanaman tersebut?
1.Apa kesimpulanmu tentang tanaman padi dan teh di atas?
Jawaban:
Tanaman teh
tumbuh dengan baik di daerah pegunungan dengan suhu 13-15 derajat celsius.
2. Apa perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh?
Jawaban:
Padi tumbuh baik di daerah
berhawa panas, sedangkan teh tumbuh baik di daerah berhawa dingin.
3. Menurutmu, apakah padi bisa
tumbuh dengan baik di pegunungan?
Jawaban:
Padi dapat tumbuh dengan baik di
daerah pegunungan apabila tanah di daerah pegunungan tersebut banyak mengandung
praksi pasir, debu, dan lempung.
4. Sebaliknya, apakah teh bisa
tumbuh dengan baik di sawah? Jelaskan alasanmu.
Jawaban:
Teh dapat tumbuh dengan baik di
daerah persawahan yang bersuhu dingin dengan tanah banyak mengandung bahan
organik.
5. Apakah keadaan alam (iklim
dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman? Jelaskan!
Jawaban:
Ya keadaan iklim sangat
mempengaruhi pertumbuhan tanaman, suhu dan kandungan unsur tanah sangat
mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
6. Sebelum menanam tumbuhan
tertentu, apa saja yang perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik?
Jawaban:
Sebelum menanam tumbuhan, kita
perlu memperhatikan: kualitas tanaman itu sendiri, kualitas tanah, kondisi
lingkungan (suhu), cuaca (Hujan atau Kemarau), dan perawatan tanaman.
Ayo Berdiskusi
Kondisi dan karakteristik alam
yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah
tersebut. Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di
sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi). Tumbuhan apa saja yang
cocok tumbuh di wilayah tersebut? Kamu dapat menggali informasi dari berbagai
sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber). Tulis hasil temuanmu
pada kolom berikut.
Hasil suatu jenis tanaman bergantung pada interaksi
antara faktor genetis dan faktor lingkungan seperti jenis tanah, topografi,
pengelolaan, pola iklim dan teknologi. Dari faktor lingkungan, maka faktor
tanah merupakan modal utama. Keadaan tanah sangat dipengaruhi oleh unsur-unsur
iklim, yaitu hujan, suhu dan kelembaban.
Suhu udara dan tanah mempengaruhi proses pertumbuhan
tanaman. Tanaman tropis misalnya coklat memerlukan suhu tinggi sepanjang tahun.
Batas atas suhu yang mematikan aktivitas sel-sel tanaman berkisar antara 120
sampai 140 F tetapi nilai ini beragam sesuai dengan jenis tanaman dan tingkat
pertumbuhannya.
Air adalah faktor yang lebih penting dalam produksi
tanaman pangan dibandingakan dengan faktor lingkungan lainnya. Tanaman pangan
memperoleh persediaan air dari akar, itu sebabnya pemeliharaan kelembaban tanah
merupakan faktor yang penting dalam pertanian. Jumlah air yang berlebih dalam
tanah akan mengubah berbagai proses kimia dan biologis yang membatasi jumlah
oksigen dan meningkatkan pembentukan senyawa yang berbahaya bagi akar tanaman.
Curah hujan yang lebat dapat menggangu pembungaan dan penyerbukan.
Curah hujan memegang peranan pertumbuhan dan produksi
tanaman pangan. Hal ini disebabkan air sebagai pengangkut unsur hara dari tanah
ke akar dan dilanjutkan ke bagian-bagian lainnya.
Ayo Berkreasi
Pada pertemuan sebelumnya kamu
dan teman-temanmu telah membuat kolase dari tumbuhan. Pamerkan kolase tersebut
di meja masing-masing. Jelaskan hasil karyamu kepada teman satu kelompok secara
bergiliran.
Amati hasil karya teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk
apresiasimu. Tuliskan pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap
meja. Apresiasi seni merupakan suatu penilaian terhadap suatu karya seni, mulai
dari mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung
dalam karya seni tersebut.
Ayo Berlatih
Amati 3 karung beras berikut.
1.
Taksirlah berat karung A dan B jika
digabungkan.
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol
sehingga menjadi 8,
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1
sehingga menjadi 6.
Hasil penjumlahan = 8 + 6 = 14
kg.
2.
Taksirlah berat karung A dan C jika
digabungkan.
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol
sehingga menjadi 8,
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1
sehingga dibulatkan menjadi 4.
Hasil penjumlahan = 8 + 4 + 12
kg.
3.
Taksirlah berat karung A, B, dan C jika
digabungkan.
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol
sehingga menjadi 8,
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1
sehingga menjadi 6,
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1
sehingga dibulatkan menjadi 4.
Hasil penjumlahan = 8 + 6 + 4 =
18 kg
4.
Taksirlah selisih berat karung A dan
B.
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol
sehingga menjadi 8,
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1
sehingga menjadi 6.
Hasil pengurangan = 8 - 6 = 2 kg.
5.
Taksirlah selisih berat karung A dan C.
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol
sehingga menjadi 8,
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1
sehingga dibulatkan menjadi 4.
Hasil pengurangan = 8 - 4 = 4 kg
6.
Taksirlah selisih berat karung B dan
C.
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1
sehingga menjadi 6,
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1
sehingga dibulatkan menjadi 4.
Hasil pengurangan = 6 - 4 = 2 kg.
Pecahan Acuan
Kamu akan berlatih melakukan
penaksiran terhadap penjumlahan dan pengurangan pecahan. Sebelumnya perhatikan
soal cerita berikut.
Contoh 1:
Seorang petani berjalan 3 1/10 km dari rumahnya menuju sawah. Setelah
itu, Ia berjalan lagi sejauh 2 4/5 km ke ladangnya. Taksirlah berapa km petani
tersebut berjalan?
Kamu hanya perlu mengetahui
berapa km petani tersebut berjalan. Oleh sebab itu, kamu bisa menaksir jumlah 3
1/10 dan 2 4/5 .
Bagaimana caranya?. 1/10 lebih dekat dengan 0 sehingga 3 1/10 dibulatkan menjadi 3, 4/5 lebih dekat dengan 1 sehingga 2 4/5 dibulatkan menjadi 3. Jadi petani tersebut berjalan 6 km dari rumah ke sawah dan dilanjutkan ke ladang.
Contoh 2:
Dayu tinggal 6 4/10 km dari sekolah. Udin tinggal 2 9/10 km dari
sekolah. Kira-kira lebih jauh berapa km tempat tinggal Dayu dibandingkan Udin?
Jawab :
4/10 lebih dekat ke setengah sehingga 6 4/10 dibulatkan menjadi 6, 9/10 lebih dekat ke 1 sehingga 2 9/10 dibulatkan menjadi 3. Selisih = 6 -3 = 3 km. Dayu tinggal kira-kira 3 km lebih jauh dari pada Udin dari sekolah.
Taksirlah penjumlahan dan
pengurangan pecahan berikut
1. 2 1/4 + 1 1/3 = 2 + 1 = 3
2. 1/4 + 1 1/3 = 0 + 1 = 1
3. 2 1/4 - 1 = 2 - 1 = 1
4. 4 3/4 - 2 = 5 -2 = 3
5.Buatlah soal cerita tentang penjumlahan pecahan. Minta temanmu
menaksir hasil pejumlahan pecahan dalam soal cerita tersebut.
Ibu berbelanja di pasar membeli
1/4 kg bawang merah , 1 1/4 kg bawang putih, 1/2 kg dan 4/5 kg minyak goreng.
Berat seluruh belanjaan ibu kira-kira ...kg.
6.Buatlah soal cerita pengurangan pecahan. Minta temanmu menaksir hasil
pengurangan pecahan tersebut.
Ahmad memiliki tali sepanjang 3
7/8 m. Kemudian tali tersebut dipotong 1 3/7 m, maka sisa tali
Ahmad kira-kira … m.
0 komentar:
Posting Komentar