Rudi,A.Ma.Pd

Senin, 28 September 2020

Kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 2

Rangkuman Materi Tema 3  Kelas 4 SD

Subtema 3 Ayo Cinta Lingkungan

Pembelajaran 2

 

Ayo Membaca

 

Pergi ke Pasar 

Pulang sekolah, Udin, Lani dan Beni berkunjung ke pasar. Beni ingin membeli sapu ijuk titipan ibunya. Hari itu, pasar terlihat rame. Mereka masuk ke bagian dalam dan mencari penjual sapu ijuk. Tak berapa lama,Udin menutup hidungnya. Ia tak kuat menahan bau menusuk yang datang dari sampah yang berantakan di pasar. Lani dan Beni juga ikut menutup hidung mereka. Untungnya, penjual ijuk segera terlihat. Mereka segera mendatangi dan membeli sapu ijuk.
“Beni, ayo kita segera pergi dari sini. Aku sudah tidak tahan dengan baunya.”bisik Udin.
“Iya, Udin. Ayo kita pergi!”sahut Beni.
“Mengapa baunya bisa seperti ini teman-teman?”tanya Lani.
“Sepertinya, keadaan ini karena banyak sekali sampah yang tidak dibuang di tempatnya, sehingga baunya busuk. Aku khawatir, pembeli bisa sakit”
“Wah, kalau seperti ini terus, bisa-bisa nanti terjadi banjir karena aliran air tidak lancar,”keluh Udin. “Apa yang harus kita lakukan, ya, teman-teman?”
“Salah satunya, kita harus membuang sampah pada tempatnya,”jawab Beni.Dalam hati, mereka tidak ingin hal seperti itu terjadi pada lingkungan pasar.
Hari itu, Lani, Beni dan Udin mendapat pengalaman berharga.


Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang terjadi di lingkungan pasar?

Jawaban :Lingkungan pasar sangat kotor dan berbau.

2. Mengapa pasar sangat bau?
Jawaban :Banyak sampah yang tidak dibuang pada tempatnya sehingga busuk dan menimbulkan bau.

3. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibatnya bagi lingkungan?
Jawaban :Lingkungan pasar menjadi kurang sehat karena kotor dan berbau tidak sedap.

4. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibat bagi orang-orang di pasar?
Jawaban :Dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan gangguan lingkungan terutama baunya yang tidak sedap.

5. Menurutmu, apakah Dayu, Beni dan Udin saat di pasar sudah terambil haknya? Jelaskan.
Jawaban :Ya mereka terganggu haknya untuk dapat menikmati keadaan pasar yang sehat dan bersih.

6. Hak apa yang tidak di dapat oleh Dayu, Beni, dan Udin ketika ke pasar?
Jawaban :Hak akan lingkungan yang sehat dan bersih.

7. Menurutmu, apakah orang-orang yang membuang sampah sembarang sudah mengambil hak orang lain? Jelaskan?
Jawaban :Ya, dengan membuang sampah secara sembarangan mengakibatkan hilangnya hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang bersih dan sehat.

8. Bagaimana sebaiknya membuang sampah di pasar?
Jawaban :Sebaiknya sampah di pasar dibuang pada tempat yang telah disediakan oleh pasar.

9. Bagaimana sikap dan cara positif dalam membuang sampah?
Jawaban :Sebaiknya kita membuang sampah pada tempatnya dan apabila kita melihat sampah berserakan segeralah membersihkanya.

 

Contoh Cara Menjaga Lingkungan

 



Ayo Berkreasi

Amatilah Montase berikut



Diskusikan dengan kelompokmu. 

1. Bagaimana teknik membuat montase? 

2. Apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat montase?

 

Hasil Diskusi

A. Pengertian Montase

Pengertian Montase, menurut kamus besar Bahasa Indonesia, yaitu komposisi gambar-gambar yang dihasilkan dari percampuran unsur dari beberapa sumber. Pada perkembangannya montase yang semula terbatas pada karya dua dimensi sekarang telah merambah kepada karya tiga dimensi. Karya montase ini juga kurang dikenal oleh kalangan umum, karena bentuk karyanya masih mempunyai kemiripan dengan seni lukis, seni kriya, seni patung. Sehingga jenis karya ini dianggap sebagai salah satu dari jenis karya tersebut.

Karya montase dihasilkan dari mengeposisikan beberapa gambar yang sudah jadi dengan gambar yang sudah jadi lainnya. Gambar rumah dari majalah kemudian dipotong yang hanya diambil gambar rumahnya saja kemudian ditempelkan pada permukaan alas gambar. Ini merupakan salah satu contoh sederhana dari karya montase.

Montase dua dimensi dianggap seperti karya lukisan karena materialnya terdiri dari gambar-gambar yang sudah jadi hanya karena dipotong-potong lalu dipadukan sehingga menjadi satu kesatuan karya ilustrasi. Montase disamping dibuat dua dimensi juga tiga dimensi, montase tiga dimensi berbentuk setting.

 

B. Fungsi Montase

Sedangkan fungsi dari Montase, sebagai berikut:

 

  1. Fungsi praktis yaitu fungsi pada benda sehari – hari, karya tersebut dapat digunakan sebagai bahan dekorasi.
  2. Fungsi edukatif yaitu dapat membantu mengembangkan daya pikir, daya serap, emosi, estetika, dan kreativitas
  3. Fungsi ekspresi yaitu dengan menggunakan berbagai bahan dan tekstur dapat membantu melejitkan ekspresi.
  4. Fungsi psikhologis, yaitu dengan menuangkan ide, emosi yang menimbulkan rasa puas dan kesenangan sehingga dapat mengurangi beban psikhologis
  5. Fungsi sosial, yaitu dapat menyediakan lapangan pekerjaan dengan banyaknya karya yang dimiliki diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal kreativitas.

C. Cara Membuat Montase

 

1. Alat dan Bahan

Gambar dari majalah/koran/kalender bekas, atau reproduksi potret, gunting, cutter, lem. Untuk memberikan kesan gambar yang artistik dan fantastik, gambar montase ini bisa dilengkapi dengan goresan spidol warna, atau pulasan cat air pada bagian tertentu yang dianggap perlu.

 

2. Cara Membuat Montase

Potonglah gambar-gambar atau reproduksi potret dari majalah, poster, kalender atau lainnya mengikuti kontur gambar/potret tersebut. Gambar yang dipotong mungkin hanya bagian tertentu saja.

Susunlah hasil guntingan tadi berdasarkan kreasi masing-masing, pada kertas gambar yang sudah disediakan. Susunan gambar tadi akan menghasilkan suatu susunan bentuk yang baru, dan kadang-kadang aneh, lucu, dan fantastik. Penyusunannya menggunakan lem.

 

Karya montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru. Biasanya gambar diambil dari majalah atau koran bekas.

Cara Membuat Montase

1. Alat: gunting.
2. Bahan: majalah, koran, gambar-gambar yang akan dijadikan montase, kertas HVS atau karton, lem.
3. Langkah-langkah:

  • Potonglah gambar-gambar dari majalah yang akan dijadikan montase, misalkan badan dan kepala berbeda.
  • Guntinglah gambar tersebut yang dirasakan sudah cocok.
  • Tempelkan gambar pada buku gambar yang sudah disiapkan dengan menggunakan lem.
  • Lihat hasil montase yang dibuat





 

Ayo Berlatih

Dayu, Lani, Siti sudah selesai membuat montase. Mereka ingin membingkai montase buatannya. Setelah diukur, untuk satu montase membutuhkan 83,7cm kayu bingkai. 

Jawab:  3 x 84 = 252 cm

Hitunglah taksiran panjang seluruh kayu bingkai yang dibutuhkan. Apakah caramu sama dengan temanmu? Jelaskan.

Untuk melakukan perkalian desimal kita dapat menggunakan beberapa cara, diantaranya:


Bagaimana dengan taksiran operasi pembagian. Diskusikan dengan kelompokmu. 

Hasil penaksiran 3,4 : 0,6 adalah

Perhatikan bilangan pada operasi 3,4 : 0,6. Ingatlah bahwa 36 habis dibagi 6. Jadi penaksirannya 3,6 : 0,6 hasilnya 6.

Latihan

1. Hitunglah hasil penaksiran berikut. 

a. 31,5 x 2,3 
b. 23,6 x 4,7 
c. 12,6 x 8,6 
d. 345,3 : 5 
e. 41,7 : 4 
f. 35,3 : 6

 

Jawaban:
31,5 x 2,3 = 31,5 x 2 = 63
23,6 x 4,7 = 24 x 5 = 120
12,6 x 8,6 = 13 x 9 = 117
345,3 : 5 = 345 : 5 = 69
41,7 : 4 = 40 : 4 = 10
35,3 : 6 = 36 : 6 = 6

 

2. Dayu mempunyai tali panjangnya 100 cm. Ia akan memotong tali sepanjang 9, 6 cm. Taksirlah banyaknya potongan yang bisa dihasilkan. 

Jawaban: 100 : 10 = 10 cm

3. Adik mempunyai pita yang panjangnya 11,6 cm. Adik ingin membaginya menjadi 4 potong sama panjang. Taksirlah panjang setiap potongan. 

Jawaban: 12 : 4 = 3 cm

4. Harga satu kambing 1, 7 juta. Taksirkan harga 5 ekor kambing. 

Jawaban: 2 x 5 = 10 juta

5. Harga satu meter kain adalah 1,2 ratus ribu. Tasirkan harga 1,75 cm kain. 

Jawaban: 100.000 x 2 = 200.000

6. Buatlah dua soal cerita dan selesaikan sendiri soal cerita buatanmu.

 



 


0 komentar:

Posting Komentar