Rangkuman Materi Tema 3 Kelas 4 SD
Subtema 3 Ayo Cinta Lingkungan
Pembelajaran 2
Ayo Membaca
Pergi ke Pasar
Pulang sekolah, Udin, Lani dan Beni berkunjung ke pasar. Beni ingin membeli
sapu ijuk titipan ibunya. Hari itu, pasar terlihat rame. Mereka masuk ke bagian
dalam dan mencari penjual sapu ijuk. Tak berapa lama,Udin menutup hidungnya. Ia
tak kuat menahan bau menusuk yang datang dari sampah yang berantakan di pasar.
Lani dan Beni juga ikut menutup hidung mereka. Untungnya, penjual ijuk segera
terlihat. Mereka segera mendatangi dan membeli sapu ijuk.
“Beni, ayo kita segera pergi dari sini. Aku sudah tidak tahan dengan
baunya.”bisik Udin.
“Iya, Udin. Ayo kita pergi!”sahut Beni.
“Mengapa baunya bisa seperti ini teman-teman?”tanya Lani.
“Sepertinya, keadaan ini karena banyak sekali sampah yang tidak dibuang di
tempatnya, sehingga baunya busuk. Aku khawatir, pembeli bisa sakit”
“Wah, kalau seperti ini terus, bisa-bisa nanti terjadi banjir karena aliran air
tidak lancar,”keluh Udin. “Apa yang harus kita lakukan, ya, teman-teman?”
“Salah satunya, kita harus membuang sampah pada tempatnya,”jawab Beni.Dalam
hati, mereka tidak ingin hal seperti itu terjadi pada lingkungan pasar.
Hari itu, Lani, Beni dan Udin mendapat pengalaman berharga.
Berdasarkan teks
di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang terjadi di lingkungan pasar?
Jawaban :Lingkungan pasar sangat kotor dan berbau.
2. Mengapa pasar sangat bau?
Jawaban :Banyak sampah
yang tidak dibuang pada tempatnya sehingga busuk dan menimbulkan bau.
3. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibatnya bagi lingkungan?
Jawaban :Lingkungan
pasar menjadi kurang sehat karena kotor dan berbau tidak sedap.
4. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibat bagi orang-orang di pasar?
Jawaban :Dapat
mengakibatkan gangguan kesehatan dan gangguan lingkungan terutama baunya yang
tidak sedap.
5. Menurutmu, apakah Dayu, Beni dan Udin saat di pasar sudah terambil
haknya? Jelaskan.
Jawaban :Ya mereka
terganggu haknya untuk dapat menikmati keadaan pasar yang sehat dan bersih.
6. Hak apa yang tidak di dapat oleh Dayu, Beni, dan Udin ketika ke pasar?
Jawaban :Hak akan
lingkungan yang sehat dan bersih.
7. Menurutmu, apakah orang-orang yang membuang sampah sembarang sudah
mengambil hak orang lain? Jelaskan?
Jawaban :Ya, dengan
membuang sampah secara sembarangan mengakibatkan hilangnya hak orang lain untuk
menikmati lingkungan yang bersih dan sehat.
8. Bagaimana sebaiknya membuang sampah di pasar?
Jawaban :Sebaiknya
sampah di pasar dibuang pada tempat yang telah disediakan oleh pasar.
9. Bagaimana sikap dan cara positif dalam membuang
sampah?
Jawaban :Sebaiknya kita
membuang sampah pada tempatnya dan apabila kita melihat sampah berserakan
segeralah membersihkanya.
Contoh Cara
Menjaga Lingkungan
Ayo Berkreasi
Amatilah Montase berikut
Diskusikan dengan
kelompokmu.
1. Bagaimana teknik membuat
montase?
2. Apa saja yang perlu
diperhatikan saat membuat montase?
Hasil Diskusi
A.
Pengertian Montase
Pengertian
Montase, menurut kamus besar Bahasa Indonesia, yaitu komposisi gambar-gambar
yang dihasilkan dari percampuran unsur dari beberapa sumber. Pada
perkembangannya montase yang semula terbatas pada karya dua dimensi sekarang
telah merambah kepada karya tiga dimensi. Karya montase ini juga kurang dikenal
oleh kalangan umum, karena bentuk karyanya masih mempunyai kemiripan dengan
seni lukis, seni kriya, seni patung. Sehingga jenis karya ini dianggap sebagai
salah satu dari jenis karya tersebut.
Karya
montase dihasilkan dari mengeposisikan beberapa gambar yang sudah jadi dengan
gambar yang sudah jadi lainnya. Gambar rumah dari majalah kemudian dipotong
yang hanya diambil gambar rumahnya saja kemudian ditempelkan pada permukaan
alas gambar. Ini merupakan salah satu contoh sederhana dari karya montase.
Montase
dua dimensi dianggap seperti karya lukisan karena materialnya terdiri dari
gambar-gambar yang sudah jadi hanya karena dipotong-potong lalu dipadukan
sehingga menjadi satu kesatuan karya ilustrasi. Montase disamping dibuat dua
dimensi juga tiga dimensi, montase tiga dimensi berbentuk setting.
B. Fungsi Montase
Sedangkan
fungsi dari Montase, sebagai berikut:
- Fungsi praktis yaitu
fungsi pada benda sehari – hari, karya tersebut dapat digunakan sebagai
bahan dekorasi.
- Fungsi edukatif yaitu
dapat membantu mengembangkan daya pikir, daya serap, emosi, estetika, dan
kreativitas
- Fungsi ekspresi yaitu
dengan menggunakan berbagai bahan dan tekstur dapat membantu melejitkan
ekspresi.
- Fungsi psikhologis, yaitu
dengan menuangkan ide, emosi yang menimbulkan rasa puas dan kesenangan
sehingga dapat mengurangi beban psikhologis
- Fungsi sosial, yaitu dapat
menyediakan lapangan pekerjaan dengan banyaknya karya yang dimiliki
diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal kreativitas.
C.
Cara Membuat Montase
1. Alat dan Bahan
Gambar
dari majalah/koran/kalender bekas, atau reproduksi potret, gunting, cutter,
lem. Untuk memberikan kesan gambar yang artistik dan fantastik, gambar montase
ini bisa dilengkapi dengan goresan spidol warna, atau pulasan cat air pada
bagian tertentu yang dianggap perlu.
2. Cara Membuat Montase
Potonglah
gambar-gambar atau reproduksi potret dari majalah, poster, kalender atau
lainnya mengikuti kontur gambar/potret tersebut. Gambar yang dipotong mungkin
hanya bagian tertentu saja.
Susunlah
hasil guntingan tadi berdasarkan kreasi masing-masing, pada kertas gambar yang
sudah disediakan. Susunan gambar tadi akan menghasilkan suatu susunan bentuk
yang baru, dan kadang-kadang aneh, lucu, dan fantastik. Penyusunannya
menggunakan lem.
Karya
montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi.
Gambar-gambar tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru. Biasanya
gambar diambil dari majalah atau koran bekas.
Cara Membuat Montase
1. Alat: gunting.
2. Bahan: majalah, koran, gambar-gambar yang akan dijadikan montase, kertas HVS
atau karton, lem.
3. Langkah-langkah:
- Potonglah gambar-gambar
dari majalah yang akan dijadikan montase, misalkan badan dan kepala
berbeda.
- Guntinglah gambar tersebut
yang dirasakan sudah cocok.
- Tempelkan gambar pada buku
gambar yang sudah disiapkan dengan menggunakan lem.
- Lihat hasil montase yang
dibuat
Ayo Berlatih
Dayu,
Lani, Siti sudah selesai membuat montase. Mereka ingin membingkai montase
buatannya. Setelah diukur, untuk satu montase membutuhkan 83,7cm kayu
bingkai.
Jawab: 3 x 84 = 252 cm
Hitunglah taksiran
panjang seluruh kayu bingkai yang dibutuhkan. Apakah caramu sama dengan
temanmu? Jelaskan.
Untuk melakukan
perkalian desimal kita dapat menggunakan beberapa cara, diantaranya:
Bagaimana
dengan taksiran operasi pembagian. Diskusikan dengan kelompokmu.
Hasil
penaksiran 3,4 : 0,6 adalah
Perhatikan
bilangan pada operasi 3,4 : 0,6. Ingatlah bahwa 36 habis dibagi 6. Jadi
penaksirannya 3,6 : 0,6 hasilnya 6.
Latihan
1. Hitunglah hasil
penaksiran berikut.
a.
31,5 x 2,3
b. 23,6 x 4,7
c. 12,6 x 8,6
d. 345,3 : 5
e. 41,7 : 4
f. 35,3 : 6
Jawaban:
31,5 x 2,3 = 31,5 x 2
= 63
23,6 x 4,7 = 24 x 5 = 120
12,6 x 8,6 = 13 x 9 = 117
345,3 : 5 = 345 : 5 = 69
41,7 : 4 = 40 : 4 = 10
35,3 : 6 = 36 : 6 = 6
2. Dayu mempunyai tali panjangnya 100
cm. Ia akan memotong tali sepanjang 9, 6 cm. Taksirlah banyaknya potongan yang
bisa dihasilkan.
Jawaban:
100 : 10 = 10 cm
3. Adik mempunyai pita yang panjangnya
11,6 cm. Adik ingin membaginya menjadi 4 potong sama panjang. Taksirlah panjang
setiap potongan.
Jawaban: 12
: 4 = 3 cm
4. Harga satu kambing 1, 7 juta.
Taksirkan harga 5 ekor kambing.
Jawaban: 2
x 5 = 10 juta
5. Harga satu meter kain adalah 1,2
ratus ribu. Tasirkan harga 1,75 cm kain.
Jawaban: 100.000
x 2 = 200.000
6. Buatlah dua soal cerita dan
selesaikan sendiri soal cerita buatanmu.
0 komentar:
Posting Komentar