Rangkuman Materi Tema 2 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 2
Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi
Jika lagu yang diberikan kepada siswa terlalu panjang dan kurang sesuai dengan usia siswa Sekolah Dasar maka penggunaan lagu tersebut dirasa kurang tepat dan sesuai dengan faktor psikologis anak.
Lagu anak-anak adalah lagu yang
khusus diciptakan oleh orang dewasa untuk anak-anak dan sesuai dengan
karakteristiknya. Karakteristik lagu
anak-anak diantaranya "Melodi mudah diingat dan cukup menarik untuk
dinyanyikan tanpa syair, lagu tersebut mendorong jawaban ritmis tertentu,
syairnya sesuai dengan skema ritmis dan alur melodi, melodi terletak pada
ambitus rata-rata" (Sudharsono, 1988:6).
Lagu merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan perkembangan kosakata
anak. Lagu karya Ibu Soed yang
berjudul Menanam Jagung
merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru dapat
meningkatkan kosakata anak. Bukan hanya anak dapat mengenal jagung sebagai menu
makan saja, tapi dapat menumbuhkan keinginan anak dalam menanam jagung. Pola
pengenalan seperti ini tepat apabila lagu tersebut dikenal kepada siswa tingkat
Sekolah Dasar. Melalui pengenalan tematik secara berkelanjutan maka siswa
mengalami penguatan karakter dalam dirinya
Berikut adalah urutan tinggi rendah nada
Semakin ke kanan nada akan semakin tinggi. Cobalah bersama gurumu. Pada teks lagu menanam jagung, tandailah
1. Nada tinggi
2. Nada rendah
b. Birama lagu adalah 4/4. Itu menunjukkan bahwa dalam satu birama terdapat 4 ketukan. Satu ketukan akan bernilai ¼
c. Tanda 2 2 menunjukkan bahwa kedua nada dalam satu ketukan. Masing-masing 1/8 ketukan.
Energi Air
Air merupakan salah satu sumber energi. Tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga membutuhkan air. Selain diminum air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.
Air juga bisa dimanfaatkan sebagi sumber energy listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.
Amatilah di sekitarmu. Tulislah sebanyak-banyaknya manfaat air bagi kamu. Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk:
- Keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum,
masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
- Keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan
dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan
lain-lainnya.
- Keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan
bangunan pembangkit tenaga listrik.
- Keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel,
restoran, dll.
- Keperluan pertanian dan peternakan
- Keperluan pelayaran dan lain sebagainya
Air sangat penting bagi kita. Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih.
Perhatikan gambar berikut
Diskusikan dengan temanmu.
1. Mengapa anak tersebut minum? Anak tersebut minum karena haus.
2. Mengapa anak tersebut mandi? Anak tersebut mandi agar tubuhnya bersih.
3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan? Mandi dan minum adalah kebutuhan manusia.
4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih? Ia tidak bisa minum dan mandi.
5. Apakah kita semua harus mendapatkan air bersih? Air merupakan sumber kehidupan yang tak bisa dipisahkan dengan manusia. Oleh karena air merupakan sumber kehidupan maka tentunya kita harus menggunakan air yang bersih dan sehat supaya kita tidak terserang penyakit karena mengkonsumsi air yang tidak sehat..
6. Apa yang dimaksud dengan hak? Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri.
7. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasanya.
- Hak atas
persamaan. Setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang
sama untuk tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai
dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan.
- Hak untuk
memiliki nama. Setiap anak berhak untuk mempunyai nama dan
tercatat dalam dokumen negara.
- Hak untuk
memiliki kewarganegaraan. Setiap
anak berhak untuk diakui kewarganegaraannya oleh suatu bangsa secara resmi
melalui penerbitan dokumen kewarganegaraan, meliputi akta kelahiran dan
kartu tanda penduduk.
- Hak atas
perlindungan. Setiap anak berhak dilindungi baik secara fisik,
psikis, spiritual, dan moral.
- Hak atas
makanan. Anak adalah cikal bakal masa depan suatu bangsa.
Maka, ia harus terpenuhi kebutuhan utamanya, yang dalam hal ini adalah
nutrisi.
- Hak atas
pendidikan. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang
layak. Pendidikan yang layak.
- Hak atas
kesehatan. Setiap anak berhak mendapatkan jaminan kesehatan
yang memadai. Jaminan kesehatan mencakup imunisasi dasar saat bayi,
makanan dengan gizi seimbang, akses ke Pos Layanan Terpadu (Posyandu)
setiap bulannya, imunisasi dasar di sekolah, pemeriksaan gigi setiap enam
bulan, termasuk juga pelayanan kesehatan reproduksi yang ramah remaja.
- Hak
bermain. Masa kanak-kanak identik dengan masa asyiknya
bermain. Bermain bagi anak merupakan bentuk pembelajaran juga. Pastikan
anak memiliki waktu bermain setiap harinya.
Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Untuk itu, setiap anggota
masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya dengan baik.
1. Apa dampak yang dilakukan dari gambar A? Dengan gotong royong pekerjaan menjadi cepat selesai.
2. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A? Pekerjaan akan membutuhkan waktu yang lebih lama
3. Apa dampak yang dilakukan dari gambar B? Dengan menghemat air bersih ketersediaan air bersih teap terjaga.
4. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B? Melakukan pemborosan air menyebabkan persediaan air bersih cepat habis.
5. Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B? Ya karena dengan gotong royong dan menghemat air bersih kehidupa dapat berjalan lebih baik
6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban? kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dan apabila tidak dilaksanakan akan mendapat sanksi.
7. Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.
- Kewajiban
menaati segala peraturan di lingkungan masyarakat masyarakat karena dengan menaati
peraturan kita akan jadi lebih disiplin,hidup menjadi tenteram dan
teratur
- Kewajiban
menjaga kebersihan karena
dengan lingkungan yang bersih kesehatan masyarakat terjaga.
- Kewajiban
menjaga keamanan karena dengan lingkungan yang aman hidup
tenteram dan damai
- Kewajiban
tolong menolong pada
setiap warga, dengan tolong menolong terjalin persatuan dan kesatuan
- Kewajiban
membayar pajak, karena dengan membayar pajak pembangunan dapat
dilaksanakan.
Perhatikan gambar berikut!
Pertanyaan |
Gambar 1 |
Gambar 2 |
Apakah dia sudah mendapatkan haknya dengan baik? |
Sudah |
Sudah |
Apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? |
Belum |
Sudah |
Apa yang sebaiknya dia lakukan? |
Sebaiknya menghemat air bersih |
Bekerja dengan ikhlas |
Air merupakan salah satu energi yang
paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih.
Kita wajib menghemat penggunaannya. Jadi apa perbedaan hak dan kewajiban.
Perbedaan kewajiban dan hak adalah kewajiban apabila tidak dilaksanakan akan
dikenakan sanksi, sedangkan hak apabila tidak digunakan tidak akan dikenakan
sanksi.
Siti ingin mengetahui penggunaan air bersih di rumah setiap minggunya. Berikut
adalah data yang siti temukan.
Nama Siswa |
Penggunaan
air bersih di rumah dalam satuan liter setiap minggu |
Siti |
273 |
Edo |
324 |
Lani |
363 |
Dayu |
262 |
Udin |
291 |
Hitunglah
Jumlah air yang digunakah oleh semua teman-teman siti. Lakukan penaksiran untuk mempercepat menghitungnya. Untuk melakukan
penaksiran kamu perlu memahami aturan pembulatan kepuluhan terdekat, ratusan
terdekat atau ribuan terdekat
Pembulatan ke
puluhan terdekat |
Pembulatan ke
ratusan terdekat |
Jika bilangan satuannya adalah (5, 6, 7, |
Jika bilangan puluhannya 50 sampai 99 |
Jika bilangan satuannya adalah (1, 2, 3, |
Jika bilangan puluhannya kurangdari 50 |
Contoh 543 sedikit lebihnya/mendekati |
Contoh 543 sedikit lebihnya/mendekati |
Taksirlah penjumlahan berikut ke puluhan
terdekat
123 + 267 = ….
Lakukan pembulatan bilangan dahulu.
123 mendekati 120
267 mendekati 270
Hasilnya 120 + 260 = 380
Jadi hasil penaksirannya adalah 380
Nama Siswa |
Penggunaan
air bersih di rumah dalam satuan liter setiap minggu |
Siti |
273 =
mendekati 270 |
Edo |
324 =
mendekati 320 |
Lani |
363 =
mendekati 360 |
Dayu |
262 =
mendekati 260 |
Udin |
291 =
mendekati 290 |
Perhatikan Tabel berikut.
Penaksiran |
Cara
melakukan penaksiran |
Puluhan |
jika bilangan satuan kurang dari 5, maka dibulatkan
kebawah |
Ratusan |
jika bilangan puluhan kurang dari 50, maka
dibulatkan kebawah |
Ribuan |
jika bilangan ratusan kurang dari 500, maka
dibulatkan kebawah |
Puluhan ribu |
jika bilangan ribuan kurang dari 5000, maka
dibulatkan kebawah |
Ratusan ribu |
jika bilangan puluhan ribu kurang dari 50.000, maka
dibulatkan kebawah |
Jutaan |
jika bilangan ratusananribu kurang dari 500.000,
maka dibulatkan kebawah |
Isilah Tabel berikut.
Bilangan |
penaksiran |
Cara
melakukan penaksiran |
Hasil |
45 |
Puluhan |
dibulatkan ke puluhan terdekat |
50 |
477 |
Ratusan |
dibulatkan ke ratusan terdekat |
500 |
4.567 |
Ribuan |
dibulatkan ke ribuan terdekat |
5.000 |
23.458 |
Puluhan ribu |
dibulatkan ke puluhan ribu terdekat |
23.000 |
236.679 |
Ratusan ribu |
dibulatkan ke ratusan terdekat |
200.000 |
2.345.678 |
Jutaan |
dibulatkan ke jutaan terdekat |
2.000.000 |
Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.
Nama Siswa |
Penggunaan
air bersih di rumah |
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo |
273 + 324 = 270 + 320 = 590 |
Jumlah air yang digunakan di rumah Lani, Dayu dan
Udin |
363+262+291=360+260+290=910 |
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo |
262+324 = 260+320=580 |
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani, |
273+324+363+262+291=270+320+360+260+290=1.500 |
Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu |
273 - 262 = 270 - 260 =10 |
Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani |
363 -262 = 360 - 260 = 100 |
Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo |
324 - 291 = 320 - 290 = 30 |
0 komentar:
Posting Komentar