RINGKASAN MATERI KELAS 4 TEMA 4 SUBTEMA 1-3
BERBAGAI PEKERJAAN
Muatan
PPKn KD 3.1
1. Pedoman bangsa
Indonesia dikenal dengan istilah dasar negara yaitu Pancasila.
2. Sila-sila
Pancasila dengan simbolnya
Sila ke |
Bunyi Sila |
Simbol |
1 |
Ketuhanan
yang Maha Esa |
Bintang |
2 |
Kemanusiaan
yang adil dan beradap |
Rantai |
3 |
Persatuan
Indonesia |
Pohon beringin |
4 |
Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan |
Kepala Banteng |
5 |
Keadilan
sosial bagi Indonesia |
Padi dan Kapas |
3.
Sila Pertama Pancasila
a.
Makna lambang sila
pertama
1) Bintang
diartikan cahaya kerohanian
2) Warna
hitam diartikan sebagai warna alam yang menunjuk pada Tuhan
b. Contoh
penerapan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari:
1)
Memeluk salah satu
agama yang diyakini kebenarannya.
2)
Tidak memaksakan agama
kepada orang lain.
3)
Menghormati orang yang
sedang beribadah
4) Melestarikan
lingkungan alam sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
c. Nilai
yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah Kepercayaan dan
ketakwaan kepada Tuhan.
4. Sila
kedua Pancasila
a.
Makna Lambang Sila
kedua
Mata rantai berbentuk segi empat
melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan
perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia
satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga
menjadi kuat seperti rantai.
b. Pengamalan
sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.
1) Di
lingkungan keluarga
a) Saling
menyayangi antar anggota keluarga
b) Saling
membantu pekerjaan rumah
c) Menghormati
kedua orangtua kita
2) Di
lingkungan sekolah
a)
Hormat kepada Ibu/Bapak
Guru
b)
Saling menyayangi
sesama teman
c)
Saling tolong-menolong
antar teman
d)
Bersikap sopan santun
3) Di
lingkungan masyarakat
a)
Memberikan bantuan
kepada tetangga
b)
Menjenguk tetangga yang
sakit
c)
Melayat tetangga yang
meninggal
c.
Nilai yang terkandung
dalam sila kedua Pancasila: kemanusiaan, persamaan harkat dan martabat manusia
5.
Sila Ketiga Pancasila
a. Makna
lambang atau simbol sila ketiga itu yaitu pohon beringin, sulur akar pohon
beringin melambangkan suku yang ada di Indonesia, yang bernaung dalam satu
pohon yang melambangkan Negara Indonesia.
b. Nilai
yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila yaitu persatuan, gotong royong,
cinta tanah air.
c. Berikut
contoh penerapan nilai-nilai sila ketiga Pancasila.
1)
Mencintai produksi
dalam negeri.
2)
Menghargai budaya
daerah lain.
3)
Menggunakan bahasa
Indonesia dengan baik dan benar.
4)
Memajukan daerah demi
meningkatkan budaya nasional
d.
Beberapa contoh sikap
jujur dalam kehidupan sehari hari
1)
Mengakui kesalahan
kapada ayah dan ibu
2)
Menceritakan masalah
yang dihadapi kepada Bapak/Ibu Guru.
3)
Bertanya tentang materi
yang belum dipahami kepada Bapak/Ibu Guru.
4)
Mengerjakan soal
ulangan dengan kemampuan sendiri atau tidak mencontek.
5)
Tidak mengambil barang
milik orang lain.
6)
Tidak berlaku curang
dan sportif dalam bermain.
Muatan
Bahasa Indonesia 3.5
1.
Penyampain informasi
berdasarkan bacaan dapat ditulis dalam beberapa bentuk seperti diagram venn, diagram
kolom, dan diagram frayer.
2.
Membuat diagram venn
3. Membuat
diagram venn tentang nelayan tradisonal dan nelayan modern
4.
Menceritakan proses
pembuatan pensil berdasarkan bacaan dalam diagram kolom
Bacalah teks dengan membaca senyap!
Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis
dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam.
Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah patah. Seiring perkembangan
zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari grafit dan tanah
liat. Proses pencampuran ini dibalut oleh media kertas atau kayu. Cara
membuat pensil saat ini adalah dengan menghancurkan grafit dan tanah liat
menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu,
pensil ini dibentuk panjang dan tipis serta dibungkus kayu. Kayu yang telah
ditebang untuk pembuatan pensil berasal dari pohon. Agar terjaga
kelestariannya, pohon yang ditebang harus diganti dengan menanam kembali bibit
baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita harus menghemat penggunaan pensil
sebagai salah satu cara menghargai lingkungan.
Sebelum
menulis dalam bentuk kolom carilah kata-kata kunci pada bacaan di atas,
kemudian tulislah dalam bentuk kolom seperti di bawah ini!
5.
Diagram frayer adalah
diagram yang mempermudah penyampaian informasi.
6.
Membuat diagram frayer
berdasarkan untuk menentukan sikap baik dilingkungan sekitar!:
7.
Kejadian atau peristiwa
disebut alur. Kejadian tersebut merupakan rangkaian jalan cerita.
8.
Unsur penting dalam
sebuah alur adalah peristiwa, konflik, dan klimaks. Unsur tersebut akan membuat
cerita rekaan menjadi padu.
9.
Unsur cerita meliputi
intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik terdiri atas tokoh, latar,
konflik, alur, dan amanat. Unsur ekstrinsik terdiri atas bahasa dan gaya
bahasa.
10. Unsur
intrinsik yaitu :
a.
Tokoh adalah pelaku
dalam cerita yang mengalami peristiwa. Tokoh dibedakan menjadi tokoh utama
dan sampingan.
b.
Penokohan adalah pelaku
dan watak atau sifat tokoh dalam cerita. Watak dibagi menjadi dua yaitu
anatagonis dan protagonis.
c.
Latar adalah tempat
terjadinya peristiwa dalam cerita.
d.
Konflik adalah masalah
yang ada dalam cerita.
e.
Alur adalah jalinan
peristiwa dalam cerita.
f.
Amanat adalah pesan
yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.
11. Pendongeng
adalah orang yang menyampaikan dongeng kepada orang lain
12. Unsur
dongeng dapat ditulis dalam peta pikiran seperti contoh di bawah ini!
Muatan
IPA KD 3.8
1.
Tiga cara yang dapat
dilakukan sebagai upaya pelestarian SDA
a.
Penghematan, adalah
pemanfaatan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan.
b.
Perlindungan, adalah
upaya pelindungan SDA agar tetap lestari dan tidak mengalami kepunahan.
c.
Pemeliharaan, adalah
memelihara SDA yang ada agar lestari sehingga dapat digunakan hingga generasi
mendatang.
2.
Upaya menjaga
keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan
rumah sebagai berikut.
a.
Menghemat penggunaan
air
b.
Menghemat penggunaan
listrik
c.
Menghemat penggunaan
bahan bakar
d.
Menghemat kertas dan
mendaur ulang kertas bekas
e.
Menggurangi penggunaan
kantong plastik
f.
Mengurangi jumlah
produksi sampah
g.
Memisahkan sampah
sebelum di buang di tempat sampah
h.
Menggunakan bahan kimia
di rumah tangga seperlunya.
3.
Upaya menjaga
keseimbangan alam dan kelestarian SDA yang dapat dilaksanakan di lingkungan
masyarakat sebagai berikut :
a.
Melakukan penghijauan
di lingkungan sekitar.
b.
Melakukan reboisasi
hutan gundul.
c.
Melakukan reklamasi di
lokasi bekas tambang.
4.
Manfaat tananaman bakau
a.
Melindungi pantai dari
erosi dan abrasi.
b.
Menahan rembesan air
laut ke darat.
c.
Sebagai perangkap
zat-zat pencemar dan limbah industri.
d.
Menciptakan udara
pesisir yang bersih dan segar
e.
Menjadi habitat alami
berbagai biota darat dan laut
f.
Mengurangi dampak
bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang
5.
Cara merawat SDA yang
ada dilingkungan sekitar
a.
Sungai
Tidak
membuang sampah/limbah ke sungai dan menjaga kebersihan sungai
Tidak
mandi, buang air kecil/besar di sungai
Tidak
mencuci baju di sungai
Membuat
daerah resapan di pinggir sungai
Tidak
mendirikan bangunan di pinggir sungai
Mananam
bambu/tanaman keras dipinggir sungai untuk mencegah erosi
Tidak
melakukan penambangan pasir
b. Pantai
Tidak
membuang sampah/limbah di pantai
Membersihkan
pantai
Tidak
menangkap ikan dengan peledak
Menanami
tanaman bakau di pinggir pantai
Tidak
melakukan penambangan pasir
6.
Teknologi memberikan
manfaat besar mengelola SDA. Teknologi yang digunakan terdiri atas teknologi
sederhana dan teknologi modern.
7.
Penggunaan teknologi
juga menimbulkan dampak negatif. Misalnya pengambilan ikan tidak terkontrol
dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, encemaran dari tumpahan bahan bakar
kapal.
8.
Teknologi ramah
lingkungan adalah teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan
manusia, tetapi tidak meninmbulkan dapak negatif bagi lingkungan alam.
9.
Sikap yang mencerminkan
menghargai sumber daya alam :
No |
Contoh
Sikap |
Penjelasan |
1 |
Mengambil
nasi secukupnya |
Apabila
kita mengambil nasi berlebihan ketika makan, maka saat kenyang nasi tersebut terbuang
sia-sia. |
2 |
Memisahkan
sampah organik dan anorganik |
Sampah
organik dapat dijadikan pupuk dan sampah anorganik dapat didaur ulang
sehingga tidak mencemari lingkungan sumber daya alam |
3 |
Merawat
tanaman di lingkungan sekitar |
Menjaga
keseimbangan dan kelestarian tumbuhan |
4 |
Menghemat
pensil |
Menjaga
kelestarian granit, tanah liat, dan pohon |
5 |
Memanfaatkan
barang-barang bekas |
Dapat
mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran
yang berdampak buruk bagi kehidupan |
10. Sumber
Daya Alam Hutan
a.
Manfaat hutan
1)
Penghasil kayu
2)
Sumber makanan
3)
Sebagai paru-paru dunia
4)
Mencegah banjir dan
longsor
5)
Sumber air bersih
6)
Rumah bagi hewan
b. Dampak
hutan yang gundul
1)
Persediaan oksigen
menipis yang menyebabkan pemanasan global
2)
Persediaan air bersih
berkurang
3)
Sulit mencari sumber
makanan
4)
Rusaknya habitat hewan
5)
Tumbuhan dan hewan akan
punah
6)
Terjadi bencana longsor
dan banjir
c.
Cara melestarikan hutan
1)
Melakukan tebang pilih
2)
Reboisasi (penanaman
hutan yang gundul)
3)
Menetapkan hutan sebagai
taman nasional, cagar alam (tempat pelestarian tanaman langka)
4)
Melakukan penghematan
untuk penggunaan benda yang berasal kayu
11. Limbah
merupakan sisa/buangan yang dihasilkan baik dari proses produksi maupun
kegiatan rumah tangga. Limbah terbagi menjadi limbah padat dan limbah
cair. Limbah padat yaitu plastik, botol, kaleng, kain, kaca, dan potongan
kayu. Limbah cair yaitu air bekas cucian pakaian, air bekas mencuci beras,
dan limbah cair pabrik
12. Secara
umum penanganan sampah dilakukan dengan prinsip 5R yaitu reduce, reuse, recyle, replace, dan repair.
a.
Reduce
adalah mengurangi penggunaan barang-barang yang menghasilkan sampah.
b.
Reuse
adalah memakai kembali barang-barang yang telah digunakan.
c.
Recycle
adalah mendaur ulang kembali barang-barang yan telah digunakan.
d.
Replace
adalah mengganti barang sekali pakai dengan barang yang dapat dipakai
berkali-kali atau tahan lama.
e.
Repair
adalah memperbaiki barang-barang rusak agar dapat digunakan kembali.
13. Pemanfaatan
barang bekas :
No |
Barang Bekas |
Pemanfaatan |
SDA yang terbantu penghematannya |
1 |
Onderdil
sepeda dan sepeda motor |
robot-robotan |
biji
besi |
2 |
Botol
plastik |
kerajinan |
minyak
bumi sebagai sumber energi pabrik plastik |
3 |
perahu
yang rusak |
hiasan,
gantungan kunci, mainan |
kayu |
Muatan
IPS KD 3.3
1.
Pekerjaan merupakan
kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk
memenuhi kebutuhan hidup.
2.
Tujuan orang bekerja :
a.
Memenuhi kebutuhan
hidup sendiri dan keluarga
b.
Mendapat pengalaman
c.
Dapat berinterasksi
dengan orang lain
d.
Untuk mendapat
pengakuan atas kemampuannya
e.
Mengejar peningkatan
karir dan jabatan
f.
Mencari modal usaha
3.
Pekerja yang terlibat
dalam lingkungan sekolah :
No |
Jenis Pekerjaan |
Kegiatan/Tugas yang dilakukan |
1 |
Kepala
Sekolah |
Memimpin
sekolah |
2 |
Guru |
Mengajar |
3 |
Satpam |
Menjaga
keamanan |
4 |
TU |
Mengurus
administrasi sekolah |
5 |
Petugas
Pelaksana |
Membersihkan
sekolah dan merawat tanaman |
6 |
Pustakawan |
Mengelola
perpustakaan |
4. Kegiatan
ekonomi dan beberapa pekerja yang terlibat :
No |
Kegiatan Ekonomi |
Pekerja yang Terlibat |
1 |
Warung
makan |
Pelayan,
kasir, tukang masak (koki) |
2 |
Minimarket |
Pelayan,
kasir, petugas kebersihan, sales |
3 |
Penjual
roti |
Pelayan,
kasir, tukang masak (koki), petugas kebersihan |
4 |
Meubel |
Tukang,
kasir, pelayan, distributor, sales |
5 |
Pabrik |
Direktur,
manajer, pekerja bagian produksi, pekerja bagian distribusi, pekerja gudang,
petugas kebersihan, satpam |
5. Kegiatan
ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan nelayan :
Jenis
Kegiatan Ekonomi |
Jenis barang yang
dijualbelikan |
Jenis pekerjaan yang
terlibat pada kegiatan tersebut |
Hasil dari setiap
pekerjaan |
Nelayan menangkap ikan, Ikan di jual ke pengepul, pengepul
menjual ke pengecer ikan, ikan di jual oleh pengecer ke pembeli. |
Ikan |
Nelayan, Pedagang Ikan, Pengangkut
Barang/distibutor, koki |
1.
Nelayan menghasilkan
ikan (Barang) 2.
Pedagang ikan
memperoleh untung dari penjualan ikan (jasa) 3.
Tukang angkut barang
mendapat upah pengangkutan (jasa) 4.
Penjual ikan
memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya (jasa) 5.
Koki mengolah ikan
menjadi makanan dan mendapat jasa |
6.
Kegiatan ekonomi
No |
Jenis Kegiatan Ekonomi |
Lapangan Pekerjaan |
Hasil dari setiap pekerjaan |
Penyebaran Barang |
1 |
Jual
beli meubel |
pengusaha, tukang kayu, penjual, distributor,
sales, eksportir |
1. pengusaha
= keuntungan dari usaha yang dilakukan 2. tukang
kayu = upah 3. penjual
= keuntungan dari hasil penjualan meubel 4. distibutor=jasa
pengiriman barang 5. sales
= jasa penawaran barang 6. eksportir=keuntungan
dari penjualan ke luar negeri |
rumah makan, sekolah, perkantoran, ekspor,
konsumen, tempat ibadat, tempat wisata |
7.
Ada dua jenis
pekerjaan, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang serta pekerjaan yang
menghasilkan jasa
8.
Pekerjaan yang
menghasilkan barang misalnya :
No |
Pekerjaan |
Barang yang Dihasilkan |
1 |
Tukang
kayu |
Lemari,
kursi, kerajinan |
2 |
Penjahit |
Baju |
3 |
Arsitek |
Rumah |
4 |
Koki |
Makanan |
5 |
Nelayan |
Ikan |
6 |
Petani |
Bahan
Pangan |
9. Pekerjaan
yang menghasilkan jasa :
No |
Pekerjaan |
Barang yang Dihasilkan |
1 |
Supir |
Mengendarai
kendaraan |
2 |
Kurir |
Mengantar
barang |
3 |
Pengasuh |
Mengasuh
anak |
4 |
Montir |
Memperbaiki
kendaraan |
5 |
Guru |
Mengajar |
6 |
Dokter |
Mengobati
pasien |
10. Pekerjaan
yang memerlukan keahlian khusus disebut profesi.
11. Jenis
barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber daya alam yang
digunakan
No |
Pekerjaan |
Barang yang Dihasilkan |
Bahan Asal |
SDA yang Digunakan |
1 |
Meubel |
meja |
kayu |
pohon |
2 |
Peternak
sapi susu |
keju, susu kental manis, susu bubuk, susu cair |
sapi |
Sapi |
3 |
Penambang
batu |
batu koral |
batu |
batu |
4 |
Petani
jagung |
jagung |
buah jagung |
tanaman jagung |
5 |
nelayan |
ikan asap, ikan asin |
ikan |
laut dan ikan |
12. Kegiatan
ekonomi mencangkup tiga kegiatan berikut
a.
Kegiatan ekonomi
produksi. Pelaku kegiatan ekonomi disebut produsen
b.
Kegiatan ekonomi
distribusi. Pelaku ekonomi distribusi disebut distributor
c.
Kegiatan ekonomi
konsumsi. Pelaku ekonomi konsumsi disebut konsumen.
13. Kegiatan
ekonomi pengerajin kayu
Pohon di hutan ditebang
oleh penebang kayu, kemudia dikirim ke agen kayu untuk dibeli oleh pengerajin
kayu. Pengerajin kayu membuat meubel kemudian menyetor hasil meubel ke toko
meubel. Toko meubel menjual kepada konsumen. Pengerajin kayu juga dapat
mengirim langsung ke konsumen.
14. Kegiatan ekonomi pembuatan kain dan baju
a.
Teknologi yang
digunakan untuk memproses pembuatan kain dan bajuadalah alat pemintal kapas,
alat penenun, mesin jahit, mesin obras.
b.
Proses pembuatan kain
dan baju
Penanaman pohon kapas
oleh petani, pemanenan bunga kapas, pengiriman bunga kapas pada industri kain,
pemintalan kapas menjadi benang, penenunan benang menjadi kain,
penjualan kain oleh toko penjual kain kepada konsumen atau pengiriman kain
kepada industri konveksi, pembuatan baju, pengiriman baju ke toko penjual baju
atau langsung ke konsumen, toko penjual baju menjual baju kepada konsumen
Muatan
SBdP 3.1
1.
Menggambar bentuk
adalah kegiatan merekam bentuk diatas bidang datar (dua dimensi) melalui media
secara tepat.
2.
Objek gambar dapat
dikelompokkan menjadi dua, yaitu bentuk geometris dan non geometris.
3.
Bentuk geometris adalah
objek yang mempunyai bentuk beraturan, misalnya lemari, kursi, meja, dan
bangunan rumah.
4.
Bentuk nongeometris
adalah objek bentuk yang tidak beraturan, misalnya bongkahan batu, api, dan
sayur-sayuran.
5.
Prinsip dalam seni
rupa.
a.
Prespektif. Prespektif
merupakan prinsip penting dalam membentuk gambar. Gambar dengan hukum
prespektif berarti gambar yang dekat kelihatan besar atau sebaliknya.
b.
Proporsi, yang dimaksud
dengan prinsip proposi dalam menggambar bentuk adalah kesebandingan,
keseimbangan, atau kesesuaian bentuk dalam ukuran suatu benda antara bagian
yang lsatu dengan yang lain
c.
Komposisi, komposisi
dalam menggambar bentuk dapat diartikan susunan atau letak objek benda.
d.
Gelap terang, benda
akan terlihat jika terkena cahaya. Benda yang tidak terkena cahaya tampak
terang. Sebaliknya, bagian benda yang tidak terkena cahaya tampak gelap.
e.
Bayang-bayang, dalam
menggambar bentuk peranan bayang-bayang sangat menentukan untuk terciptanya
kesan tiga dimensi.
6.
Menggambar model
merupakan kegiatan menggambar yang diawali dengan menentukan objek yang akan
digambar. Objek gambar dapat berupa manusia atau tumbuh-tumbuhan.
7.
Hal yang perlu
diperhatikan dalam menggambar :
a.
Menggambar sesuai
dengan daya cipta masing-masing (ide orisinal).
b.
Menggambar sesuai
dengan tema yang disajikan.
c.
Menggambar bentuk
dengan kreatif.
d.
Mewarnai gambar dengan
memperhatikan komposisi warna dan kerapian.
e.
Cara menggunakan alat
dan bahan dengan sesuai.
8.
Dalam membuat narasi
berdasarkan gambar, perlu dicermati maksud dari gambar, agar narasi yang dibuat
sesuai dengan maksud gambar, sehingga penikmat gambar dapat memahami maksud
dari gambar.
makasih
BalasHapus