RANGKUMAN TEMA 5
SUBTEMA 2 PAHLAWANKU
KEBANGGAANKU
PEMBELAJARAN 2
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut
Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan
Gusnadi
Wiyoga berumur 15 tahun. Ia berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di
Dusun Waringin, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Ayahnya adalah seorang tukang
sol sepatu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Kondisi perekonomian
orang tua Gusnadi yang kekurangan tidak membuatnya patah semangat untuk
berprestasi.
Yoga
panggilan akrabnya, berhasil meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN)
2011 di Manado. Hasil ini mengantarkan Yoga mewakili Indonesia di International
Competitions and Assessment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011.
Pada kompetisi ini Yoga mendapatkan medali perak. Kesederhanaan tidak menjadi
hambatan baginya untuk berprestasi. Sejak kecil, Yoga terbiasa belajar mandiri,
tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia tekun
mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah.
Bagaimana
memulai semuanya? Semua itu berawal ketika ia duduk di kelas VI SD. Saat itu,
ia dikirim ke Hong Kong (2007) untuk mengikuti lomba Matematika mewakili
Indonesia. Dalam perlombaan itu, ia tidak menang. Namun, hal ini menjadi pemicu
bagi Yoga untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan prestasinya,
Yoga berhasil membuktikan bahwa semangat dan kerja keras bisa mengalahkan
keterbatasan. Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha.
Berdasarkan teks di
atas jawablah pertanyaan berikut.
Apa prestasi yang
Gusnadi Wiyoga?
prestasi
yang Gusnadi Wiyoga yaitu ;
Menyabet
silver prize team competition award dan bronze individual
competition award dalam ajang Mathematics Competition atau IMC pada tahun 2008
di Chiangmai, Thailand.
Medali
emas dalam ajang Olimpiade Sains Nasional tahun 2009 dalam
bidang matematika yang dilaksanakan di Jakarta.
Mendapat
perunggu di IMC tahun 2010 yang dilaksanakan di Korea Selatan.
Medali
perak dalam ajang OSN tahun 2011 di Manado dalam bidang
matematika.
Mendapat
medali perak dalam mewakili Indonesia di International Competition
Assessment For School (ICAAS).
Apa usaha yang Yoga
lakukan untuk meraih prestasi itu?
Usaha
yang dilakukan Yoga untuk meraih prestasi adalah dengan giat belajar dan
mengembangkan diri.
Sikap-sikap baik apa
yang dimiliki oleh Yoga? Jelaskan jawabanmu!
Sikap-sikap
baik yang dimiliki oleh Yoga adalah
Mandiri
Mau
bekerja keras
Giat
belajar dan mengembangkan diri
Apakah sikap Yoga
tersebut mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabanmu!
Ya,
Mencerminkan sila Kelima Pancasila karena Yoga memiliki sikap mau bekerja
keras dalam belajar dan mengembangkan diri.
Salah
satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Sikap itu sesuai
dengan
sila kelima. Ayo kita pelajari lebih lanjut.
Sila
kelima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Sila
ini bermakna sebagai berikut.
• Adil,
bukan harus sama.
•
Mau bekerja keras.
•
Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain.
•
Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain.
Lambang
sila kelima adalah berikut.
Amati simbol di atas.
Jelaskan arti dari simbol tersebut!
Salah
satu simbol Pancasila adalah PADI DAN KAPAS. Adapun arti dari simbol padi dan
kapas ini adalah sebagai kebutuhan pokok bagi semua warga Indonesia tanpa ada
perbedaan. Padi dan kapas ini sejalan dengan nilai yang dikandung pada sila
kelima Pancasila yakni NILAI KEADILAN, seperti halnya kebutuhan pokok yang
dibutuhkan dan harus diberikan pada semua orang secara adil merata agar
sejahtera.
Apa hubungan simbol
dengan maknanya?
Hubungan
simbol sama makna ya ada era kaitkan Yaitu simbol sembagai jiwa dan raga kamu
misal ya simbol pahlawan itu ada makna ya supaya kamu tau kapan dan dimana
simbol pahlawan itu berasal iya kan.
Ayo Berdiskusi
Bacalah
cerita berikut dan diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaannya bersama
kelompokmu!
Apakah Edo sudah
membagi pekerjaan secara adil? Jelaskan jawabanmu!
Edo
bersikap adil dengan membagi pekerjaan ke seluruh anggota kelompok.
Apakah sikap Edo dan
temantemannya mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabamu!
Sikap
Edo dan teman-temannya mencerminkan sila kelima karena bekerja kelompok dengan
pembagian tugas yang adil.
Apa yang akan terjadi
jika pada saat kerja kelompok, tugas tidak dibagi secara adil?
akan terjadi perpecahan / saling bertengkar sesama teman.
Sikap apa lagi yang
sesuai dengan sila kelima pancasila? Cari dan diskusikan dengan temanmu!
Sikap |
Alasan |
Menjunjung
tinggi semangat kekeluargaan dan gotong royong. |
ya karena sila kelima isinya tntang keadilan yang
dimiliki masyarakat indonesia:) |
Peduli
terhadap penderitaan yang dialami orang lain. |
|
Tidak
melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan pihak umum. |
|
Suka
melakukan perbuatan dalam rangka mewujudkan kemajuan dan keadilan sosial. |
|
Mengembangkan
perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana
kekeluargaan dan kegotongroyongan. |
|
Menjaga
keseimbangan antara hak dan kewajiban. |
|
Menghormati
hak-hak orang lain. |
|
Suka
memberi pertolongan kepada orang lain. |
|
Tidak
bersifat boros, dan suka bekerja keras. |
|
Tidak
bergaya hidup mewah. |
|
Bersama-sama
berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. |
|
Mengakui
kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain. |
|
Menganggap
bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain |
|
Menghargai
orang lain |
|
Bersikap
adil |
|
Tidak
membeda-bedakan antar suku, agama, ras dan kebudayaan. |
Ayo Bernyanyi
Sekarang,
saatnya kamu berlatih dengan teman-temanmu untuk menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan
tempo sedang. Tambahkan tepuk tangan atau ketukan untuk mengiringi kamu
bernyanyi. Bernyanyilah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu.
Apakah saat kamu
bernyanyi tinggi rendah nada sudah sesuai? Apakah tempo sudah sesuai? atau
ketukan? Minta temanmu menuliskan pendapatnya di kolom berikut!
jawaban menyesuaikan dengan pendapat masing-masing siswa.
Selain
mempunyai semangat yang kuat untuk mencapai kemerdekaan, para pahlawan juga
mempunyai rasa kebersamaan sebagai bangsa Indonesia. Mereka bersama-sama
melawan penjajah. Amatilah barisan para pejuang berikut!
Temukan garis sejajar
dan berpotongan pada gambar di atas.
Apa ciri-ciri dari
garis berpotongan?
Dua
buah garis dikatakan sejajar apabila kedua garis
tersebut terletak pada satu bidang datar yang tidak akan berpotongan meskipun
diperpanjang tanpa batas.
Dua buah garis dikatakan berpotongan apabila garis tersebut terletak
pada satu bidang datar dan kedua garis tersebut berpotongan disalah satu
titiknya.
Mari kita lakukan
percobaan berikut.
Percobaan 1
Ambillah
satu lembar kertas.
Lipat
kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar.
Hasil
lipatan, dilipat lagi menjadi dua bagian sama besar. Tebalkan garis yang
terbentuk pada lipatan dengan pensil.
Apakah kamu menemukan
garis? Garis apa yang kamu temukan?
Garis
yang berpotongan.
Apakah kamu menemukan
sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah besar sudut dengan busur.
Sudut
siku-siku (90 derajat).
Apakah besar setiap
sudut sama? Kamu harus membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke
sudut lainnya.
Besar
setiap sudut sama karena hasil lipatan membentuk 2 garis yang berpotongan tegak
lurus.
Apa yang dapat kamu
simpulkan dari percobaan ini?
Dua garis yang kamu
temukan tadi adalah garis berpotongan tegak lurus.
Bagaimana sudut yang
terbentuk dari perpotongan garis tegak lurus?
Dari
percobaan diatas dapat disimpulkan bahwa dua garis yang berpotongan tegak lurus
akan menghasilkan empat sudut yang sama besar yaitu sudut siku-siku (90
derajat).
Percobaan 2
Ambillah
satu lembar kertas.
Lipat
kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar.
Hasil
lipatan, dilipat lagi menjadi dua tetapi tidak sama besar.
Tebalkan
garis yang terbentuk pada lipatan dengan pensil dengan pensil.
Apakah kamu menemukan
garis? Garis apa yang kamu temukan?
Garis
berpotongan yang tidak tegak lurus.
Apakah kamu menemukan
sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah dengan busur! Sudut yang ditemukan adalah sudut siku-siku (90 derajat)
Apakah besar setiap
sudut sama? Cobalah membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke
sudut lainnya.
Apa yang bisa kamu
simpulkan?
Besar
setiap sudut sama.
Dua garis garis yang
kamu temukan tadi adalah garis perpotongan yang tidak tegak lurus. Bagaimana
sudut yang terbentuk dari perpotongan garis yang tidak tegak lurus?
Sudut
yang terbentuk dari dua garis yang berpotongan tidak tegak lurus akan
menghasilkan dua pasang sudut yang sama besar.
Dua
garis yang berpotongan tegak lurus akan menghasilkan empat sudut yang sama
besar yaitu 90°.
Dua
garis yang berpotongan tidak tegak lurus akan menghasilkan dua pasang sudut
yang sama besar
Ayo Berlatih
Temukan garis yang
berpotongan tegak lurus dan tidak tegak lurus pada gambar berikut. Identifikasi
sudut-sudut yang dihasilkan.
Garis sejajar
Dua buah garis dikatakan sejajar apabila kedua garis tersebut terletak pada satu bidang datar yang tidak akan berpotongan meskipun diperpanjang tanpa batas.
Garis Berpotongan
Dua buah garis diakatakan berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan kedua garis tersebut berpotongan di slah satu titiknya.
Garis Tegak lurus
Dua
buah garis dikatakan saling tegak lurus jika saling berpotongan membentuk sudut
90 derajat.
Ayo Renungkan
Hal-hal baik apa yang
kamu pelajari hari ini?
mempelajari
jenis garis dan bentuk sudutnya.
Hal-hal baik apa yang
bisa kamu contoh dari Yoga?
Sikap-sikap
baik yang dimiliki oleh Yoga adalah
Mandiri
Mau
bekerja keras
Giat
belajar dan mengembangkan diri
Kerjasama Dengan
Orangtua
Sampaikan kepada orang
tuamu tentang sikap Yoga. Mintalah pendapat mereka tentang hal-hal yang bisa
kamu contoh dari Yoga.
Menurut
mereka hal-hal yang bisa kamu contoh dari Yoga yaitu giat belajar dan
mengebangkan diri agar kelak menjadi orang sukses.
0 komentar:
Posting Komentar