Rudi,A.Ma.Pd

Minggu, 28 Maret 2021

Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2

RANGKUMAN TEMA 5

SUBTEMA 2 PAHLAWANKU KEBANGGAANKU

PEMBELAJARAN 2


Ayo Membaca

Bacalah teks berikut 

Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan

Gusnadi Wiyoga berumur 15 tahun. Ia berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di Dusun Waringin, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Ayahnya adalah seorang tukang sol sepatu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Kondisi perekonomian orang tua Gusnadi yang kekurangan tidak membuatnya patah semangat untuk berprestasi. 

 

Yoga panggilan akrabnya, berhasil meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado. Hasil ini mengantarkan Yoga mewakili Indonesia di International Competitions and Assessment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011. Pada kompetisi ini Yoga mendapatkan medali perak. Kesederhanaan tidak menjadi hambatan baginya untuk berprestasi. Sejak kecil, Yoga terbiasa belajar mandiri, tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah. 

 

Bagaimana memulai semuanya? Semua itu berawal ketika ia duduk di kelas VI SD. Saat itu, ia dikirim ke Hong Kong (2007) untuk mengikuti lomba Matematika mewakili Indonesia. Dalam perlombaan itu, ia tidak menang. Namun, hal ini menjadi pemicu bagi Yoga untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan prestasinya, Yoga berhasil membuktikan bahwa semangat dan kerja keras bisa mengalahkan keterbatasan. Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha.

 

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut. 

Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga? 

prestasi yang Gusnadi Wiyoga yaitu ;

Menyabet silver prize team competition award dan bronze individual competition award dalam ajang Mathematics Competition atau IMC pada tahun 2008 di Chiangmai, Thailand.

Medali emas dalam ajang Olimpiade Sains Nasional tahun 2009 dalam bidang matematika yang dilaksanakan di Jakarta.

Mendapat perunggu di IMC tahun 2010 yang dilaksanakan di Korea Selatan.

Medali perak dalam ajang OSN tahun 2011 di Manado dalam bidang matematika.

Mendapat medali perak dalam mewakili Indonesia di International Competition Assessment For School (ICAAS).

 

Apa usaha yang Yoga lakukan untuk meraih prestasi itu? 

Usaha yang dilakukan Yoga untuk meraih prestasi adalah dengan giat belajar dan mengembangkan diri.

 

Sikap-sikap baik apa yang dimiliki oleh Yoga? Jelaskan jawabanmu! 

Sikap-sikap baik yang dimiliki oleh Yoga adalah

Mandiri

Mau bekerja keras

Giat belajar dan mengembangkan diri


Apakah sikap Yoga tersebut mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabanmu!

Ya,  Mencerminkan sila Kelima Pancasila karena Yoga memiliki sikap mau bekerja keras dalam belajar dan mengembangkan diri.


Salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Sikap itu sesuai

dengan sila kelima. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Sila kelima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Sila ini bermakna sebagai berikut.

• Adil, bukan harus sama.

• Mau bekerja keras.

• Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain.

• Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain.

Lambang sila kelima adalah berikut.

Amati simbol di atas. Jelaskan arti dari simbol tersebut!

Salah satu simbol Pancasila adalah PADI DAN KAPAS. Adapun arti dari simbol padi dan kapas ini adalah sebagai kebutuhan pokok bagi semua warga Indonesia tanpa ada perbedaan. Padi dan kapas ini sejalan dengan nilai yang dikandung pada sila kelima Pancasila yakni NILAI KEADILAN, seperti halnya kebutuhan pokok yang dibutuhkan dan harus diberikan pada semua orang secara adil merata agar sejahtera.

 

Apa hubungan simbol dengan maknanya?

Hubungan simbol sama makna ya ada era kaitkan Yaitu simbol sembagai jiwa dan raga kamu misal ya simbol pahlawan itu ada makna ya supaya kamu tau kapan dan dimana simbol pahlawan itu berasal iya kan.

 

Ayo Berdiskusi

Bacalah cerita berikut dan diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaannya bersama kelompokmu! 

 

Apakah Edo sudah membagi pekerjaan secara adil? Jelaskan jawabanmu! 

Edo bersikap adil dengan membagi pekerjaan ke seluruh anggota kelompok.


Apakah sikap Edo dan temantemannya mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabamu! 

Sikap Edo dan teman-temannya mencerminkan sila kelima karena bekerja kelompok dengan pembagian tugas yang adil.


Apa yang akan terjadi jika pada saat kerja kelompok, tugas tidak dibagi secara adil? 

akan terjadi perpecahan / saling bertengkar sesama teman.

Sikap apa lagi yang sesuai dengan sila kelima pancasila? Cari dan diskusikan dengan temanmu!

Sikap

Alasan

Menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dan gotong royong.

ya karena sila kelima isinya tntang keadilan yang dimiliki masyarakat indonesia:)

Peduli terhadap penderitaan yang dialami orang lain.

Tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan pihak umum.

Suka melakukan perbuatan dalam rangka mewujudkan kemajuan dan keadilan sosial.

Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.

Menghormati hak-hak orang lain.

Suka memberi pertolongan kepada orang lain.

Tidak bersifat boros, dan suka bekerja keras.

Tidak bergaya hidup mewah.

Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain.

Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain

Menghargai orang lain

Bersikap adil

Tidak membeda-bedakan antar suku, agama, ras dan kebudayaan.

 

Ayo Bernyanyi

Sekarang, saatnya kamu berlatih dengan teman-temanmu untuk menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan tempo sedang. Tambahkan tepuk tangan atau ketukan untuk mengiringi kamu bernyanyi. Bernyanyilah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu.

Apakah saat kamu bernyanyi tinggi rendah nada sudah sesuai? Apakah tempo sudah sesuai? atau ketukan? Minta temanmu menuliskan pendapatnya di kolom berikut!

jawaban menyesuaikan dengan pendapat masing-masing siswa.

Selain mempunyai semangat yang kuat untuk mencapai kemerdekaan, para pahlawan juga mempunyai rasa kebersamaan sebagai bangsa Indonesia. Mereka bersama-sama melawan penjajah. Amatilah barisan para pejuang berikut!

Temukan garis sejajar dan berpotongan pada gambar di atas.

Apa ciri-ciri dari garis berpotongan?

Dua buah garis dikatakan sejajar apabila kedua garis tersebut terletak pada satu bidang datar yang tidak akan berpotongan meskipun diperpanjang tanpa batas.
Dua buah garis dikatakan berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan kedua garis tersebut berpotongan disalah satu titiknya.

Mari kita lakukan percobaan berikut.

Percobaan 1


Ambillah satu lembar kertas.

Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar.

Hasil lipatan, dilipat lagi menjadi dua bagian sama besar. Tebalkan garis yang terbentuk pada lipatan dengan pensil.

 

Apakah kamu menemukan garis? Garis apa yang kamu temukan?

Garis yang berpotongan.

 

Apakah kamu menemukan sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah besar sudut dengan busur.

Sudut siku-siku (90 derajat).

 

Apakah besar setiap sudut sama? Kamu harus membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya.

Besar setiap sudut sama karena hasil lipatan membentuk 2 garis yang berpotongan tegak lurus.

 

Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini?

Dua garis yang kamu temukan tadi adalah garis berpotongan tegak lurus.

Bagaimana sudut yang terbentuk dari perpotongan garis tegak lurus?

 

Dari percobaan diatas dapat disimpulkan bahwa dua garis yang berpotongan tegak lurus akan menghasilkan empat sudut yang sama besar yaitu sudut siku-siku (90 derajat).

 

 

Percobaan 2



Ambillah satu lembar kertas.

Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar.

Hasil lipatan, dilipat lagi menjadi dua tetapi tidak sama besar.

Tebalkan garis yang terbentuk pada lipatan dengan pensil dengan pensil.

 

Apakah kamu menemukan garis? Garis apa yang kamu temukan?

Garis berpotongan yang tidak tegak lurus.

 

Apakah kamu menemukan sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah dengan busur! Sudut yang ditemukan adalah sudut siku-siku (90 derajat)

Apakah besar setiap sudut sama? Cobalah membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya.

Apa yang bisa kamu simpulkan?

Besar setiap sudut sama.

 

 

Dua garis garis yang kamu temukan tadi adalah garis perpotongan yang tidak tegak lurus. Bagaimana sudut yang terbentuk dari perpotongan garis yang tidak tegak lurus?

Sudut yang terbentuk dari dua garis yang berpotongan tidak tegak lurus akan menghasilkan dua pasang sudut yang sama besar.

 

Dua garis yang berpotongan tegak lurus akan menghasilkan empat sudut yang sama besar yaitu 90°.

Dua garis yang berpotongan tidak tegak lurus akan menghasilkan dua pasang sudut yang sama besar

 

Ayo Berlatih

Temukan garis yang berpotongan tegak lurus dan tidak tegak lurus pada gambar berikut. Identifikasi sudut-sudut yang dihasilkan.

 



Garis sejajar

Dua buah garis dikatakan sejajar apabila kedua garis tersebut terletak pada satu bidang datar yang tidak akan berpotongan meskipun diperpanjang tanpa batas.

Garis Berpotongan

Dua buah garis diakatakan berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan kedua garis tersebut berpotongan di slah satu titiknya.

Garis Tegak lurus

Dua buah garis dikatakan saling tegak lurus jika saling berpotongan membentuk sudut 90 derajat.

 

Ayo Renungkan

Hal-hal baik apa yang kamu pelajari hari ini?

mempelajari jenis garis dan bentuk sudutnya.


Hal-hal baik apa yang bisa kamu contoh dari Yoga?

Sikap-sikap baik yang dimiliki oleh Yoga adalah

Mandiri

Mau bekerja keras

Giat belajar dan mengembangkan diri


Kerjasama Dengan Orangtua

Sampaikan kepada orang tuamu tentang sikap Yoga. Mintalah pendapat mereka tentang hal-hal yang bisa kamu contoh dari Yoga.

Menurut mereka hal-hal yang bisa kamu contoh dari Yoga yaitu giat belajar dan mengebangkan diri agar kelak menjadi orang sukses.

0 komentar:

Posting Komentar