RANGKUMAN TEMA 5
SUBTEMA 1 PERJUANGAN
PARA PAHLAWAN
PEMBELAJARAN 4
Ayo Mengamati
Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya
Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada
saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak
kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.
Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya m e n j a d i aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.
Diskusikan pertanyaan berikut.
Apa hasil dari
perjuangan Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya?
Hasil
dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap kerajaan Sriwijaya adalah perluasan
dan penguatan kekuasaan Sriwijaya, meski kehilangan Jawa kepada Rakai Pikatan,
serta pengembangan agama Buddha di Sriwijya seperti dicatat dalam Prasasti
Nalanda.
Jelaskan hal-hal yang
akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!
jika
Balaputradewa tidak memimpin Kerajaan Sriwijaya kemungkinan Sriwijaya tidak
akan mengalami jaman keemasaan dan berkembang pesat yang kekuasaan yang
meliputi hampir seluruh Sumatra, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan semenanjung
melayu.
Perjuangan apa yang
telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
Balaputradewa
berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur
pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman.
Berikan pendapatmu
apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan
Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu!
Ya,
karena berkat Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya berada pada masa kejayaan.
Sikap kepahlawanan apa
yang dimiliki oleh Balaputradewa?
Sikap
kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang
menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan
rakyatnya terjamin.
Balaputradewa berjuang membangun armada laut dan menjadikan Sriwijaya kerajaan yang makmur.
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan perjuangan
Balaputradewa, tulislah sikap-sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila.
Jelaskan pula alasanmu.
Sikap |
Alasan |
kepahlawanan
yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah
dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya
terjamin. |
Kebijakan
Balaputradewa adalah untuk memajukan perekonomian sehingga rakyat bisa hidup
makmur dan sejahtera. |
Raja
Balaputradewa memiliki sifat bijaksana sebagai seorang pemimpin. |
Ia
menggunakan akal dan pikirannya untuk bekerja memajukan bangsanya, bekerja
untuk kepentingan rakyat dengan bertanggung jawab. |
Bagaimana dengan
daerahmu? Apakah ada tokoh sejarah? Tulislah hal-hal baik yang bisa kamu contoh
dari tokoh tersebut!
Ki.
Hajar Dewantara (Yogyakarta)
Penjelasan:
membangkitkan
semangat pelajar di indonesia dengan semboyannya“Ing Ngarso Sun Tulodho Ing
Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani.”
Baik
terhadap orang lain
Pantang
menyerah
Rajin
Memiliki
semangat belajar tinggi
Mandiri
Bagaimana dengan kamu?
Apakah kamu kamu sudah mewujudkan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari?
Sikapku yang sudah
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah
Rajin
beribadah
Bersikap
adil kepada sesama teman baik dari keluarga yang mampu maupun keluarga yang
kurang mampu
Tidak
membeda bedakan teman
Tidak
mencela dan mengejek orang lain
Toleransi kepada orang yang berbeda keyakinan
Sikapku yang belum
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah
tidak menunaikan shalat, tidak sopan berperilaku, tidak suka bergotong royong, tidak suka bermusyawarah, membeda2 kan antara si miskin dan si kaya.
Rencana perbaikan yang
harus aku lakukan adalah:
Berusaha, kerja sama yang baik dan Atur waktu .
Salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih bertahan adalah candi Muara Takus.
Gambarlah 2 garis yang
kamu temukan. Berilah nama garis tersebut. Apakah kamu menemukan garis pada
gambar di atas? Jelaskan jawabanmu!
Garis Vertikal
dan horizontal
Apakah jenis garis
yang kamu lihat semua sama? Gambarlah garis yang kamu temukan!
Adakah garis yang
tidak bertemu? Adakah garis yang bertemu? Gambarlah garis yang kamu temukan!
garis
yang tidak ketemu disebut garis sejajar,kalau ketemu disebut garis berpotongan.
Apa itu garis sejajar
dan garis berpotongan? Amatilah percobaan berikut!
Gurumu akan membuat
ruang kelas menjadi gelap dan meminta empat temanmu untuk mempraktikkan hal-hal
berikut di depan kelas.
1. Siswa 1 dan siswa 2 berdiri bersebelahan menghadap ke arah yang sama, menyalakan senter dan mengarahkan sinar senter secara lurus.
2. Siswa 3 dan siswa 4 berdiri agak menyerong, menyalakan senter dan mengarahkan sinar senter secara lurus.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut
1. Berdasarkan
percobaan tersebut, mana garis yang berpotongan? Jelaskan jawabanmu!
Percobaan
yang menghasilkan garis yang berpotongan adalah percobaan 2, karena kedua siswa
tersebut berdiri agak menyerong, sehingga jika senter dinyalakan secara lurus,
maka akan ada sinar senter yang berpotongan/bertemu di satu titik.
2. Mana garis yang
sejajar? Jelaskan!
Percobaan
yang menghasilkan garis yang sejajar adalah percobaan 1, karena kedua siswa
tersebut berdiri menghadap arah yang sama, sehingga jika senter dinyalakan
secara lurus, maka sinar senter tersebut tidak akan pernah berpotongan.
3. Apa perbedaan
antara kedua garis?
Garis sejajar adalah 2 buah garis yang jika diteruskan tidak akan pernah bertemu. Selalu beriring-iringan.Sedangkan Garis berpotongan adalah 2 buah garis yang jika diteruskan akan saling bertemu di suatu titik.
Garis pada satu bidang (permukaan) yang tidak pernah berpotongan disebut garis sejajar/ paralel.
Dua buah garis dikatakan berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan kedua garis tersebut saling bertemu di salah satu titiknya.
Amatilah garis-garis
yang terbentuk!
Apakah kamu menemukan garis-garis
sejajar? Apakah kamu menemukan garis yang berpotongan? Tunjukkan kepada guru
dan temanmu.
Temukan contoh garis
sejajar dan garis berpotongan yang ada di sekitarmu. Gambarlah garisnya!
Garis
Sejajar |
Garis Berpotongan |
1. Rel kereta
api |
1. Roler
Coaster |
2. Zebra
cross |
2. Penyangga
kursi lipat |
3.
Garis-garis putih yang ada di jalan tol |
3. Jalan
persimpangan |
|
|
Ayo Berlatih
Buatlah garis sejajar.
Buatlah sebuah titik
di antara dua garis sejajar.
Buatlah sebanyak
mungkin garis dari titik yang kamu buat. Berilah nama pada garis yang kamu buat
(contoh: garis A, garis B, dan seterusnya).
Perhatikan gambar berikut. Temukan garis-garis berpotongan dan garis sejajar pada gambar tersebut.
Ayo Renungkan
Nilai-nilai kebaikan
apa yang dipelajari hari ini?
tidak boleh memaksa teman, sabar menghadapi masalah, giat belajar agar mendapat nilai baik, jadikan sebuah masalah sebagai pembelajaran agar menjadi lebih baik, suka membantu teman.
Apa yang bisa kamu
contoh dari Balaputradewa?
Sikap
yang bisa di contoh salah satunya: Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja
Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut
sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.
Kerjasama Dengan
Orangtua
Kamu sudah belajar
tentang Balaputradewa, sampaikan nilai-nilai kebaikan beliau kepada orang tua.
nilai-nilai kebaikan
Balaputradewa yaitu;
Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas.
Balaputradew menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas.
Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha.
Baplaputrdewa
menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang
singgah
0 komentar:
Posting Komentar