Rudi,A.Ma.Pd

Selasa, 16 Maret 2021

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4

RANGKUMAN TEMA 5

SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN

PEMBELAJARAN 4 

Ayo Mengamati

Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya 

Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya m e n j a d i aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Diskusikan pertanyaan berikut.

 

Apa hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya?

Hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap kerajaan Sriwijaya adalah perluasan dan penguatan kekuasaan Sriwijaya, meski kehilangan Jawa kepada Rakai Pikatan, serta pengembangan agama Buddha di Sriwijya seperti dicatat dalam Prasasti Nalanda.


Jelaskan hal-hal yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!

jika Balaputradewa tidak memimpin Kerajaan Sriwijaya kemungkinan Sriwijaya tidak akan mengalami jaman keemasaan dan berkembang pesat yang kekuasaan yang meliputi hampir seluruh Sumatra, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan semenanjung melayu.


Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman.


Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu!

Ya, karena berkat Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya berada pada masa kejayaan.


Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?

Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.


Balaputradewa berjuang membangun armada laut dan menjadikan Sriwijaya kerajaan yang makmur. 

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan perjuangan Balaputradewa, tulislah sikap-sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Jelaskan pula alasanmu.

Sikap

Alasan

kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.

Kebijakan Balaputradewa adalah untuk memajukan perekonomian sehingga rakyat bisa hidup makmur dan sejahtera.

Raja Balaputradewa memiliki sifat bijaksana sebagai seorang pemimpin.

Ia menggunakan akal dan pikirannya untuk bekerja memajukan bangsanya, bekerja untuk kepentingan rakyat dengan bertanggung jawab.


Bagaimana dengan daerahmu? Apakah ada tokoh sejarah? Tulislah hal-hal baik yang bisa kamu contoh dari tokoh tersebut!

Ki. Hajar Dewantara (Yogyakarta)

Penjelasan:

membangkitkan semangat pelajar di indonesia dengan semboyannya“Ing Ngarso Sun Tulodho Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani.”

Baik terhadap orang lain

Pantang menyerah

Rajin

Memiliki semangat belajar tinggi

Mandiri


Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu kamu sudah mewujudkan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

Sikapku yang sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah

Rajin beribadah

Bersikap adil kepada sesama teman baik dari keluarga yang mampu maupun keluarga yang kurang mampu

Tidak membeda bedakan teman

Tidak mencela dan mengejek orang lain

Toleransi kepada orang yang berbeda keyakinan

Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah

tidak menunaikan shalat, tidak sopan berperilaku, tidak suka bergotong royong, tidak suka bermusyawarah, membeda2 kan antara si miskin dan si kaya.

Rencana perbaikan yang harus aku lakukan adalah:

Berusaha, kerja sama yang baik dan Atur waktu .

Salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih bertahan adalah candi Muara Takus.


Gambarlah 2 garis yang kamu temukan. Berilah nama garis tersebut. Apakah kamu menemukan garis pada gambar di atas? Jelaskan jawabanmu!

Garis Vertikal dan horizontal

 

Apakah jenis garis yang kamu lihat semua sama? Gambarlah garis yang kamu temukan!

Adakah garis yang tidak bertemu? Adakah garis yang bertemu? Gambarlah garis yang kamu temukan!

garis yang tidak ketemu disebut garis sejajar,kalau ketemu disebut garis berpotongan.

 

Apa itu garis sejajar dan garis berpotongan? Amatilah percobaan berikut!

Gurumu akan membuat ruang kelas menjadi gelap dan meminta empat temanmu untuk mempraktikkan hal-hal berikut di depan kelas.

 

1. Siswa 1 dan siswa 2 berdiri bersebelahan menghadap ke arah yang sama, menyalakan senter dan mengarahkan sinar senter secara lurus.


2. Siswa 3 dan siswa 4 berdiri agak menyerong, menyalakan senter dan mengarahkan sinar senter secara lurus.


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut

1. Berdasarkan percobaan tersebut, mana garis yang berpotongan? Jelaskan jawabanmu!

Percobaan yang menghasilkan garis yang berpotongan adalah percobaan 2, karena kedua siswa tersebut berdiri agak menyerong, sehingga jika senter dinyalakan secara lurus, maka akan ada sinar senter yang berpotongan/bertemu di satu titik.


2. Mana garis yang sejajar? Jelaskan!

Percobaan yang menghasilkan garis yang sejajar adalah percobaan 1, karena kedua siswa tersebut berdiri menghadap arah yang sama, sehingga jika senter dinyalakan secara lurus, maka sinar senter tersebut tidak akan pernah berpotongan.


3. Apa perbedaan antara kedua garis?

Garis sejajar adalah 2 buah garis yang jika diteruskan tidak akan pernah bertemu. Selalu beriring-iringan.Sedangkan Garis berpotongan adalah 2 buah garis yang jika diteruskan akan saling bertemu di suatu titik.

Garis pada satu bidang (permukaan) yang tidak pernah berpotongan disebut garis sejajar/ paralel. 

 

Dua buah garis dikatakan berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan kedua garis tersebut saling bertemu di salah satu titiknya.


Amatilah garis-garis yang terbentuk! 

 

Apakah kamu menemukan garis-garis sejajar? Apakah kamu menemukan garis yang berpotongan? Tunjukkan kepada guru dan temanmu.


Temukan contoh garis sejajar dan garis berpotongan yang ada di sekitarmu. Gambarlah garisnya!

Garis Sejajar

Garis Berpotongan

1. Rel kereta api

1. Roler Coaster

2. Zebra cross

2. Penyangga kursi lipat

3. Garis-garis putih yang ada di jalan tol

3. Jalan persimpangan

 

 


Ayo Berlatih

Buatlah garis sejajar.

Buatlah sebuah titik di antara dua garis sejajar.

Buatlah sebanyak mungkin garis dari titik yang kamu buat. Berilah nama pada garis yang kamu buat (contoh: garis A, garis B, dan seterusnya).


 

Perhatikan gambar berikut. Temukan garis-garis berpotongan dan garis sejajar pada gambar tersebut.

 

Ayo Renungkan

Nilai-nilai kebaikan apa yang dipelajari hari ini?

tidak boleh memaksa teman, sabar menghadapi masalah, giat belajar agar mendapat nilai baik, jadikan sebuah masalah sebagai pembelajaran agar menjadi lebih baik, suka membantu teman.

Apa yang bisa kamu contoh dari Balaputradewa?

Sikap yang bisa di contoh salah satunya: Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.

 

Kerjasama Dengan Orangtua

Kamu sudah belajar tentang Balaputradewa, sampaikan nilai-nilai kebaikan beliau kepada orang tua.

nilai-nilai kebaikan Balaputradewa yaitu;

Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas.

Balaputradew menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas.

Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha.

Baplaputrdewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah

0 komentar:

Posting Komentar