Rudi,A.Ma.Pd

Minggu, 28 Maret 2021

Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 1

RANGKUMAN TEMA 5

SUBTEMA 2 PAHLAWANKU KEBANGGAANKU

PEMBELAJARAN 1

 

Ayo Membaca

Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin ialah raja dari Kerajaan Islam GowaTallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh Belanda, ia dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena kegigihan dan keberaniannya melawan Belanda. Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih. Ia berusaha menegakkan kedaulatan dan memperluas wilayah kerajaan. Ia berhadapan dengan Aru Palaka, Raja Bone yang dibantu oleh Belanda. 

Sultan Hasanuddin dikenal arif dan bijaksana. Beliau merasa sedih karena harus bertempur melawan keluarga sendiri. Arung Palakka La Tenri Tatta to Erung sudah seperti saudara kandung sendiri. Sultan Hasanuddin mempertimbangkan bahwa pertumpahan darah di kalangan orang Makassar dan Bugis harus segera dihentikan. Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di sekitar kerajaannya untuk melawan Belanda.

Karena perjuangan dan jasa-jasanya, nama Sultan Hasanuddin diabadikan sebagai nama jalan dan universitas di Makassar, Sulawesi Selatan. Pemerintah bahkan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Hasanuddin.

Setelah wafat, Sultan Hasanuddin dimakamkan di kompleks pemakaman raja-raja Gowa di Sulawesi Selatan.

Kompleks pemakaman raja-raja merupakan peninggalan sejarah yang perlu dijaga kelestariannya. Kompleks pemakaman ini pun dijadikan objek pembelajaran sejarah bagi bangsa Indonesia. 

Berdasarkan bacaan di atas, isilah tabel berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang
Sultan Hasannudin?

Apa yang ingin kamu ketahui lebih
lanjut tentang Sultan Hasannudin?

Beliau adalah pahlawan dan dia adalah
raja dari kerajaan Gowayang ada di sulawesi
selatan

Yang ingin saya ketahui dari Sultan
Hasanudin adalah perjuangan beliau
dalam melawan kesewenang-wenangan
Belanda

 

Diskusikanlah hasil pekerjaanmu dengan temanmu. Berdasarkan hasil diskusimu, informasi apa saja yang didapatkan tentang Sultan Hasanuddin?

Kamu juga dapat menambah informasi tentang Sultan Hasanuddin dengan bertanya kepada gurumu. Tulislah informasi lengkap tentang Sultan Hasanuddin berdasarkan informasi yang kamu peroleh dan sumber lain.

 

Sultan Hasanuddin adalah salah satu pahlawan Nasional, Ia merupakan raja ke-16 dari Kerajaan Gowa. Sultan Hasanuddin terkenal dengan keberaniannya alam melawan usaha monopoli VOC. 

salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Provinsi Gowa ini. Kita sebut Sultan Hasanuddin. 

Berikut beberapa biodatanya : 

Tanggal Lahir = 12 Januari 1631, Gowa 

Meninggal = 12 Juni 1670, Gowa 

Nama Asli =  I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape 

Sultan Hasanuddin memiliki julukan "Ayamn Jantan/Jago dari Timur" karena berani melawan Belanda yang di saat itu sedang melakukan perdagangan monopoli oleh VOC ( Belanda ). 

Di awal perjuangannya, Ia dan kerajaan Gowa menentang dengan sangat keras terkait hak monopoli. Mereka berpikir bahwa kekayaan bumi ini digunakan untuk bersama-sama, buka untuk dimonopoli. Oleh karena itu, Gowa berusaha sangat keras untuk melawan Belanda. 

Pertempuran mulai terjadi di mana-mana, termasuk Makassar. Tiada ampun, Gowa terus mencoba menyerang Belanda. Di pertempuran ini pun ada saja dilakukan perjanjian, namun selalu dikhianati oleh Belanda dan merugikan pihak Gowa. 

Hingga akhirnya pada tanggal 18 November 1667, mereka mengadakan perjanjian Bungaya dan Sultan Hasanuddin pun bersedia menandatangani karena keadaan yang sudah mendesak. Namun, perjanjian ini dilanggar oleh pihak Belanda yang merugikan pihak Gowa. 

Sehingga terjadi lagi perang pada 12 April 1668. Namun sayangnya, kerajaan Gowa mengalami kekalahan karena Belanda berhasil memasuki benteng terkuat dari Kerajaan Gowa.

 

Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan ‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang. Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan Belanda. Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Bagaimana cara kamu menghargai jasa para pahlawan? Jelaskan jawabanmu!

 

Kemerdekaan Indonesia ditebus oleh pengorbanan para pahlawan bangsa. Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk menghargai jasa para pahlawan dengan cara sebagai berikut:

1. dengan cara saling hormat menghormati antar etnis,suku,dan agama.

2. memupuk sikap cinta tanah air.

3. tidak melupakan jasa para pahlawan dengan cara mengingat kisah2 para pejuang dan contoh yg baik para pahlawan berjuang demi kemerdekaan indonesia

4. belajar dengan tekun.kita sebagai generasi penerus bangsa harus tekun belajar demi masa depan bangsa dan negara.karena perjuangan kita sekarang dengan menjadi generasi yg pintar agar tidak mudah dihasut.

 

Ayo Mencoba

Sepulang sekolah, Beni menceritakan kepada kakeknya kisah perjuangan Sultan Hasanuddin. Beni bertanya kepada kakeknya bagaimana cara orang zaman dulu berkomunikasi ketika berperang? 

Orang zaman dulu berkomunikasi ketika berperang menggunakan Lonceng biasanya digunakan di sekolah-sekolah atau pun di gereja Dan Merpati waktu itu digunakan sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan dengan orang yang keberadaannya cukup jauh. Alat komunikasi ini sangat berfungsi ketika masa perang terjadi.

Beni sangat tertarik dengan cerita kakek tentang penggunaan cahaya sebagai alat komunikasi. Kakek mencoba menggambarkan proses berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin. Arah berkas cahaya berkaitan dengan posisi cermin dan sumber cahaya.

Amati gambar  Amati pula gambar skema pantulan sinar matahari pada cermin datar Kamu akan mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin. 

Amati gambar terlebih dahulu. Buatlah sedikitnya tiga pertanyaan tentang cara berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin. 

Tuliskan di kertas terpisah. Tukarkan pertanyaan yang kamu buat secara berpasangan. 

Diskusikan jawaban atas pertanyaan tersebut! Sekarang saatnya kamu mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin secara berkelompok.

 

Percobaan 

Berkomunikasi Menggunakan Cahaya dan Cerimin 

Langkah-langkah Percoban 

Duduk bersama kelompokmu. 

Perlihatkan cerminmu kepada kelompokmu. 

Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya matahari. 

Diskusikan kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta artinya (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak tiga kali, itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah). 

Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah. 

Setiap anggota kelompok berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari. 

Pantulkan cahaya kepada tempat yang disepakati. 8. Buat laporan tentang sifat cahaya di akhir kegiatan.

Buatlah laporan dari percobaanmu.

LAPORAN KEGIATAN PERCOBAAN

Nama percobaan:

Percobaan Pemantulan Cahaya

Tujuan percobaan:

Membuktikan sifat cahaya dapat dipantulkan

Alat-alat yang dibutuhkan:

Cermin, alat tulis, buku.

Langkah kerja:

  1. Duduk bersama kelompokmu.
  2. Perlihatkan cerminmu kepada kelompokmu.
  3. Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya matahari.
  4. Diskusikan kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta artinya (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak 3 kali, itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah).
  5. Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah.
  6. Berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari.
  7. Pantulkan cahaya kepada tempat yang disepakati.

Kesimpulan

Dari hasil percobaan membuktikan bahwa salah satu sifat cahaya yaitu cahaya dapat dipantulkan dapat dibuktikan dengan kegiatan berkomunikasi menggunakan cahaya.

Sampaikan laporanmu kepada guru

Ayo Berdiskusi

Siti ingin mengetahui lebih lanjut tentang perjuangan raja-raja Nusantara.

Bersama Siti, amati gambar di bawah ini!

Berikut adalah raja pada masa pemerintahan kerajaan Islam.

 

 

Amati tokoh-tokoh tersebut. Apa yang kamu ketahui dan ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang peninggalan pemerintahan raja-raja tersebut?

Isilah tabel berikut.

Yang aku ketahui tentang
peninggalan Raja-Raja di masa Islam

Yang ingin aku ketahui lebih lanjut
tentang peninggalan Raja-Raja di
masa Islam

Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia antara
lain Masjid, kaligrafi, Keraton, Kesusastraan,
pesantren, dan tradisi

Perjuangan raja-raja Islam di Nusantara

Diskusikan tabel tersebut dengan temanmu. 

Cari informasi tentang perjuangan para raja dan peninggalan yang memengaruhi wilayah di sekitarmu dari buku-buku yang ada di perpustakaan, media elektronik, atau gurumu. Lengkapilah tabelmu! 

Tuliskan informasi yang telah kamu dapat di dalam kotak di bawah ini atau di kertas terpisah!

Contoh informasi perjuangan para raja 

Raja Sisingamangaraja XII.

Beliau merupakan seorang raja dari suku Batak yang berasal dari wilayah Sumatera Utara saat ini. Perjuangan beliau adalah melawan dan mengusir penjajah. Adapun peninggalan beliau yang berdampak pada masyarakat sekitar adalah aksara Batak.


Sultan Malik al Saleh

adalah pendiri dan raja pertama Kerajaan Samudra Pasai. Sebelum menjadi raja, dia bergelar Merah Sile atau Merah Selu. Sultan Malik al Saleh adalah putra Merah Gajah. Diceritakan Merah Selu mengembara dari satu tempat ke tempat lain. Akhirnya, dia berhasil diangkat menjadi raja di suatu daerah yaitu Samudra Pasai. Merah Selu masuk Islam berkat pertemuannya dengan Syekh Ismail seorang Syarif Mekah. Setelah masuk Islam, Merah Selu diberi gelar Sultan Malik al Saleh atau Sultan Malikus Saleh


Sultan Iskandar Muda

adalah raja dari Kerajaan Aceh Darussalam yang memerintah tahun 1607-1636. Pada masa pemerintahannya, Aceh Darussalam mencapai puncak kejayaan. Aceh Darussalam menjadi pusat perdagangan yang ramai. Sultan Iskandar Muda sangat menentang penjajahan. Ia menolah keinginan Belanda untuk memonopoli atau menguasai perdagangan di wilayah Kerajaan Aceh Darussalam.


Sultan Agung

adalah Raja Kerajaan Mataram Islam yang memerintah pada tahun 1631-1645. Sultan Agung dikenal sebagai seorang pemimpin yang menentang penjajah Belanda. Sultan Agung berusaha keras untuk mengusir VOC Belanda yang telah menduduki Batavia. Namun, penyerbuan ini mengalami kegagalan. Pada masa pemerintahan Sultan Agung, Mataram Islam mencapai punjak kejayaan.

 

Sultan Hasanuddin

Raja Kerajaan Makassar pada tahun 1653-1670. Dibawah kepemimpinannya, Makassar mengalami puncak kejayaan. Sultan Hasanuddin gigih menentang penjajah CVOC Belanda. Karena kegigihannya melawan monopoli perdagangan Belanda, Sultan Hasanuddin mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur. 

Raden Patah 

Raja di Kerajaan Demak pada tahun 1500-1518. Raden Patah merupakan keturunan Raja Brawijaya V dari Majapahit. Selama Raden Patah memimpin kerajaan, ia dibantu oleh seorang wali bernama Sunan Kalijaga. Pada masa pemerintahannya, dibangun sebuah mesjid yang sangat terkenal sampai sekarang. Masjid tersebut adalah Masjid Demak. Pada tahun 1518, Raden Patah wafat. Ia digantikan Pati Unus. 


Contoh Informasi peninggalan sejarah

a. Keraton atau istana

Keraton atau istana adalah bangunan luas yang digunakan sebagai tempat tinggal raja ataupun ratu yang sedang berkuasa.

Selain itu, keraton difungsikan untuk menjalankan berbagai urusan-urusan kerajaan. Keraton pada umumnya dikelilingi oleh tembok besar dan tinggi sebagai simbol “pemisah” antara rakyat biasa dengan Raja.


Contoh :

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Banten

Keraton Kacirebonan

 

b. Masjid

Umumnya, pembangunan masjid pada masa kerajaan Islam berada di alun-alun dekat dengan keraton.

Contoh :

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Kudus

Masjid Agung Yogyakarta

 

c. Makam dan batu nisan

Makam lengkap beserta dengan batu nisannya yang memiliki corak Islam banyak ditemukan di Indonesia merupakan bukti sejarah peninggalan kerajaan Islam.

Contoh :

Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon

Makam raja-raja Mataram di Imogiri

Kompleks makam Sultan Hasanuddin di Gowa

 

Batu nisan peninggalan kerajaan bercorak Islam biasanya ditandai dengan adanya tulisan Arab dengan desain kaligrafi.

Contoh :

Batu nisan makam dari Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik, Jawa Timur. Angka yang tertulis di batu nisan tahun 1082 M atau 475 H.

Batu nisan makam dari Sultan Malik al Saleh dari kerajaan Samudra Pasai. Angka yang tertulis di batu nisan tahun 1297 M atau 696 H.

Batu nisan makam dari Maulana Malik Ibrahim yang berada di Gresik, Jawa Timur. Angka yang tertulis di batu nisan tahun 1419 M atau 822 H.

 

d. Pesantren

Agama Islam memiliki pengaruh yang cukup bisa diperhitungkan dapat dibuktikan dengan berdirinya Pesantren atau sekolah berbasis agama.

Contoh :

Pesantren Ampel Denta di Surabaya

Pesantren Prabu Giri Satmaka di Gesik

 

e. Seni dan sastra

Ada cukup banyak peninggalan Islam di bidang sastra yang terkenal sampai sekarang, yaitu

Hikayat Panji Inu Kertapati,  

Hikayat Amir Hamzah,  

Hikayat Bayan Budiman,  

Hikayat Si Miskin,  

Hikayat Bahtiar,  

Hikayat Hang Tuah,  

Syair Abdul Muluk,  

Gurindam Dua Belas.

 

f. Perayaan keagamaan

Cukup banyak perayaan keagamaan peninggalan kerajaan Islam yang turun temurun dilestarikan sampai hari ini, yakni

Gerebek Besar

Gerebek Syawal

Gerebek Maulud

Perayaan Tabuik di Sumatera Barat

 

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?

Mempelajari sejarah raja raja nusantara dan peninggalannya.


Apa yang ingin kamu ketahui lagi dari materi hari ini ?

Sejarah kerajaan yang ada dinusantara.


Hal-hal baik apa yang bisa kamu contoh dari raja-raja pada masa Hindu, Buddha, dan Islam?

Hal baik yang dapat dipelajari dari masa islam,masa hindu/budha,masa praaksara bahwa manusia adalah mahluk yang berakal dan mampu mengembang suatu ilmu pengetahuan,dengan begitu semakin berkembangnya pengetahuna semakin hebat masa tersebut.

 

Kerjasama Dengan Orangtua

Lakukanlah percobaan berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin dengan teman-teman di sekitar rumahmu. Ceritakan hasilnya kepada temanmu di sekolah.

Percobaan berkomunikasi

menggunakan cahaya dan cermin dengan teman-teman di sekitar rumah.

Langkah-langkah:

Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri atas 6 orang.Setiap teman-teman membawa sebuah cermin kecil.

Cermin digunakan untuk memantulkan cahaya matahari.

Teman-teman mendiskusikan kode yang mereka sepakati untuk berkomunikasi beserta maknanya (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak 3 kali, itu berarti semua anggota kelompok berkumpul di tengah halaman rumahmu).

Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah.Siswa berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari.

Teman-teman memantulkan cahaya ke tempat yang disepakati. teman-teman membuat laporan tentang sifat cahaya di akhir kegiatan.

0 komentar:

Posting Komentar