Rudi,A.Ma.Pd

Minggu, 14 Maret 2021

Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2

RANGKUMAN TEMA 5

SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN

PEMBELAJARAN 2 

Ayo Menulis

Apa yang dilakukan oleh Raja Purnawarman? (jawab di no 1, 2 , dan 3)
1. Raja Purnawarman membangun saluran air untuk kesejahteraan rakyatnya.
2. Raja Purnawarman juga membasmi perampok.
3. Raja Purnawarman mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama.

Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, setujukah kamu, apabila Raja Purnawarman dikatakan sebagai pahlawan? Jelaskan jawabanmu!

Setuju, karena apa yang dilakukan Raja Purnawarman adalah sebuah perjuangan untuk kepentingan rakyatnya.

Raja Purnawarman membangun saluran air untuk kesejahteraan rakyatnya. Dengan adanya saluran air tersebut, ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau. Raja Purnawarman juga membasmi perompak. Tindakan ini membuat kerajaan Tarumanegara menjadi aman.

Menurutmu, apakah Raja Purnawarman mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama?

Ya, karena raja purnawarman adalah sosok yang bertanggung jawab terutama pada para rakyatnya.

Menurutmu, apakah Raja Purnawarman bijaksana dalam menyelesaikan masalah?

Ya, karena Raja Purnawarman terkenal dengan kebijaksanaanya melayani dan membantu rakyat yang mengalami kesusahan.

Tahukah kamu?

Sila keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Makna sila keempat adalah mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama, cinta permusyawaratan dan demokrasi, serta bijak menyelesaikan masalah.

Apa simbol sila keempat? Kepala Banteng

Amatilah simbol sila keempat berikut.









Tulislah makna dari simbol tersebut!

Makna dari symbol tersebut adalah:
– Mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama
– Cinta permusyawaratan dan demokrasi
– Bijaksana dalam menyelesaikan masalah

Bagaimana hubungan makna sila keempat dengan simbolnya.

Lambang kepala banteng dijadikan sebagai dasar pada sila keempat Pancasila berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Banteng merupakan binatang yang suka berkumpul. Sama seperti manusia dalam pengambilan keputusan harus dilakukan secara musyawarah. Salah satunya dengan berkumpul dan diskusi.

Amati gambar berikut!

Budi marah dan membentak Amir yang secara tidak sengaja menginjak kakinya.


Apakah Budi sudah bijak dalam menyelesaikan masalah? Jelaskan jawabanmu.

Budi belum bijak dalam menyelesaikan masalah seharusnya masalah diselesaikan dengan cara damai.

Apakah sikap Budi mencerminkan sila keempat? Jelaskan.

Sikap Budi tidak mencerminkan sila keempat Pancasila.

Apa yang akan terjadi jika kita tidak bijak menyelesaikan masalah?

Jika masalah tidak diselesaikan dengan cara yang bijak maka akan terjadi permusuhan.



Lani sudah berencana untuk pergi ke rumah neneknya. Tetapi hari itu, kelompok tarinya mendapat undangan dari Pak Lurah untuk menari merayakan hari kemerdekan. Lani menunda rencananya. Ia menari bersama kelompoknya.

Apakah Lani sudah mendahulukan kepentingan bersama?

 Ya Lani lebih memilih ikut latihan menari bersama.

Apakah sikap Lani mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.

Ya Lani lebih mementingkan kepentingan dan tujuan bersama.

Apa yang akan terjadi jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya?

Jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya maka latihan tari tidak dapat dilaksanakan dan tujuan bersma tidak tercapai.


Dayu sangat ingin menjadi ketua kelas. Ia menyatakan bahwa ia adalah ketua kelas. Dayu tidak mau ada musyawarah atau pemungutan suara.

Apakah Dayu sudah menjunjung tinggi musyawarah?

Belum, Dayu belum menjunjung tinggi musyawarah dalam kelompoknya.

Apakah sikap Dayu sudah mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.

Belum, tindakan belum sudah mencerminkan sila keempat Pancasila. Seharusnya dalam musyawarah kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.

Apa yang akan terjadi jika kita memutuskan segala hal tanpa musyawarah?

Jika memutuskan masalah tanpa musyawarah maka akan ada pihak yang dirugikan dan dapat mengakibatkan permusuhan.

Berilah contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ke-empat Pancasila.
Selalu mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan permasalahan.
Menghargai hasil musyawarah.
Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain.
Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
Berhati besar untuk menerima keputusan apapun yang dihasilkan oleh musyawarah.
Bekerja sama untuk mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.

Ayo Bernyanyi

Ayo kita berlatih bernyanyi “ Maju Tak Gentar “

Ayo Mengamati

Amatilah teks lagu “Maju Tak Gentar” tersebut.

Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di atas. Apa yang kamu temukan?

Tinggi rendah nada pada lagu maju tak gentar yaitu termasuk Tangga Nada Diatonis Mayor.

Tangga Nada Diatonis Mayor merupakan Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).

Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor adalah :
Bersemangat dan berapi-api
Mempunyai pola interval : 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2
Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
Bersifat riang gembira
Birama yang digunakan yaitu 4/4.

Bernyanyilah lagu Maju Tak Gentar bersama gurumu sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan tanda dengan ketukan. Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu Maju Tak Gentar!

Tinggi rendah nada pada lagu maju tak gentar yaitu termasuk Tangga Nada Diatonis Mayor.

Tangga Nada Diatonis Mayor merupakan Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan 1/2 (setengah).

Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor adalah:
Bersemangat dan berapi-api
Mempunyai pola interval : 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2
Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
Bersifat riang gembira
Birama yang digunakan yaitu 4/4.

Nilai baik apa yang terkandung dalam lagu itu?

Belalah segala sesuatu berdasarkan kebenaran.
Janganlah mau ditindas, ditekan, dan dikekang, segala Hak pribadi maupun orang lain harus sama-sama diperjuangkan.
Ajakan untuk gotong royong bersatu dalam mengusir para penjajah.

Senantiasa semangat dan jangan pernah putus arang guna meraih kemenangan dan kemerdekaan.


Apakah lagu di daerahmu ada yang menggambarkan lagu perjuangan para pahlawan? Jika ada, tulislah judul dan makna lagu tersebut.

Ada, lagu berjudul Karatagan Pahlawan ( jawa barat ).

Ayo Mencoba

Amatilah gambar berikut.


Apakah kamu menemukan gambar garis pada gambar di atas?

Tunjuklah garis yang kamu temui.

Apa itu garis? Garis merupakan kumpulan titik-titik yang berderet ke dua arah berlawanan, hingga panjangnya tak terhingga.

Untuk mengetahuinya, kita akan melakukan percobaan berikut.

Buatlah dua buah titik pada kolom di bawah ini.

Kemudian, beri nama titik tersebut dengan titik A dan B.

Hubungkan kedua titik tersebut dengan penggaris. Apa yang kamu lihat?

Kamu sedang melihat garis.Jika kamu mempunyai dua titik dan kamu menghubungkanya, kamu akan menghasilkan garis.




Perhatikan contoh berikut.

Sekarang, lakukan percobaan dengan menggunakan senter. Nyalakan lampu senter dan amati sinar yang terbentuk.



Bagaimana arah sinar yang terbentuk?

Arah = arah sinar yg terbentuk yaitu merambat lurus.

Dapatkah kamu menemukan titik akhir dari sinar itu? Apakah yang dapat kamu simpulkan?

Titik akhir = titik akhir sinar tidak dapat diketahui secara jelas karen tidak ada benda di depannya.

Kesimpulan = senter pada gambar arah sinar yg terbentuk merambat lurus dan tidak ada titik akhirnya karena tidak ada benda di depannya.

Sinar dari lampu senter dapat diibaratkan sebagai sinar garis. Ada titik di P dan terus berlanjut ke satu arah yang tak berujung.

Perhatikan gambar di bawah ini! Ketiga gambar mewakili garis lurus, sinar garis, dan segmen garis.


Sekarang temukan sebanyak mungkin garis yang ada di sekitarmu. Kelompokkan temuanmu ke dalam segmen garis, sinar garis, atau garis.

Apa manfaat garis dalam kehidupan sehari-hari?

Dalam kehidupan sehari-hari, garis dapat dijumpai di banyak tempat, ada yang lurus, ada yang melengkung, ada yang terputus-putus ataupun berupa untaian titik-titik. Ada garis yang tebal, tetapi ada juga yang sangat tipis.

Garis dapat digunakan untuk banyak hal. Ada yang berfungsi mengatur seperti dalam buku belajar mewarnai. Ada juga yang mengarahkan seperti pada marka jalan dan memisahkan seperti garis tengah pada jalan ataupun fungsi-fungsi lainnya. Hal ini juga dapat dilakukan pada desain layout yang sedang dikerjakan. Garis vertikal dapat digunakan untuk menandai sebuah kolom yang membagi sebuah halaman web secara vertikal. Garis yang digunakan bisa garis yang putus-putus ataupun titik-titik untuk menghubungkan informasi, misalnya di daftar menu: antara menu dan harganya dihubungkan denga garis putus-putus.

Apa yang terjadi jika tidak ada garis?

tidak akan adanya kesempurnaan dalam sebuah bentuk bahkan tulisan pun tidak akan lengkap karena semua bentuk berasal dari coretan dasar seperti titik, lengkung dan garis

Perhatikan Gambar Berikut !

Garis Vertikal AB adalah garis dengan posisi tegak lurus terhadap permukaan bumi.

 



 

Garis Horizontal CD adalah garis dengan posisi mendatar terhadap permukaan bumi.

 



Kelompokan garis yang ada disekitarmu

Garis Horizontal

Garis Vertikal

1. Tiang
2. Menara
3. Pohon yang tegak menjulang tinggi
4. Gedung pencakar langit

1. Rel kereta api
2. Tali-tali kabel yang lurus mendatar
3. Tali tambang/kawat untuk tempat menjemur pakaian


Adakah garis selain vertikal dan horizontal yang kamu temukan? Jelaskan jawabanmu.

Ada ,garis miring

Ayo Berlatih

Temukan 10 garis pada gambar berikut. Berilah nama garis yang kamu temukan. Berilah nomor pada 10 garis yang kamu temukan.

Kelompokkan juga garis-garis yang termasuk garis vertikal dan horizontal.

Kelompokkan juga garis-garis yang termasuk segmen garis, garis, dan sinar garis. 



Bagaimana sikapmu pada saat kamu belajar materi garis hari ini? Apakah kamu sudah memiliki semangat berjuang? Apa yang kamu lakukan jika kamu kesulitan? Ya, Raja Purnawarman dan para pahlawan lain mempunyai semangat juang untuk melakukan tugasnya. Sikap tersebut harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ayo Renungkan

Hal-hal baik apa yang kamu pelajari hari ini? 

belajar materi garis hari ini

Apakah kamu sudah mempunyai semangat belajar yang baik? 

Belum.

Cara meningkatkan semangat belajar yaitu bergaul dengan orang yang rajin belajar, bergaul degan orang yang berprestasi, menonton film motivasi atau buku motivasi, menanamkan kemauan dan niat belajar yang tinggi di dalam diri, hargai waktu dan konsentrasi.

 

Kerja Sama dengan Orang Tua 

Sampaikan kepada orang tuamu makna sila ke empat Pancasila. Mintalah contoh sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila tersebut!

Sila ke-4 pancasila yang berbunyi “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan” memiliki makna :

•    Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.

•    Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

•    Mengutamakan budaya bermusyawarah dalam mengambil keputusan bersama.

•    Bermusyawarah sampai mencapai katamufakat diliputidengan semangat kekeluargaan.

 

Berikut adalah 4 contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila keempat Pancasila:

•Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

•Mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah.

•Menghormati pendapat orang lain.

•Menghormati keputusan musyawarah.



0 komentar:

Posting Komentar