RANGKUMAN TEMA 5
SUBTEMA 1 PERJUANGAN
PARA PAHLAWAN
PEMBELAJARAN 2
Ayo Menulis
Apa yang dilakukan
oleh Raja Purnawarman? (jawab di no 1, 2 , dan 3)
1. Raja Purnawarman membangun saluran air untuk
kesejahteraan rakyatnya.
2. Raja Purnawarman juga membasmi perampok.
3. Raja Purnawarman mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama.
Dari semua perjuangan
yang telah dilakukannya, setujukah kamu, apabila Raja Purnawarman dikatakan
sebagai pahlawan? Jelaskan jawabanmu!
Setuju, karena apa yang dilakukan Raja Purnawarman adalah sebuah perjuangan
untuk kepentingan rakyatnya.
Raja Purnawarman
membangun saluran air untuk kesejahteraan rakyatnya. Dengan adanya saluran air
tersebut, ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau. Raja
Purnawarman juga membasmi perompak. Tindakan ini membuat kerajaan Tarumanegara
menjadi aman.
Menurutmu, apakah Raja
Purnawarman mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama?
Ya, karena raja purnawarman adalah sosok yang bertanggung jawab terutama
pada para rakyatnya.
Menurutmu, apakah Raja
Purnawarman bijaksana dalam menyelesaikan masalah?
Ya, karena Raja Purnawarman terkenal dengan kebijaksanaanya melayani dan
membantu rakyat yang mengalami kesusahan.
Tahukah kamu?
Sila keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam
Permusyawaratan/Perwakilan. Makna sila keempat adalah
mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama, cinta permusyawaratan dan
demokrasi, serta bijak menyelesaikan masalah.
Apa simbol sila
keempat? Kepala Banteng
Amatilah simbol sila keempat berikut.
Tulislah makna dari simbol tersebut!
Makna dari symbol tersebut adalah:
– Mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama
– Cinta permusyawaratan dan demokrasi
– Bijaksana dalam menyelesaikan masalah
Bagaimana hubungan
makna sila keempat dengan simbolnya.
Lambang kepala banteng dijadikan sebagai dasar pada sila keempat Pancasila
berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam
Permusyawaratan/Perwakilan.
Banteng merupakan binatang yang suka berkumpul. Sama seperti manusia dalam
pengambilan keputusan harus dilakukan secara musyawarah. Salah satunya dengan
berkumpul dan diskusi.
Amati gambar berikut!
Budi marah dan membentak Amir yang secara tidak sengaja menginjak kakinya.
Apakah Budi sudah
bijak dalam menyelesaikan masalah? Jelaskan jawabanmu.
Budi belum bijak dalam menyelesaikan masalah seharusnya masalah
diselesaikan dengan cara damai.
Apakah sikap Budi
mencerminkan sila keempat? Jelaskan.
Sikap Budi tidak mencerminkan sila keempat Pancasila.
Apa yang akan terjadi
jika kita tidak bijak menyelesaikan masalah?
Jika masalah tidak diselesaikan dengan cara yang bijak maka akan terjadi permusuhan.
Lani sudah berencana untuk pergi ke rumah neneknya. Tetapi hari itu, kelompok tarinya mendapat undangan dari Pak Lurah untuk menari merayakan hari kemerdekan. Lani menunda rencananya. Ia menari bersama kelompoknya.
Apakah Lani sudah
mendahulukan kepentingan bersama?
Ya Lani lebih memilih ikut latihan menari bersama.
Apakah sikap Lani
mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.
Ya Lani lebih mementingkan kepentingan dan tujuan bersama.
Apa yang akan terjadi
jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya?
Jika Lani tetap pergi ke rumah neneknya maka latihan tari tidak dapat dilaksanakan dan tujuan bersma tidak tercapai.
Dayu sangat ingin menjadi ketua kelas. Ia menyatakan bahwa ia adalah ketua
kelas. Dayu tidak mau ada musyawarah atau pemungutan suara.
Apakah Dayu sudah
menjunjung tinggi musyawarah?
Belum,
Dayu belum menjunjung tinggi musyawarah dalam kelompoknya.
Apakah sikap Dayu
sudah mencerminkan sila keempat? Jelaskan jawabanmu.
Belum,
tindakan belum sudah mencerminkan sila keempat Pancasila. Seharusnya dalam
musyawarah kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
Apa yang akan terjadi
jika kita memutuskan segala hal tanpa musyawarah?
Jika
memutuskan masalah tanpa musyawarah maka akan ada pihak yang dirugikan dan
dapat mengakibatkan permusuhan.
Berilah contoh sikap
dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ke-empat Pancasila.
Selalu
mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam menyelesaikan
permasalahan.
Menghargai hasil musyawarah.
Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain.
Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
Berhati besar untuk menerima keputusan apapun yang dihasilkan oleh musyawarah.
Bekerja sama untuk mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.
Ayo Bernyanyi
Ayo kita berlatih bernyanyi “ Maju Tak Gentar “
Ayo Mengamati
Amatilah teks lagu
“Maju Tak Gentar” tersebut.
Identifikasi tinggi
rendah nada dari notasi angka lagu di atas. Apa yang kamu temukan?
Tinggi rendah nada pada lagu maju tak gentar yaitu termasuk Tangga Nada
Diatonis Mayor.
Tangga Nada Diatonis Mayor merupakan Tangga Nada yang mempunyai jarak antar
nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).
Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor adalah :
Bersemangat dan berapi-api
Mempunyai pola interval : 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2
Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
Bersifat riang gembira
Birama yang digunakan yaitu 4/4.
Bernyanyilah lagu Maju
Tak Gentar bersama gurumu sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Gurumu
akan memberikan tanda dengan ketukan. Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu
Maju Tak Gentar!
Tinggi rendah nada pada lagu maju tak gentar yaitu termasuk Tangga Nada
Diatonis Mayor.
Tangga Nada Diatonis Mayor merupakan Tangga Nada yang mempunyai jarak antar
nadanya 1 (satu) dan 1/2 (setengah).
Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor adalah:
Bersemangat dan berapi-api
Mempunyai pola interval : 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2
Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
Bersifat riang gembira
Birama yang digunakan yaitu 4/4.
Nilai baik apa yang
terkandung dalam lagu itu?
Belalah segala sesuatu berdasarkan kebenaran.
Janganlah mau ditindas, ditekan, dan dikekang, segala Hak pribadi maupun orang
lain harus sama-sama diperjuangkan.
Ajakan untuk gotong royong bersatu dalam mengusir para penjajah.
Senantiasa semangat dan jangan pernah putus arang guna meraih kemenangan
dan kemerdekaan.
Apakah lagu di daerahmu
ada yang menggambarkan lagu perjuangan para pahlawan? Jika ada, tulislah judul
dan makna lagu tersebut.
Ada, lagu berjudul Karatagan Pahlawan ( jawa barat ).
Ayo Mencoba
Amatilah gambar berikut.
Apakah kamu menemukan
gambar garis pada gambar di atas?
Tunjuklah garis yang kamu temui.
Apa itu garis? Garis merupakan kumpulan titik-titik yang berderet ke dua arah berlawanan, hingga panjangnya tak terhingga.
Untuk mengetahuinya, kita akan
melakukan percobaan berikut.
Buatlah dua buah titik pada kolom di
bawah ini.
Kemudian, beri nama titik tersebut dengan titik A dan B.
Hubungkan kedua titik
tersebut dengan penggaris. Apa yang kamu lihat?
Kamu sedang melihat garis.Jika kamu
mempunyai dua titik dan kamu menghubungkanya, kamu akan menghasilkan garis.
Perhatikan contoh berikut.
Sekarang, lakukan
percobaan dengan menggunakan senter. Nyalakan lampu senter dan amati sinar yang
terbentuk.
Bagaimana arah sinar
yang terbentuk?
Arah = arah sinar yg
terbentuk yaitu merambat lurus.
Dapatkah kamu
menemukan titik akhir dari sinar itu? Apakah yang dapat kamu simpulkan?
Titik akhir = titik
akhir sinar tidak dapat diketahui secara jelas karen tidak ada benda di
depannya.
Kesimpulan = senter
pada gambar arah sinar yg terbentuk merambat lurus dan tidak ada titik akhirnya
karena tidak ada benda di depannya.
Sinar
dari lampu senter dapat diibaratkan sebagai sinar garis. Ada titik di P dan
terus berlanjut ke satu arah yang tak berujung.
Perhatikan gambar di bawah
ini! Ketiga gambar mewakili garis lurus, sinar garis, dan segmen garis.
Sekarang temukan sebanyak mungkin garis yang ada di sekitarmu. Kelompokkan temuanmu ke dalam segmen garis, sinar garis, atau garis.
Apa manfaat garis
dalam kehidupan sehari-hari?
Dalam kehidupan sehari-hari, garis dapat dijumpai di banyak tempat, ada
yang lurus, ada yang melengkung, ada yang terputus-putus ataupun berupa untaian
titik-titik. Ada garis yang tebal, tetapi ada juga yang sangat tipis.
Garis dapat digunakan untuk banyak hal. Ada yang
berfungsi mengatur seperti dalam buku belajar mewarnai. Ada juga yang
mengarahkan seperti pada marka jalan dan memisahkan seperti garis tengah pada
jalan ataupun fungsi-fungsi lainnya. Hal ini juga dapat dilakukan pada desain
layout yang sedang dikerjakan. Garis vertikal dapat digunakan untuk menandai
sebuah kolom yang membagi sebuah halaman web secara vertikal. Garis yang
digunakan bisa garis yang putus-putus ataupun titik-titik untuk menghubungkan
informasi, misalnya di daftar menu: antara menu dan harganya dihubungkan denga
garis putus-putus.
Apa yang terjadi jika
tidak ada garis?
tidak akan adanya kesempurnaan dalam sebuah bentuk bahkan tulisan pun tidak akan lengkap karena semua bentuk berasal dari coretan dasar seperti titik, lengkung dan garis
Perhatikan Gambar
Berikut !
Garis
Vertikal AB adalah garis dengan posisi tegak lurus
terhadap permukaan bumi.
Garis
Horizontal CD adalah garis dengan posisi mendatar terhadap
permukaan bumi.
Kelompokan garis yang
ada disekitarmu
Garis Horizontal |
Garis Vertikal |
1. Tiang |
1. Rel kereta api |
Adakah garis selain
vertikal dan horizontal yang kamu temukan? Jelaskan jawabanmu.
Ada ,garis miring
Ayo Berlatih
Temukan 10 garis pada gambar berikut. Berilah nama garis yang kamu
temukan. Berilah nomor pada 10 garis yang kamu temukan.
Kelompokkan juga
garis-garis yang termasuk garis vertikal dan horizontal.
Kelompokkan juga
garis-garis yang termasuk segmen garis, garis, dan sinar garis.
Bagaimana sikapmu pada
saat kamu belajar materi garis hari ini? Apakah kamu sudah memiliki semangat
berjuang? Apa yang kamu lakukan jika kamu kesulitan? Ya, Raja Purnawarman dan para pahlawan lain mempunyai semangat juang untuk
melakukan tugasnya. Sikap tersebut harus kita contoh dalam kehidupan
sehari-hari.
Ayo Renungkan
Hal-hal baik apa yang
kamu pelajari hari ini?
belajar
materi garis hari ini
Apakah kamu sudah
mempunyai semangat belajar yang baik?
Belum.
Cara
meningkatkan semangat belajar yaitu bergaul dengan orang yang rajin belajar,
bergaul degan orang yang berprestasi, menonton film motivasi atau buku
motivasi, menanamkan kemauan dan niat belajar yang tinggi di dalam diri, hargai
waktu dan konsentrasi.
Kerja Sama dengan
Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu makna sila ke empat Pancasila. Mintalah contoh sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila tersebut!
Sila ke-4 pancasila yang berbunyi “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan” memiliki makna :
•
Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
•
Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
•
Mengutamakan budaya bermusyawarah dalam mengambil keputusan bersama.
•
Bermusyawarah sampai mencapai katamufakat diliputidengan semangat
kekeluargaan.
Berikut adalah 4 contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila keempat Pancasila:
•Tidak
memaksakan kehendak kepada orang lain.
•Mengutamakan
musyawarah dalam menyelesaikan masalah.
•Menghormati
pendapat orang lain.
•Menghormati
keputusan musyawarah.
0 komentar:
Posting Komentar