Rangkuman Materi Tema 4 Kelas 4 SD
Subtema 2 Pekerjaan di Sekitarku
Pembelajaran 3
Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang
berasal dari Indonesia. Pencak silat merupakan salah satu jenis beladiri
yang sudah cukup tua umurnya. walaupun sampai saat ini belum di dapatkan secara
pasti kapan dan oleh siapa pencak silat itu di ciptakan. Pada tahun 1975
Pengurus Besar Persatuan pencak Silat Indonesia (IPSI) mendefinisikan Pencak
Silat sebagai Berikut “Pencak silat adalah hasil-hasil budaya manusia Indonesia
untuk membela, mempertahankan eksistensi dan integritas terhadap lingkungan
hidup, alam sekitarnya untuk mencapai keselarasan hidup guna peningkatan iman
dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sebelumnya kamu telah mempelajari keterampilan dasar pukulan dalam pencak
silat. Sekarang kamu akan mempelajari lebih lanjut tentang gerakan tangkisan.
Amati gambar dan penjelasan berikut.
Tangkisan dalam Pencak Silat
1.
Tangkisan Dalam. Tangkisan dari luar ke dalam sejajar
dengan bahu
2.
Tangkisan Luar. Tangkisan dari dalam ke luar sejajar
dengan bahu
3.
Tangkisan Atas. Tangkisan dari bawah ke atas, untuk
melindungi kepala dari serangan
4.
Tangkisan Bawah. Tangkisan dari atas ke bawah
Bacalah teks dengan membaca senyap!
Pernahkah kamu berpikir bagaimana para pekerja pembuat pensil? Pensil awalnya
adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon
yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah
patah.
Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari
grafit dan tanah liat sehingga dahulu lebih keras. Proses pencampuran ini
dibalut oleh media kertas atau kayu. Cara membuat pensil saat ini adalah dengan
menghancurkan grafit dan tanah liat menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar
selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, pensil ini dibentuk panjang dan tipis
serta dilapisi kayu.
Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil atau benda-benda lain yang
terbuat dari kayu harus dibudidayakan kembali agar terjaga kelestariannya,
yaitu dengan menanam kembali bibit baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita
harus menghemat penggunaan pensil sebagai salah satu cara menghargai
lingkungan.
1. Berdasarkan teks bacaan tadi, ceritakan proses pembuatan pensil di dalam
kolom berikut!
2. Sumber daya alam apa yang digunakan untuk pembuatan pensil?
Sumber daya alam yang digunakan dalam pembuatan pensil adalah kayu sebagai pelapis pensil, grafit dan tanah liat sebagai isi pensil.
3. Apa yang terjadi bila penggunaan pensil dan barang-barang lain yang terbuat dari kayu tidak dibatasi?
Apabila penggunaan pensil dan barang-barang lain yang menggunakan bahan kayu tidak dibatasi maka ketersediaan kayu akan berkurang. Selain itu penebangan kayu tanpa usaha penanaman kembali akan menyebabkan berkurangnya persediaan kayu.
4. Berikan saranmu agar dapat menggunakan pensil secara hemat sebagai salah satu cara untuk melestarikan lingkungan!
Untuk menghemat penggunaan pensil dapat dilakukan dengan cara meraut menggunakan rautan pensil, selain rajin menggunakan rautan juga mengurangi resiko patah pada saat meraut pensil. Ujung pensil jangan terlalu runcing karena ujung pensil yang terlalu runcing akan mudah patah pada saat digunakan.
Barang-barang yang kita butuhkan merupakan hasil dari suatu pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain petani, peternak, nelayan, dan tukang jahit. Selain pekerjaan yang menghasilkan barang, ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan, seperti dokter, polisi, guru, dan pemangkas rambut (tukang cukur).
Barang-barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan sangat beragam. Banyak diantaranya yang memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia. Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia. Perhatikan tabel di bawah!
No. |
Pekerjaan |
Barang yang |
Bahan Asal |
Jenis Sumber Daya |
1. |
Tukang Kayu |
Meja, kursi, dan perabot rumah lainnya |
Kayu |
SDA yang dapat diperbaharui |
2. |
Pemerah Susu |
Susu |
Hewan |
SDA yang dapat diperbaharui |
3. |
Penambang |
Batu bara |
Tumbuhan |
SDA tidak dapat diperbaharui |
4. |
Petani |
Padi, Sayur, dan Buah |
Tumbuhan |
SDA yang dapat diperbaharui |
5. |
Nelayan |
Ikan |
Hewan |
SDA yang dapat diperbaharui |
Amati tabelmu.
1. Jenis sumber daya alam apa saja yang dimanfaatkan olehmu? Hewan, dan
Tumbuhan.
2. Bagaimana kamu menghemat barang-barangmu agar sumber daya alam dapat terjaga
keberadaannya? Kita harus menggunakan barang-barang yang kita miliki dengan
bijak, tidak boleh boros, dan sesuai dengan kebutuhan. Jika kita boros
menggunakannya maka akan mengancam ketersediaan sumber daya alam karena
barang-barang tersebut terbuat dari sumber daya alam.
Pak Welly adalah Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan,
Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Di sekolah ini, muridnya
juga berasal dari berbagai daerah. Pak Welly senang melihat murid- muridnya
dapat belajar dan bermain bersama tanpa mempersoalkan asal-usul. Semua unik,
baik sifat maupun kecerdasannya.
Sudin adalah penduduk asli Grobogan. Ia seorang anak yang suka membaca, percaya
diri, dan pandai berpidato. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman
berharga melalui lomba pidato yang sebentar lagi akan diadakan di tingkat
nasional.
Sambil berpikir bagaimana memperoleh Dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai
peserta lomba. Ia melatih Sudin setiap hari. Semakin dekat ke hari lomba, Pak
Welly risau. Andai saja gajinya cukup untuk mendanai Sudin ke kota, pikirnya.
Hingga suatu sore terlintas ide dibenaknya. Dipandangnya kebun pisang di
belakang sekolah. Hampir semua pohon sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya
ia mengumpulkan guru, penjaga sekolah, serta murid kelas 4, 5 dan 6. Mereka
bergotong royong memanen pisang. Kemudian dihari Senin pagi, ia mengundang
pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Lurah, Kepala Dinas
Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan
Pak Welly?
Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah. Murid kelas
4, 5 dan 6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon
pembelinya? Para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundangnya. Sebelum lelang
dimulai, ia sampaikan bahwa dana hasil lelang akan digunakan untuk mengirim
Sudin mengikuti lomba pidato di kota. Para pejabat kagum dan terharu
menyaksikan usaha Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad serta
usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang
habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan
Sudin.
Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota. Tak terkira
bangga dan syukurnya. Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba
pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia usaha Pak Welly dan teman-teman
sekolahnya.
Masih ingatkah kamu cerita tentang Bapak Welly, Kepala Sekolah Teladan? Bacalah
kembali cerita tersebut. Sampaikan pendapatmu tentang cerita melalui tulisan.
Tulisanmu harus memuat pendapatmu tentang cerita secara keseluruhan.
Pak Welly adalah orang yang peduli terhadap anak didiknya. Beliau berusaha
agar Udin dapat mengikuti lomba pidato. Beliau melatih dan mendaftarkan Sudin
mengikuti lomba. Karena kesulitan dana beliau mengadakan lelang pisang di
sekolah. Dana yang terkumpul digunakan untuk biaya mengikuti lomba pidato. Pak
Welly merasa bangga Sudin berhasil mempersembahkan piala untuk sekolahnya.
0 komentar:
Posting Komentar