Rangkuman Materi Tema 4 Kelas 4 SD
Subtema 1 Berbagai Pekerjaan
Pembelajaran 4
Pekerjaan adalah kegiatan yang harus dilakukan orang untuk memenuhi
kebutuhannya Setiap hari manusia mempunyai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Pekerjaan yang menghasilkan barang di sebut produksi atau pekerjaan yang
menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pekerjaan yang menghasilkan
jasa adalah pekerjaan yang menghasilkan jasa yang di butuhkan masyarakat atau
menawarkan jasa seperti kesehatan, pendidikan, dll. Saat seseorang bekerja
mereka harus mempunyai nilai-nilai yang baik. Jujur dan kerja keras adalah
nilai yang harus dimiliki.
Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur
Ida, temanku sebangku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara, dan
pandai. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia
tinggal bersama ibu dan adiknya.
Ida anak yang sangat pandai. Nilai-nilainya yang selalu bagus, memberinya
kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan
ditanggung oleh sekolah. Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan
ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi.
Ida juga selalu menjadi tempat bertanya jika teman-temannya mengalami kesulitan
dalam pelajaran. Teman-teman memilih Ida sebagai ketua kelas. Pandai, tenang,
dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjaga ketertiban kelas menjadi
modal utamanya.
Hari ini, Ibu Tati mengingatkan tentang ulangan matematika. Sebagian siswa
tidak siap. Termasuk Gugut, si jagoan bola, yang duduk di belakang kami.
“Waduh, saya belum belajar, Bu! Kemarin saya seharian bermain bola sampai sore.
Pulang ke rumah langsung tidur, Bu!” protesnya.
Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan.
Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu aku dong!
Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di kertas ulanganmu!”
pinta Gugut.
Ida bergeming. Ia hanya menggelengkan kepala pelan, tanpa menengok ke belakang.
Gugut mengganggunya lagi. “Ayo dong, Ida. Sekali ini saja. Nanti aku beri kamu
uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di kantin” rayunya.
Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya tidak memberinya
bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan lauk dari rumah. Namun,
di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali lagi ia menggeleng pelan.
Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan kertas ulangannya dengan
lunglai.
Pada waktu istirahat Ida menghampiri Gugut.
“Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi
contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan, perbuatan tersebut
bisa dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan” katanya kepada Gugut.
“Ah, Ida. Masa menyontek sekali saja dianggap korupsi? Setahuku korupsi
nilainya milyaran, dan hanya dilakukan oleh pejabat berkuasa” kata Gugut.
Gugut, justru kita harus melatih diri. Korupsi dan menyontek sama-sama
mengambil hak orang lain. Bernilai kecil atau besar, tetap saja tidak jujur.
Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah-mudahan ketika besar nanti
kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk apapun!” Ida
menambahkan dengan panjang lebar.
Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut
terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas.
Tidak sekedar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan.
Berdasarkan cerita di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Siapa saja tokoh pada cerita di atas? Aku, Ida, Gugut, Bu Tati, dan Teman
yang lainnya.
2. Siapa yang mengikuti ulangan Matematika? Aku, Ida, Gugut, dan Teman yang
lain.
3. Apa yang dilakukan oleh Gugut pada saat ulangan? Gugut berusaha mencontek
dari Ida.
4. Apa yang dilakukan oleh Ida ketika Gugut meminta jawaban? Ida tidak
memberikan jawaban yang diminta Gugut.
5. Mengapa Ida melakukan hal itu? Menurut ida memberikan contekan merupakan
perbuatan tidak jujur.
6. Hal-hal baik apa yang bisa kamu ambil dari cerita di atas? Ketika
melaksanakan ulangan kita harus jujur dan berusaha sendiri.
Apakah menurutmu sikap Ida sesuai dengan makna sila pertama Pancasila. Jelaskan. Ya kita harus jujur ketika kita tidak jujur maka akan merugikan diri sendiri dan orang lain.
Apakah menurutmu sikap Gugut sesuai dengan makna sila pertama Pancasila. Jelaskan. Sikap gugut mencontek pada saat ulangan menunjukan dia tidak jujur dan tidak sesuai dengan sila pertama Pancasila.
Andai Ida memberikan contekan.
- Apa yang akan terjadi? Kedua anak tersebut sama-sama berlaku tidak
jujur dalam ulangan.
- Apa dampaknya bagi Gugut? Dengan mencontek Gugut berlaku tidak jujur
dan tidak mau berusaha sendiri.
- Apa dampaknya bagi Ida? Berarti Ida sudah berlaku tidak jujur
dengan memberi contekan.
- Apa dampaknya bagi guru yang mengajar? Bagi guru ulangan adalah untuk
mengukur pemahaman anak, dengan saling mencontek maka tujuan dari
diadakannya ulangan tidak tercapai.
- Mengapa kita harus jujur? Kejujuran merupakan dasar bagi perbuatan
yang lain sekali kita tidak jujur maka selanjutnya juga akan tidak jujur.
Selain itu tidak jujur juga merugikan diri sendiri dan orang lain.
- Apa yang akan terjadi jika kita tidak jujur? Apabila kita tidak jujur
berarti kita sudah melakukan korupsi kecil-kecilan. Dengan tidak jujur
kita tidak akan dipercaya oleh teman lagi.
Sila pertama mengajarkan bahwa pemeluk agama harus taat dengan aturan agamanya.
Setiap agama pasti mengajarkan pemeluknya untuk berbuat jujur. Ketika kita
tidak jujur, akan membawa dampak bagi diri kita dan orang lain. Semua orang
harus jujur, termasuk orang-orang yang bekerja. Benar kata Ida mungkin ketika
sekolah tindakan tidak jujur adalah mencontek, ketika sudah bekerja tindakan
tidak jujur bisa korupsi (mengambil hal yang bukan miliknya) .
Pak Budi bekerja sebagai tukang taman. Suatu hari, Pak Budi mendapat pekerjaan
untuk menanam pohon palem mengelilingi taman. Taman berbentuk persegi dengan
sisi 20 m. Pak Budi menanam pohon palem dengan jarak 2 meter setiap pohon.
Harga satu pohon adalah Rp.50.000,00. Pak Budi menghitung semua biaya dengan
jujur. Ia tidak berpikir untuk melebih-lebihkan biaya. Coba kita bantu pak Budi
ya.
Amati persegi berikut.
1.
Buatlah persegi satuan dengan panjang sisi 1 cm.
Tutuplah salah satu sisi persegi dengan persegi satuan. Ada berapa banyak
persegi satuan sepanjang salah satu sisi persegi? (6)
2.
Tutuplah sisi persegi yang berdekatan dengan persegi
satuan. Ada berapa banyak persegi satuan sepanjang sisi yang berdekatan? (6)
3.
Bagimana hubungan antara panjang salah satu sisi
dengan jumlah panjang seluruh sisi persegi? (1 x 4)
4.
Jika jumlah panjang seluruh sisi yang membatasi
persegi disebut keliling, apa yang bisa kamu simpulkan tentang keliling
persegi? Keliling adalah jumlah ukuran seluruh sisi.
5.
Panjang sisi persegi kita dinamakan s. Keliling
dinamakan K. Tulislah rumus keliling persegi. Keliling = 4 x s.
Jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari bangun tersebut. Pada bangun di atas kelilingnya adalah AB + BC + CD + DA = 6 + 6 + 6 + 6 = 24 satuan. Sisi persegi dinamakan s, Keliling dinamakan K. Maka K = s + s + s + s atau 4 x s.
Jadi keliling taman 4 x 20 = 80 m, jika jarak tanaman 2 m maka banyak pohon ada 40 batang. Jumlah biaya pembelian pohon = 40 x Rp50.000,00 = Rp2.000.000,00.
Ayo Berlatih.
1.
Persegi mempunyai sisi 8 cm. Hitunglah kelilingnya? K
= 4 x s = 4 x 8 = 32 cm²
2.
Sebuah persegi mempunyai keliling 36 cm. Berapakah
panjang sisinya? s = K : 4 = 36 : 4 = 9 cm.
3.
Luas sebuah persegi 16 cm². Hitunglah keliling
persegi? s =²√L =²√16 = 4 cm. K = 4 x s = 4x 4 = 16 cm²
4.
Keliling persegi adalah 64 cm. Hitunglah luas persegi?
s = K : 4 = 64 : 4 = 16. L = s x s = 16 x 16 = 256 cm².
ditunggu ya tema selanjutnya
BalasHapus